Bagaimana Cara Mencegah Hutan Gundul Secara Efektif

21 Sep 2021 15:30 158 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Bagaimana cara mencegah hutan gundul secara efektif

Cukup besar dampak kerusakan hutan bagi kelangsungan hidup manusia di sekitarnya. Untuk itu sudah seharusnya anda mencegah agar kerusakan hutan yang bertambah parah tidak terjadi. Di sinilah peranan manusia memegang peranan yang sangat penting dalam kelestarian hutan dan menjaga isinya agar tetap hijau. Semua yang ada di dalam hutan boleh dimanfaatkan oleh manusia asalkan tidak menggunakan semena-mena sampai merusaknya karena ini sudah menyalahi undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Berikut ini kami berikan ulasan singkat tentang cara mencegah hutan gundul yang bisa dilakukan oleh manusia secara gotong-royong bersama-sama, antara lain sebagai berikut :

1/ Dengan menghindari ladang yang berpindah-pindah

Ini hanya berlaku bagi para petani yang suka bercocok tanam secara berpindah-pindah tempat dari satu ladang ke ladang berikutnya. Seharusnya petani tidak boleh melakukan ladang berpindah. Namun ada banyak petani di Indonesia yang kurang perduli dengan kesuburan tanah di tempatnya berladang. Mereka lebih cenderung akan berpindah-pindah dari lahannya semula jika dirasa lahannya tersebut sudah tidak menguntungkan karena tidak subur. Ini termasuk salah satu perbuatan yang tidak bertanggung jawab. Alasannya adalah lahan lama dibiarkan terbengkalai dan akan mudah mengalami kekeringan dan tandus. Jika dibiarkan dalam jangka waktu yang cukup lama, lahan tersebut akan menjadi kering yang semakin meluas. Penyebabnya adalah sekelompok petani yang tidak bertanggung jawab tersebut memiliki kebiasaan akan terus berpindah-pindah tempat apabila lahan yang ditanaminya sudah tidak subur lagi. Dengan begitu lahan-lahan terbengkalai akan semakin banyak dan semakin luas area yang kekeringan dan tandus.

2/ Menerapkan bisnis yang legal

Manusia yang berniat melakukan bisnis di bidang hasil hutan terutama sebagai penghasil kayu sebaiknya menerapkan bisnis yang legal. Bisnis illegal akan merugikan negara karena pemasukan negara menjadi berkurang bahkan tidak ada. Pajak yang diberlakukan oleh pemerintah setempat untuk melakukan bisnis illegal akan digunakan untuk tujuan pembangunan dan juga memperbaiki pertumbuhan ekonomi secara umum di Indonesia. Semakin banyak berkembang bisnis kayu illegal maka akan menyebabkan Indonesia merugi sedangkan hutan-hutan menjadi rusak yaitu dimana-mana gundul.

3/ Jangan lupa untuk melakukan reboisasi

Saat menebang satu pohon besar, sebaiknya manusia juga menanam satu pohon sebagai penggantinya. Ketika satu pohon mati, maka satu pohon lainnya dapat dipastikan akan tumbuh kembali. Apabila secara disiplin manusia memberlakukan hal ini secara berkesinambungan maka niscaya kelestarian hutan tetap bisa terjaga kondisinya. Penghijauan hutan bisa terlaksana dengan melakukan penanaman satu pohon tersebut.

4/ Berhati-hatilah dalam menyalakan api di dalam hutan

Ini perlu diperhatikan oleh manusia yang suka melakukan acara berkemah atau camping dan bermalam di tengah hutan liar. Boleh-boleh saja melakukan kegiatan yang satu ini di hutan asalkan tetap menjaga kebersihan hutan dengan tidak melakukan tindakan yang merugikan hutan. Saat melakukan camping, pastilah ada kegiatan membuat api unggu. Nah ketika selesai acar, sebelum anda meninggalkan tempat camping tersebut maka pastikan tidak ada api yang menyala. Api yang menyala meskipun kecil bisa berubah menjadi besar jika terkena angin yang berhembus. Untuk para pria yang gemar merokok sambil menjelajah hutan, sebaiknya untuk tidak sembarangan membuang punting rokok yang masih menyala karena punting rokok yang masih menyala akan memicu munculnya api jika terjadi di padang rumput yang mulai mengering di musim kemarau.

5/ Menerapkan sistem tebang pilih

Apabila manusia ingin memanfaatkan kayu yang ada di hutan untuk ditebang, maka sebaiknya manusia menerapkan sistem tebang pilih. Sistem tebang pilih ini adalah manusia tidak akan menebang kayu yang berusia muda. Pilihlah yang berusia tebang alias kayu-kayu dewasa. Jangan sampai karena keserakahan manusia, asal saja menebang semua pohon yang ada di hutan demi untuk keuntungan semata.

6/ Memberlakukan polisi hutan

Cara keenam agar hutan terjaga dari kondisi hutan gundul dan kerusakan hutan yang cukup parah adalah dengan menempatkan polisi hutan di berbagai wilayah titik hutan yang rawan pencurian kayu. Apabila di wilayah hutan tersebut ada flora dan fauna yang dilindungi, perbanyaklah polisi hutan yang menjaganya. Polisi hutan haruslah jujur, bertanggung jawab dan mempunyai kesadaran tinggi akan kelestarian hutan. Lengkapi dengan persenjataan serta teknologi canggih untuk membantu kerja polisi hutan dalam memberantas oknum-oknum yang kurang bertanggung jawab. Sanksi yang diberikan kepada oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut haruslah tegas dan sesuai dengan undang-undang perhutanan yang sedang berlaku di Indonesia.

7/ Memanfaatkan kebijakan pemerintah

Ada banyak sekali perusahaan perkayuan yang nakal memanfaatkan hutan untuk kepentingan bisnis saja seperti membuka lahan perkebunan hingga menjadikan objek wisata alam yang belum tentu mampu mengumpulkan keuntungan yang diharapkan. Bahkan beberapa diantaranya cenderung merugikan masyarakat sekitarnya. Nah kebijakan pemerintah dalam hal ini sangat penting diberlakukan untuk mencegah terjadinya hutan gundul. Bagaimana caranya ? Tentu saja dengan menerapkan pembatasan izin dalam membabat hutan.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai artikel dengan judul “ Bagaimana Cara Mencegah Hutan Gundul Secara Efektif ”, semoga memberikan manfaat bagi para pembaca artikel ini.

About The Author

Utamii 34
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel