Punya Suara Sumbang? Anda Tetap bisa Bernyanyi untuk Buah Hati dengan Memperhatikan 4 Tips Ini

8 Nov 2021 19:15 421 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Punya suara sumbang ? Anda tetap bisa bernyanyi untuk buah hati dengan memperhatikan 4 tips ini

 

Bersenandung atau bernyanyi yang dilakukan kepada bayi anda bisa meningkatkan bonding antara bayi dengan sang ibu. Ketika sang ibu menyanyikan sebuah lagu kepada si kecil, maka bayinya akan membangun ikatan yang sangat kuat dan alami kepada sang ibu dan jenis suara ibu yang didengarnya. Di sini bernyanyi yang dilakukan oleh sang ibu adalah biasanya menggunakan suara pertama yang nantinya akan memegang peranan penting dalam hidup si kecil selanjutnya seperti si kecil mulai belajar dan memahami bahwa sang ibu menyayangi dan menyukainya. 

Bayi akan merasa aman ketika hidup yang akan dijalaninya kelak dapat diprediksi. Dengan sang ibu menyangikan lagu-lagu khusus diberikan kepadanya tiap melakukan kegiatan bersama dengan si kecil maka ibarat memberikan kode yaitu apa yang akan terjadi selanjutnya. Misalnya ketika sang ibu selalu menyanyikan sebuah lagu yang sama setiap malam. Maka ketika si kecil mendengar sang ibu menyanyikannya, ia akan menyadari kalau ini adalah sudah saatnya untuk tidur. Jadi sang ibu bisa menyiapkan lagu yang sama atau lagu-lagu baru untuk berbagai aktivitas bersama bayi mereka yang mulai memahami makna sang ibu bernyanyi sebuah lagu untuknya. Seperti mendendangkan lagu bangun tidur yang berfungsi sebagai lagu pengantar tidur atau bahkan lagu untuk waktu makan bagi bayi-bayi mereka.  

Menyanyikan sebuah lagu pengantar tidur atau menyanyi ketika bermain dengan bayi anda memang sangat mudah untuk dilakukan dimana anda sebenarnya sedang tidak berkompetisi di dalamnya meskipun anda tetap harus fokus di dalamnya yang menyertakan bakat, suara dan ketepatan nada. Meskipun anda memiliki suara sumbang, anda tetap bisa menyanyi untuk bayi tercinta dimana bayi anda akan tetap senang memperhatikan anda bernyanyi seperti saat mereka melihat gaya orang-orang di sekitarnya berbicara dan menyanyi di sini merupakan salah satu bentuk bahasa verbal.

Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan agar bayi tetap nyaman mendengar suara anda karena secara kebetulan anda memiliki suara agak sumbang, silahkan perhatikan penjelasan dari kami tersebut di bawah ini :

1/ Jangan mendendangkan lagu-lagu patah hati

Bayi dan anak-anak anda adalah titipan dan karunia tak ternilai harganya dari Tuhan sehingga harus diasuh dengan gembira dan penuh kasih sayang karena anak-anak sangat mudah menyerap dan mengingat emosi orang tuanya. Jika ingin kebahagiaan bersama mereka berlangsung dengan awet maka hindari memilih lagu-lagu balada ketika sedang menidurkan mereka sambil mendendangkan lagu. 

Berdasarkan artikel yang ditulis oleh britishcouncil.org mengutip pendapat dari Lin Marsh dari British Council’s World Voice Program yang menjelaskan bahwa janin di dalam rahim bunda sudah mampu mendengar berbagai suara sekaligus bisa merasakan emosi ibunya. Ketika lahir, bayi sudah mampu membuat bunyi-bunyian meskipun dilakukan hanya untuk dipenuhi kebutuhannya.

Di usia 6 bulan, bayi sudah bisa merespon nyanyian yang didengar dengan menggoyang-goyangkan atau memukul mainan yang mengeluarkan bunyi. Nyanyian yang didengar mampu mereduksi stres yang berdampak pada kesehatan fisik yaitu melegakan saluran nafas bagian atas sehingga penyerapan oksigen menjadi lebih bagus dan ini akan menyehatkan otot-otot jantung dan paru. Maka dianjurkan untuk memilih lagu bernada riang.

2/ Sebaiknya menyanyikan lagu yang bisa mengingatkan anak pada anda

Nyanyikanlah sebuah lagu untuk bayi anda ketika mereka sedang merasa kurang nyaman dengan memilihkan lagu-lagu yang mampu mengingatkan anak pada anda sebagai orangtuanya. Ia akan merasa aman dan nyaman karena sudah dapat mengingat momen bersama anda yang menyenangkan. Misalnya saat mereka sedang sakit atau berada di dokter gigi. Ingatkan mereka dengan menyanyikan lagu-lagu masa kecil anda yang sering dinyanyikan oleh orang tua anda kepada anda dimana anda mempunyai kenangan yang indah hingga sekarang.

Beberapa lagu anak-anak dari zaman ke zaman layak untuk dijadikan hiburan bagi anak-anak anda seperti cicak-cicak di dinding, kapal api, kodok ngorek, pelangi-pelangi, ondel-ondel dan lain sebagainya yang memakai syair-syair pendek dan nada yang sangat mudah anda ikuti. Dengan nada yang mudah maka suara anda yang agak sumbang tidak akan terlalu menonjol.

3/ Jangan menyanyikan lagu-lagu bernada tinggi

Apabila biasanya anda secara bebas melakukan ini yaitu bernyanyi dengan lagu-lagu bernada tinggi di dalam mobil ketika sedang menyetir atau sedang berada di kamar mandi, maka kebiasaan ini sebaiknya dihindari ketika anda berniat akan bernyanyi untuk buah hati anda yang masih berusia balita, batita atau bayi nol tahun. Karena nada tinggi akan menyebabkan suara anda menjadi semakin terdengar sumbang karena anda tidak bisa menyesuaikan suara dengan mencapai nada tinggi.

4/ Pilihlah lagu-lagu yang bersifat kontemporer

Apapun jenis lagu yang hendak anda pilih untuk didendangkan kepada buah hati tercinta sebaiknya memilih lagu dengan syair-syair yang pendek. Cari dan temukan salah satu jenis lagu di youtube lagu-lagu untuk anak yang ingin anda nyanyikan untuk tujuan agar anda bisa mendapat panduan nada yang baik. Lebih bermanfaat jika anda memilih lagu anak-anak dengan nada yang tidak terlalu rumit.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai artikel dengan judul “ Punya Suara Sumbang ? Anda Tetap Bisa Bernyanyi Untuk Buah Hati Dengan Memperhatikan 4 Tips Ini ” yang kami rangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 52
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel