Agar Tak Stress di Tempat Kerja, Perhatikan Beberapa Prinsip dalam Bekerja Yang Efektif dan Optimal

9 Nov 2021 16:15 953 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Agar tak stres di tempat kerja, perhatikan beberapa prinsip dalam bekerja yang efektif dan optimal

Beberapa prinsip dalam dunia kerja agar anda bisa menikmati waktu bekerja dengan bahagia sangat diperlukan untuk benar-benar dipahami agar anda memiliki pegangan selama menjalani karir anda di dunia kerja. Ingatlah selalu bahwa anda tidak bekerja hanya untuk sehari saja atau setahun melainkan sampai berpuluh-puluh tahun alias seumur hidup. Nah jika tanpa berpegang teguh pada prinsip-prinsip yang positif selama anda bekerja maka anda tidak akan mampu menikmati pekerjaan yang wajib dijalani setiap hari dan justru menjadi sangat menderita. Pada pokoknya, ada beberapa prinsip yang perlu dipahami untuk selanjutnya diperhatikan dalam bekerja agar anda bisa melakukannya tanpa dibebani rasa stres antara lain sebagai berikut :

1/ Selalu mengucap rasa syukur

Mensyukuri pekerjaan akan membuat anda terhindar dari segala bentuk sikap menyia-nyiakan waktu. Anda diharapkan sadar bahwa masih mempunyai pekerjaan yang bagus dan ini adalah sebuah anugerah. Selain anda bisa memenuhi kebutuhan hidup, anda juga menjadi dihormati oleh orang lain.

Rasa syukur sudah mampu bekerja dengan baik menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan bagi anda untuk dilalui bersama dengan teman-teman di kantor. Hindari sikap-sikap suka mengeluh terhadap apa pun yang terjadi apalagi sembarangan berhenti bekerja seolah-olah anda akan mendapatkan pekerjaan pengganti yang mudah.

2/ Ikhlas dalam melakukan tugas

Sikap ikhlas dalam bekerja tentu saja tidak berarti anda tidak mengharapkan bayaran. Bayaran sudah menjadi hak anda sekaligus kewajiban dari pemberi kerja. Hanya saja , jangan terlalu perhitungan atas setiap jerih payah yang anda lakukan. Contohnya adalah ketika anda diminta melakukan sedikit perbaikan atas hasil kerja anda atau diminta membantu teman, anda langsung bertanya apakah ada upah tambahan untuk ini ? Jika tidak ada, anda langsung enggan untuk melakukannya. Ketidakikhlasan dalam bekerja juga terlihat dari kebiasaan buruk anda selalu datang terlambat, pulang lebih cepat dan sengaja tidak mengerjakan tugas-tugas anda dengan baik. Kalau begini tak mengherankan jika karir anda sulit untuk meningkat.

3/ Jangan lupa untuk melakukan kerjasama yang bagus

Ketidakmampuan dalam melakukan kerjasama dengan siapa saja akan dapat menghambat pekerjaan hingga karir anda. Misalnya jika anda sedang membuka usaha, pastilah akan menemukan banyak kesulitan untuk mengembangkannya seorang diri. Anda mungkin membutuhkan pemodal atau orang-orang yang lebih ahli dalam urusan pemasaran.

Supaya anda bisa menjalin kerja sama yang memuaskan dengan banyak pihak maka anda harus mampu mengurangi atau menekan sifat-sifat egois anda. Hindari untuk mencari untung sendiri apalagi berpotensi merugikan pihak lainnya, siapa yang akan bersedia bekerja sama dengan anda jika dalam kondisi egois ? 

4/ Manfaat untuk banyak orang

Sangat disayangkan apabila anda bekerja semata-mata demi untuk mendapatkan uang. Meskipun tak bisa dipungkiri bahwa uang bisa menghidupi diri anda sendiri dan keluarga namun jangan lupakan semangat dalam bekerja akan lebih terjaga apabila anda juga mampu menebar manfaat bekreja untuk orang banyak di sekitar anda. Contohnya adalah anda menjadi creator nonten bukan Cuma bertujuan untuk mendulang uang dan popularitas saja melainkan juga ingin memberikan inspirasi dan pengetahuan kepada orang banyak melalui konten-konten yang anda buat. Di samping bisa membuat anda lebih bisa menikmati pekerjaan, prinsip ini juga akan mampu meningkatkan profesionalitas anda dalam bekerja. Terapkan semua dan rasakan manfaatnya.

5/ Bersikap sabar

Di dalam dunia kerja anda akan selalu dihadapkan pada setumpuk tugas atau tantangan yang lebih berat dibandingkan yang pernah anda lakukan sebelumnya. Tanpa sikap sabar maka anda pastilah akan terburu-buru memutuskan tidak dapat melakukannya. Tidak hanya itu, anda juga harus bersabar dalam menghadapi keinginan-keinginan dari rekan kerja, atasan atau klien. Meskipun anda sudah berusaha bekerja dengan sebaik-baiknya namun tak jarang anda masih harus melakukan beberapa revisi atas permintaan dari mereka. Anda harus membiasakan diri dikejar-kejar oleh deadline dan tumpukan pekerjaan lainnya, sabarlah mengerjakannya satu per satu agar anda tak kehilangan ketelitian dan diharapkan bisa menyelesaikan pekerjaan dengan optimal.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai artikel dengan judul “ Agar Tak Stres Di Tempat Kerja, Perhatikan Beberapa Prinsip Dalam Bekerja Yang Efektif Dan Optimal ”, terangkum dari beberapa sumber berita. Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel