Apakah Anda adalah Pengkoleksi Tanaman Hias ? Kami Rekomendasikan untuk Memiliki Beberapa Tanaman Hias Bunga Kuning ini

16 Nov 2021 12:40 826 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Tanaman hias bunga kuning 

Tanaman hias adalah semua jenis tanaman yang meliputi seluruh tumbuhan, groundcover bagus berbentuk savana, tanaman merambat, semak-semak, perdu, maupun pohon yang sengaja ditanam orang sebagai fungsi untuk menjadi bagian dari sebuah taman, kebun rumah, penghias ruangan, upacara, bagian riasan / busana atau sebagai karangan bunga. Termasuk juga di dalamnya adalah bunga potong. Tanaman hias adalah pengelompokan menurut fungsi dari tanaman hortikultura.

Dikenal ada banyak ragam tanaman hias daun dan tanaman hias bunga yang bisa anda temukan di alam semesta ini. Namun yang mendekati definisi tanaman hias adalah kelompok tanaman yang berbunga. Bunga sering dimanfaatkan orang untuk menyuarakan sebuah perasaan entah dihadiahkan kepada orang terkasih, rangkaian bunga untuk teman-teman, ucapan ulang tahun, dirangkai menjadi buket bunga pengantin hingga ucapan berbela sungkawa. Karena bunga memiliki tampilan yang menawan dengan aroma wanginya  yang khas bisa membangun suasana hati terasa menenangkan. Contohnya adalah bunga mawar, melati atau anggrek yang memiliki tampilan bentuk dan warna-warna cantik, menawan dan unik.

Nah berbicara tentang tanaman hias berbunga, apakah anda adalah salah satu penyuka tanaman hias berbunga khususnya yang memiliki bunga berwarna kuning seperti tren saat ini sedang dilakukan oleh para pecinta tanaman hias di Indonesia ? Untuk itu silahkan menyimak penjelasan singkat dari kami tersebut di bawah ini tentang beberapa jenis tanaman hias bunga berwarna kuning direkomendasikan untuk ditanam di pekarangan rumah anda.

1/ Tanaman hias bunga calendula yang seksi

Bagi anda para penggemar tanaman hias berbunga kuning tentu sudah tidak asing lagi dengan bunga yang satu ini yaitu calendula atau nama populernya adalah English marigold yakni salah satu jenis bunga yang bisa dimanfaatkan sebagai tanaman herbal. Selain menghasilkan bunga yang indah, calendula juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

2/ Tanaman hias bunga kenikir yang natural

Tanaman hias kenikir atau dikenal dengan nama latin adalah cosmos caudatus termasuk salah satu keluarga dari tanaman hias bunga aster yaitu berasal dari suku asteraceae (keluarga bunga sang surya) adalah kelompok terbesar dari tanaman hias berbunga di sepanjang tahun. Karena keindahannya yang natural menyebabkan bunga ini memiliki banyak nama di setiap tempat dimana tanaman ini bisa tumbuh dengan subur seperti bunga ulam raja di Melayu, bunga kenikir di Jawa Tengah, dan bunga yellow ray flower di Inggris.

Bunga kenikir adalah termasuk ke dalam tanaman perdu yang memiliki daun majemuk bersilangan dan berhadapan. Daun dan bunga dari tanaman ini memiliki bau yang khas dan bermanfaat untuk mengusir nyamuk. Berbunga mejemuk dan memiliki akar tunggang dengan bentuk daun yang cantik yaitu kecil dan panjang-panjang dimana warna bunga yang dihasilkan beragam seperti ada oranye, merah, jingga dan kuning cerah. Di Indonesia bunga ini sangat mudah tumbuh bahkan menjadi tanaman liar di area ladang dan persawahan di desa-desa, di tepi jalan, di perkebunan atau pada lahan-lahan terlantar. Tanaman hias ini sangat mudah tumbuh karena menyukai iklim panas dan lembab, tanah yang berpasir dan di alam terbuka yang mendapatkan penyinaran dari matahari dalam jumlah besar. Kenikir sangat mudah ditemukan di dataran rendah hingga daerah pegunungan hingga mencapai ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut.

3/ Tanaman hias bunga asoka kuning yang kalem

Tanaman hias bunga asoka adalah salah satu jenis tanaman hias berbunga kuning yang tergolong ke dalam keluarga caesalpiniaceae yaitu sebuah istilah yang diambil dari salah seorang spesialis botani Italia yang bernama Andrea Caesalpini sekitar tahun 1519 sampai dengan 1603.

Caesalpiniaceae merupakan suku pada kelompok tanaman yang memiliki anggota berbunga cantik dan menawan dilengkapi dengan daun majemuk ganda tersusun rapi menunjang keindahan keseluruhan tampilan tanaman hias yang satu ini. Di Pulau Dewata, bunga dari tanaman hias ini difungsikan sebagai bunga suci untuk sarana persembahyangan di pura.

Manfaat lain yang dimiliki oleh tanaman hias yang satu ini adalah bunganya bisa dimanfaatkan untuk pengobatan herbal yaitu menyembuhkan beragam jenis penyakit seperti mengobati sakit hipertensi, meringankan pembengkakan atau luka-luka memar dan sebagai obat herbal yang berguna untuk memperlancar pencernaan.

4/ Tanaman hias bunga tabebuya kuning yang teduh

Tanaman hias ini cenderung memiliki fungsi sebagai pohon peneduh yang bisa diterapkan pad ataman rumah, pinggir trotoar jalan raya atau taman perkantoran. Memasuki musim kemarau, pohon ini mulai mengeluarkan sejumlah bunga yang membuat mata orang-orang melihatnya akan merasa excited. Bunga-bunga yang bermekaran bergerombol menempel dengan kokoh menutupi seluruh komponen ranting-rantingnya. Sekilas pandang menyerupai bunga sakura yang banyak tumbuh di Jepang, dimana ketika sedang musim hujan akan rimbun oleh dedaunan namun ketika memasuki musim kemarau rimbunnya dedaunan akan diganti dengan ribuan bunga yang menghiasi ranting-ranting pohon. Di Indonesia tanaman hias ini terbanyak ditemukan di taman-taman perkantoran dan pinggir trotoar jalan raya sebagai peneduh.

5/ Tanaman hias bunga alamanda yang ceria

Tanaman hias yang satu ini populer dengan fungsinya sebagai tanaman hias taman tidak hanya di rumah-rumah melainkan di taman-taman kantor juga menggunakan tanaman hias ini sebagai salah satu pepohonan yang bermanfaat untuk menghiasi taman di halaman depan kantor. Memiliki nama lain yaitu golden trumpet karena bentuk bunga menyerupai terompet yang unik. Warna bunga yang dihasilkan bervariasi seperti ping, merah, putih kecoklatan namun yang paling banyak diburu oleh pengkoleksi tanaman hias adalah alamanda berwarna kuning tajam.

6/ Tanaman hias bunga coreopsis yang menawan

Tanaman hias berbunga yang satu ini sekilas pandang menyerupai tanaman hias bunga daisy. Bunga coreopsis tampak menawan dan natural dengan menonjolkan warna bunga yang rata-rata cerah dan tajam seperti warna tembaga, warna merah dan yang paling terkenal adalah bunga coreopsis berwarna kuning cerah.

7/ Tanaman hias bunga kana kuning yang unik

Tanaman hias berbunga kuning yang bernama bunga kana atau canna ini adalah salah satu jenis tanaman hias yang tumbuh dengan batang kokoh dan memiliki bunga berukuran besar berlapis lilin yang terlihat benar-benar menawan. Bunganya terdiri dari 3 hingga 5 kelopak cantik merekah tertata dengan rapi tersusun satu per satu menyerupai tandan. Warna bunga yang dihasilkan bervariasi yaitu mulai dari merah, orange, merah muda, kuning kecoklatan, kuning pink dan kuning cerah. Yang paling menonjol dan terlaris dijual oleh pedagang bunga di Indonesia adalah bunga kana berwarna kuning cerah karena memiliki tampilan unik dan awet.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai artikel dengan judul “ Apakah Anda Adalah Pengkoleksi Tanaman Hias ? Kami Rekomendasikan Untuk Memiliki Beberapa Tanaman Hias Bunga Kuning Ini ” yang dirangkum dari beberapa sumber berita. Semoga memberikan informasi bermanfaat bagi para pembaca.

 

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 38
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel