Ini Langkah Belajar Reksa Dana Sebelum Mulai Investasi

17 Sep 2021 10:55 163 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ini Langkah Belajar Reksa Dana Sebelum Mulai Investasi

Kegiatan yang dilakukan untuk menanamkan modal baik itu secara langsung ataupun tidak dengan harapan meraup keuntungan dikenal dengan istilah investasi. Ada banyak sekali jenis investasi yang saat ini berkembang dengan subur di Indonesia yaitu salah satunya adalah Rksa Dana. Bagi anda yang belum mengerti tentang apa itu Reksa Dana, bisa menyimak informasi berikut guna belajar mengenai Reksa dana secara lebih serius. Dimana tren berinvestasi kekinian sudah mulai banyak dilirik oleh para milenial. Diharapkan akan muncul kesadaran yang merupakan sinyal positif untuk dapat memajukan peran investor lokal guna melakukan investasi di pasar modal Indonesia.

Pengertian Dari Reksa Dana

Dalam prosesnya, Reksa Dana memiliki fungsi untuk menampung sejumlah uang yang diinvestasikan oleh masyarakat pemodal untuk selanjutnya disalurkan kepada manajer investasi untuk diinvestasikan ke dalam portofolio kepada kelompok instrumen keuangan seperti dalam bentuk saham, obligasi dan pasar uang. Reksa Dana merupakan salah satu wadah yang digunakan oleh masyarakat pemodal kecil guna melakukan investasi.

Adalah manajer investasi (MI) yaitu seorang profesional yang memegang peranan cukup kritikal dimana MI ini sifatnya bisa untuk perorangan atau perusahaan yang sudah memperoleh izin usaha dari Manajer investasi (MI) ini merupakan seorang profesional yang peranya cukup kritikal. MI sifatnya bisa perorangan atau perusahaan yang telah mendapat izin usaha dari pihak berwenang guna melakukan usaha sebagai manajer keuangan. Tugas MI antara lain mengelola aset investor, melakukan analisis untuk memilih dan menentukan instrumen investasi yang hendak dibeli, membuat keputusan tepat ketika anda ingin menjual instrumen dan akhirnya melaporkan hasil investasi tersebut.

Dengan kata lain Reksa Dana merupakan langkah-langkah aman bagi anda yang baru saja menekuni dunia investasi agar bisa mendapatkan keuntungan melalui bantuan manajer investasi sebagai pihak-pihak yang melakukan perencanaan guna mengelola aset anda di Reksa Dana.

Macam-Macam Reksa Dana

Melihat penjelasan singkat dari kami tersebut di atas, berdasarkan portofolionya, Reksa Dana mempunyai banyak jenis, seperti tersebut di bawah ini :

1/ Jenis Reksa Dana pasar uang

Reksa Dana pasar uang merupakan salah satu jenis investasi terhadap efek yang memiliki sifat berutang atau instrumen pasar uang dengan nilai jatuh tempo kurang dari setahun. Tujuannya adalah untuk menjaga likuiditas dan pemeliharaan modal.

Beberapa contoh dari bentuk instrumen investasi untuk jenis yang pertama ini adalah seperti deposito berjangka, sertifikat deposito, sertifikat Bank Indonesia dan surat berharga pasar uang. Jika dibandingkan dengan jenis lainnya, Reks dana pasar uang mempunyai resiko yang relative lebih kecil sehingga banyak memiliki anggota.

2/ Jenis Reksa Dana saham

Dibandingkan dengan beberapa jenis Reksa Dana yang lainnya, Reksa Dana saham merupakan salah satu jenis Reksa Dana yang memiliki resiko lebih tinggi tetapi juga mempunyai potensi pengembalian dana yang lebih cepat.

3/ Jenis Reksa Dana pendapatan tetap

Reksa Dana pendapatan tetap merupakan salah satu jenis investasi sekurang-kurangnya sekitar 80 persen dari jumlah aktivanya terdapat pada efek yang bersifat ekuitas. Investasi ini memiliki tujuan untuk pertumbuhan harga saham dalam jangka panjang. Apabila anda ingin menghasilkan pengembalian yang sifatnya stabil maka bisa membeli Reksa Dana pendapatan tetap ini. Dimana jenis ini akan menginvestasikan sekurang-kurangnya sekitar 80 persen dari jumlah aktivanya dalam bentuk obligasi atau hutang. Untuk resiko, sedikit lebih tinggi dari Reksa Dana pasar uang.

4/ Jenis Reksa Dana campuran

Terakhir adalah jenis Reksa Dana Campuran dimana jenis ini mempunyai portofolio yang beragam dimana anda bisa mengkombinasikan instrumen investasi ke dalam bentuk saham dan obligasi. Tujuannya adalah untuk menjaga pertumbuhan harga disertai pendapatan yang diterima. Sehingga tidak mengehrankan jika jenis ini mempunyai tingkat risiko yang sifatnya moderat dengan potensi pengembalian dana menjadi lebih tinggi dari jenis Reksa Dana pendapatan tetap.

Keuntungan Dari Reksa Dana

Apabila anda adalah seseorang yang awam di dunia investasi dan tidak mempunyai banyak waktu untuk mempelajari tentang cara berinvestasi maka Reksa Dana dapat menjadi alternatif paling menguntungkan untuk dipilih. Beberapa contoh keuntungan lainnya dengan membeli Reksa Dana seperti : berinvestasi di Reksa Dana mempunyai resiko lebih rendah dengan keuntungan bisa mencapai 3 sampai dengan 4 persen setiap tahunnya.

Dengan Reksa Dana anda bisa melakukan efisiensi waktu berkat manajer investasi yang melakukan diversifikasi dan meraup keuntungan yang maksimal. Juga mempermudah pemodal untuk melakukan investasi di pasar modal guna menentukan saham-saham berpotensi tinggi. Sekaligus memungkinkan pemodal kecil tetap bisa melakukan investasi bahkan hanya dengan modal awal sebesar Rp. 100.000 saja.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Ini Langkah Belajar Reksa Dana Sebelum Mulai Investasi’ yang dirangkum dari beberapa sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 34
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel