Manfaat Memakai Sunscreen Secara Rutin untuk Wajah

16 Sep 2021 15:55 195 Hits 3 Comments Approved by Plimbi

Manfaat Memakai Sunscreen Secara Rutin Untuk Wajah

Sunscreen merupakan salah satu jenis skincare yang wajib dikenakan setiap hari dengan rutin terutama oleh kaum hawa. Dikatakan wajib karena sunscreen memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan kulit wajah dalam jangka waktu panjang. Manfaat yang diberikan tidak secara langsung dirasakan seperti bersifat instan, namun sangat memberikan efek untuk kulit di hari tua nanti. Dimana seperti diketahui bahwa bentuk dan cara perawatan wajah kekinian memiliki banyak perbedaan antara satu dengan yang lainnya dan perlu dilakukan secara rutin. Mulai dari memakai facial wash, make up remover, toner dan sunscreen. Semua bisa anda manfaatkan dimana pemakaiannya disesuaikan dengan kebutuhan kulit wajah. Fungsi utama sunscreen adalah melindungi kulit dari bahaya sinar UV matahari yang bisa menyebabkan munculnya kanker kulit sekaligus membantu menghindarkan adanya flek-flek hitam pada kulit.

Manfaat Sunscreen Untuk Wajah

Sebelum anda memutuskan untuk membeli produk-produk sunscreen di toko-toko kosmetik, ada baiknya anda ketahui betul apa itu sunscreen dan memiliki manfaat / fungsi sebagai apa ? Pengertian sunscreen sudah kami jelaskan seperti tersebut di atas, nah di bawah ini akan kami berikan beberapa fungsi atau manfaat dari sunscreen terutama untuk kulit wajah dan leher, simak penjelasannya bersama-sama :

1/ Manfaat untuk melindungi wajah dari bahaya sinar UV

Sunscreen dipercaya ampuh untuk melindungi kulit wajah dengan menangkal sinar matahari yang berbahaya. Meskipun diketahui bahwa sinar matahari pagi memang bagus untuk asupan vitamin D terhadap kesehatan tubuh, untuk wajah anda tetap harus berhati-hati dengan melindungi kulit wajah memakai sunscreen. Sinar UVA dan UVB memberikan efek yang kurang bagus untuk kulit, mulai dari penuaan dini, kanker kulit, terbakar dan belang. Untuk itu, anda harus mengenakan sunscreen terutama ketika sedang bepergian keluar rumah / ruangan.

2/ Manfaat untuk mencegah penuaan dini pada kulit

Penuaan dini pada kulit bisa disebabkan karena terkena sinar matahari yang buruk. Terlalu lama terpapar sinar matahari menyebabkan kolagen pada kulit wajah mulai menurun dan bisa mempercepat munculnya keriput, flek-flek hitam dan kulit yang kendur.

3/ Berfungsi untuk meratakan warna kulit

Kegunaan sunscreen yang ketiga adalah meratakan warna kulit anatara wajah dengan area leher. Gunakan sunscreen secara rutin untuk mendapatkan warna kulit yang alami secara merata.

4/ Berfungsi memberikan perlindungan kulit setiap hari meskipun sedang berada di dalam ruang

Meskipun anda sedang tidak beraktivitas di luar rumah, memakai sunscreen di rumah sangat penting dilakukan. Udara yang lembab juga bisa dengan mudah memicu terjadinya resiko buruk pada kulit. Sekalipun anda memakai pakaian tertutup di rumah, tetap dapat menimbulkan kelembaban berlebihan pada area wajah dan tubuh, maka dari itu tetap gunakan sunscreen meskipun sedang di dalam rumah / ruangan.

5/ Berfungsi untuk mencegah kulit yang mulai menggelap

Kaum hawa rentan merasa kurang percaya diri saat warna kulit mulai menggelap pada bagian tertentu tubuh apalagi di wajah. Untuk itu, anda bisa mengatasinya dengan menggunakan sunscreen guna mencegah hal-hal lebih buruk terjadi. Meskipun tak menutup kemungkinan kulit anda lama mengalami perubahan warna, setidaknya anda bisa meminimalisir warna yang terlalu gelap pada kulit tubuh dan wajah saat sedang beraktivitas di luar rumah.

6/ Berfungsi untuk mencegah terjadinya kanker kulit

Seperti dijelaskan tersebut di atas bahwa lengah dan jarang mau memakai sunscreen secara rutin dapat menimbulkan dan meningkatkan faktor terjadinya kanker kulit. Terlalu lama terpapar sinar matahari tanpa perlindungan di kulit bisa menyebabkan radiasi di kulit yang bisa merusak DNA pada sel-sel kulit. Ini dia salah satu fungsi sunscreen yang paling utama yaitu mencegah dan menjaga kulit dari kanker.

7/ Manfaat mencegah terjadinya sunburn

Apabila anda berencana ingin berlibur ke pantai atau ke negara-negara beriklim tropis, anda wajib membawa sunscreen. Siapkan selalu sunscreen dan menggunakannya dengan lapisan yang cukup tebal agar melindungi kulit lebih maksimal. Lakukan pengulangan beberapa kali pada pemakaian di wajah. Hal ini dilakukan untuk menghindari kulit terbakar akibat paparan sinar matahari secara langsung. Jika terjadi sunburn, tentunya sangat kurang bagus untuk kesehatan kulit dan kenyamanan anda saat beraktivitas di bawah sinar matahari terutama di siang hari. Kulit akan terasa perih, kasar, kering dan mengelupas.

8/ Manfaat mencegah komedo

Munculnya komedo di wajah akan menjadi masalah yaitu anda menjadi kurang percaya diri terutama ketika tampil di depan umum. Ini bisa dicegah dengan memakai sunscreen secara rutin maka anda bisa meminimalisir timbulnya komedo di wajah. Hal ini dikarenakan penyebab timbulnya komedo di wajah adalah paparan sinar matahari secara langsung.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai artikel dengan judul ‘Manfaat Memakai Sunscreen Secara Rutin Untuk Wajah’ yang dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Tags kecantikan

About The Author

Utamii 34
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel