Serai di Dapur Ternyata Menyimpan 5 Manfaat sebagai Obat Herbal

9 Nov 2021 19:15 1141 Hits 4 Comments Approved by Plimbi
Serai 

Yang dimaksud dengan serai adalah salah satu tanaman herbal yang paling sering digunakan dalam pelengkap masakan tertentu di daerah-daerah hingga kota-kota besar seperti masakan kaldu, sop, sambal dan tumis. Bagian putih yang diambil pada batang serai menyimpan rasa paling tajam. Maka dari itu bagian yang putih ini paling sering digunakan sebagai penyedap atau pelezat masakan.

Sedangkan bagian batang bawahnya hanya perlu digeprek saja terlebih dahulu guna mengeluarkan atau mendapatkan aroma sere yang khas yaitu menyegarkan. Serai atau yang dikenal dengan nama populer adalah lemongrass termasuk salah satu jenis tanaman yang biasa ditanam atau dibudidayakan dalam skala kecil di pekarangan rumah dalam pot-pot besar atau ditanam begitu saja di atas tanah sebagai tanaman herbal. Selain bermanfaat sebagai bumbu masakan, serai juga menyimpan banyak manfaat lainnya yang berhubungan sebagai salah satu bahan pelezat masakan dan tentu saja sebagai obat herbal. 

Apabila anda masih ragu memilih salah satu jenis tanaman herbal di rumah yang multifungsi maka serai merupakan jawaban untuk pilihan yang tepat. Beberapa manfaat serai di rumah dapat dijelaskan seperti tersebut di bawah ini : 

1/ Serai mampu membantu anda mengusir nyamuk di sekitar anda 

Seperti diketahui bahwa serai banyak mengandung minyak citronella dan juga mengeluarkan aroma musk yang menyegarkan. Namun aroma ini meskipun bagi anda adalah aroma khas yang membantu udara sekitar menjadi segar dan bersih tidak begitu halnya bagi nyamuk. Nyamuk sangat tidak menyukai aroma musk yang keluar dari batang serai. Maka dari itu anda bisa menanam serai di lingkungan rumah sebagai tanaman hias merangkap tanaman herbal guna menjadikan rumah anda semakin indah dan sekaligus mencegah nyamuk berkembang biak.   

Tanaman serai memiliki kemampuan untuk dapat tumbuh di segala kondisi dimana sebaiknya serai sangat cocok ditanam menjelang musim hujan untuk mengusir nyamuk yang mulai menetas dan masuk ke dalam rumah. Nyamuk adalah salah satu jenis serangga yang menyebabkan berbagai penyakit seperti demam berdarah dan malaria.  

Saat menanam dan mengembang biakkan tanaman serai di lingkungan rumah maka pastikan serai mendapatkan cukup sinar matahari agar bisa tumbuh kembang dengan sempurna. 

2/ Rumpun serai mencegah ular masuk ke rumah 

Aroma musk yang dikeluarkan oleh batang serai tidak disukai oleh ular. Dimana diketahui bahwa tanaman serai yang sudah beranjak dewasa akan mengeluarkan aroma jeruk / aroma musk yang unik dan sangat ditakuti oleh ular. Meskipun daun serai tumbuh lebat di pekarangan rumah anda, anda tidak perlu merasa khawatir ular akan bersembunyi di dalamnya. 

Rimbunnya tanaman serai justru mencegah ular mendekat ke dalam rumah. Selain aroma batang yang sangat menyengat juga permukaan daun serai yang tajam dan kasar tidak disenangi oleh ular karena bisa melukai tubuhnya. 

3/ Serai bermanfaat untuk mencegah iritasi kulit 

Serai tidak hanya bermanfaat sebagai media pengusir nyamuk, serai juga bisa diolah menjadi minyak serai yang dapat dioleskan ke bagian kulit guna mencegah rasa gatal-gatal atau terjadinya iritasi kulit. Cara membuat minyak serai adalah anda hanya perlu menggosokkan daun serai muda yang banyak mengandung air ke bagian kulit yang bermasalah agar minyak citronella terlepas dengan sempurna. Serai akan bekerja yaitu meredam munculnya tanda-tanda kemerahan disertai rasa gatal yang bisa mengganggu permukaan kulit. Berbeda dengan tanaman herbal lainnya yang memberikan efek rasa sejuk pada permukaan kulit, serai akan meredam rasa gatal dan kemunculan tanda kemerahan dengan membuat kulit terasa hangat-hangat pedas seperti cabai.
 
4/ Serai secara umum digunakan sebagai obat herbal

Serai sangat tepat dimanfaatkan sebagai obat herbal yang menyembuhkan banyak penyakit mulai penyakit ringan hingga penyakit menahun seperti batuk dan maag. Anda tidak perlu tergesa-gesa untuk membeli obat sebagai pertolongan pertama ketika mulai terserang penyakit batuk atau maag akut sekalipun. Rebus saja beberapa helai daun serai dengan air secukupnya saja lalu jadikan air rebusan ini sebagai minuman kesehatan tiga kali sehari. Serai dipercaya ampuh meredakan gejala batuk atau masalah pencernaan sebagai akibat maag.

5/ Serai mencegah ketombe pada kulit kepala 

Tanaman serai tidak hanya memiliki fungsi untuk merawat kulit tubuh dan wajah melainkan juga merawat kulit kepala dan rambut. Minyak serai dipercaya dapat menghilangkan dan mencegah ketombe tumbuh dengan subur di kulit kepala. Minyak serai menjadikan rambut semakin lembut, berkilau, mudah diatur dan yang pasti bebas ketombe.

Cara memanfaatkannya adalah anda hanya perlu mengoleskan minyak serai minimal 15 menit sebelum keramas. Diamkan selama beberapa menit untuk bisa merasakan sensasi hangat dari minyak serai kemudian barulah dibilas dengan air mengalir.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai artikel dengan judul “ Serai Di Dapur Ternyata Menyimpan 5 Manfaat Sebagai Obat Herbal ” yang kami rangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel