Ingin Bayi Anda Bertubuh Gemuk dan Sehat, Perhatikan 5 Makanan Ibu Menyusui yang Berpengaruh Besar

17 Nov 2021 18:17 321 Hits 3 Comments Approved by Plimbi
Tips bayi bertubuh gemuk 

Bunda perlu memperhatikan makanan apa saja yang sudah dikonsumsi agar memberikan pengaruh bagus untuk pertumbuhan bayi yang sehat. Dimana seperti diketahui bahwa ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi berat badan bayi termasuk kecukupan nutrisi bunda ketika sedang menyusui. Dengan mengonsumsi makanan bergizi tinggi secara teratur tidak hanya menyumbangkan energi melainkan juga menjadikan tubuh tetap sehat karena makanan yang bergizi akan memberikan kecukupan nutrisi yang sempurna untuk bayi yang sedang disusui.  

Biasanya nutrisi dari makanan yang bunda makan setiap hari akan terkandung di dalam ASI yang diberikan kepada bayi anda. Makanan bunda yang sedang menyusui memang turut mempengaruhi berat badan bayi namun sebenarnya tidak ada makanan khusus yang bisa dikonsumsi bunda untuk memberikan pengaruh baik agar bayi menjadi lekas gemuk.

Hal paling penting yang perlu untuk diperhatikan adalah kandungan nutrisi yang tersedia dalam makanan yang dikonsumsi. Para bunda menyusui disarankan untuk mengkonsumsi minimal 2.000 kalori per harinya, selain kalori, masih ada lagi beberapa nutrisi yang juga perlu dicukupi, apa sajakah itu ? Silahkan menyimak penjelasan dari kami tersebut di bawah ini.

1/ Konsumsi salmon bermanfaat untuk membantu mengembangkan sistem saraf bayi

Seperti diketahui bahwa jenis ikan yang satu ini dipercaya ampuh meningkatkan kecerdasan bayi dimana ikan salmon kaya akan kandungan DHA serta bermanfaat untuk membantu mengembangkan sistem saraf bayi. ASI sendiri sudah mengandung DHA tetapi kandungan dalam salmon jumlahnya lebih tinggi. Sehingga tidak ada salahnya apabila anda mengkonsumsi ikan salmon setiap hari selama menyusui. Namun jangan terlalu berlebihan, bisa diselingi dengan jenis ikan yang lainnya. Hal ini disebabkan karena banyak ikan laut dipercaya mengandung mercury yang kurang sehat untuk tubuh. Dengan membatasi jumlah konsumsi ikan, bunda sudah membatasi jumlah mercury yang akan masuk ke dalam tubuh bayi.

2/ Konsumsi nasi merah mengandung kalori yang berguna untuk produksi ASI

Di samping gandum, nasi merah juga bisa menjadi pilihan kedua untuk dikonsumsi. Nasi merah banyak mengandung kalori yang bermanfaat untuk produksi ASI menjadi lancar dan berkualitas. Nasi merah juga bisa untuk menurunkan kolesterol jahat dimana komponen beras merah yang bisa menurunkan kolesterol jahat adalah minyak beras merah. Di samping karbohidrat dan kalori, beras merah juga kaya akan mangan sebagai antioksidan yang kaya akan selenium memiliki fungsi sebagai pencegah kanker usus besar.

3/ Konsumsi bayam bermanfaat untuk mencegah anemia

Seperti diketahui bahwa sayur bayam banyak mengandung zat besi yang bermanfaat untuk mencegah anemia pada para bunda yang lagi menyusui. Di samping zat besi, bayam juga mengandung asam folat, kalsium dan vitamin K. Dengan mengonsumsi bayam setiap hari bermanfaat untuk mencerdaskan otak bayi. Kandungan kalsium yang ada di dalam daun bayam berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi bayi. Tak hanya itu saja, kandungan vitamin A pada bayam sangat berguna bagi kesehatan bayi dan bunda. Vitamin A membantu perkembangan dan pertumbuhan mata dan kulit bayi disertai pemeliharaan mata dan kulit bunda. Sedangkan vitamin C yang terkandung pada bayam bermanfaat untuk penyerapan zat besi. Vitamin C berguna untuk mencegah terjadinya infeksi, menyehatkan tulang, gigi, ligament dan pembuluh darah.

4/ Konsumsi gandum sebagai sumber antioksidan aktif dan kuat yang bisa melindungi tubuh ibu menyusui

Biji-biji gandum kaya akan kandungan serat yang dapat membuat perut kenyang lebih lama. Serat pada gandum bisa membuat bayi anda kenyang lebih lama dan memperlancar pencernaannya. Di samping itu, salah satu khasiat gandum lainnya adalah menjadi antioksidan yang aktif dan kuat untuk dapat melindungi tubuh ibu menyusui dari radikal bebas seperti bakteri dan virus yang nantinya akan berdampak terhadap kualitas ASI sehingga mampu menjadim kesehatan antara bayi dan bunda.

5/ Konsumsi brokoli untuk mencerdaskan otak dan sumsum tulang belakang yang sehat pada bayi

Sayuran hijau yang terakhir selain bayam yang bagus dikonsumsi oleh bunda sedang menyusui adalah brokoli yang dipercaya sebagai salah satu sayuran hijau kaya akan manfaat. Sayuran ini cocok dikonsumsi oleh semua orang sama seperti bayam, brokoli juga mengandung asam folat yang bisa mencerdaskan otak dan sumsum tulang belakang yang sehat pada bayi bunda. Juga, sayuran yang satu ini diyakini bisa memperlancar produksi ASI terlebih karena telah dilengkapi dengan kandungan vitamin A, vitamin C, zat besi, kalium dan mangan. Yang terpenting adalah kandungan fitoestrogen yang tak kalah bagus dalam sayur brokoli ternyata mempunyai efek positif terhadap produksi ASI sehat yang lancar.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai artikel dengan judul “ Ingin Bayi Anda Bertubuh Gemuk Dan Sehat, Perhatikan 5 Makanan Ibu Menyusui Yang Berpengaruh Besar Di dalamnya ” dirangkum dari beberapa sumber berita. Semoga memberikan informasi bermanfaat bagi para pembaca.

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 38
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel