Tips Untuk Mengatur Gaji Agar Anda masih bisa Nabung

15 Sep 2021 15:10 134 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Tips Untuk Mengatur Gaji Agar Tetap Bisa Nabung

Tentu saja tidak ada yang salah memakai gaji anda untuk membeli barang ataupun bersenang-senang, namun anda harus mampu mengelola gaji dengan cara bijaksana agar setiap bulannya ada tersedia dana yang bisa dialokasikan untuk pemenuhan kebutuhan anda di masa depan. Perlu diakui bahwa masih ada sebagian orang yang kesulitan di dalam mengelola dan mengatur gaji mereka setiap bulan sehingga akhirnya tidak memiliki kesempatan untuk menyisihkan sebagian dana untuk ditabung dan melakukan investasi.

Bagaimana Cara Mudah Mengatur Gaji Bulanan ?

Mengatur gaji membutuhkan tingkat kedisiplinan dan komitmen agar bisa secara rutin menahan keinginan untuk mendapatkan keperluan yang bukan menjadi prioritas dan mengedepankan alokasi dana untuk investasi.

Anda bisa menyimak beberapa cara mudah dilakukan untuk mengatur gaji agar bisa berinvestasi setiap bulan, berikut ini :

1/ Buat dua rekening untuk pemakaian sehari-hari dan tabungan

Sangat penting untuk membuka dua tabungan yang berbeda fungsi. Tujuannya adalah agar menghindarkan anda menggunakan uang yang disisihkan untuk investasi, sehingga penggunaan dana untuk kebutuhan setiap hari dapat dipakai secara optimal tanpa merasa khawatir akan habis sia-sia. Anda bisa membuat rekening khusus tabungan di bank pilihan yang memiliki biaya administrasi rendah sehingga meminimalisir potongan dari bank bersangkutan.

2/ Jangan pernah menunda pelunasan tagihan

Hindari menunda pelunasan tagihan anda, karena ini bisa berdampak pada pemblokiran kartu maupun akses anda untuk melanjutkan melakukan cicilan. Oleh sebab itu, saat anda memutuskan menganbil sebuah cicilan, pastikan anda telah menyiapkan pemasukan yang mencuckupi perbulannya agar cicilan anda dapat dilunasi dengan lancar tanpa menggunakan dana tabungan atau dana investasi lainnya.

3/ Memakai sistem alokasi 50%, 30% dan 20%

Anda perlu membuat anggaran setiap bulan untuk tujuan memantau dan memprediksi apa saja yang sudah menjadi pengeluaran utama anda, dimulai dari pemenuhan kebutuhan sehari-hari, investasi, dana darurat serta kebutuhan-kebutuhan tersier. Cobalah untuk menerapkan sistem alokasi 50%, 30% dan 20% yang pertama kali dipopulerkan oleh Senator Elizabeth Warren dalam bukunya yang diberi judul ‘All Your Worth : The Ultimate Lifetime Money Plan.’

Sistem anggaran ini sangat mudah untuk diterapkan yaitu untuk bagian 50% bisa anda alokasikan terhadap kebutuhan primer seperti tempat tinggal, makanan dan minuman, transportasi, tagihan (listrik, telpon dan air), serta kebutuhan yang bersifat wajib setiap bulannya.

Sedangkan bagian 30% lainnya hanya digunakan untuk kebutuhan yang sifatnya hiburan dan keinginan tambahan seperti mengkoleksi ikan cupang sebagai hobi, bersenang-senang dengan teman-teman atau berbelanja tas dan pakaian baru. Meskipun kadang-kadang keinginan mata dan hasrat hati menggebu-gebu untuk pemenuhan kebutuhan ini, anda tetap harus gunakan 30% ini dengan bijaksana. Bagian terakhir adalah 20% lainnya digunakan untuk berinvestasi serta dana darurat, selain untuk bekal dihari tua, dana tersebut bisa berfungsi bila terjadi sesuatu yang sifatnya mendesak, maka anda telah mempersiapkan dana cadangan dengan baik.

4/ Mencatat pengeluaran harian

Kreatif mencatat pengeluaran harian yang berguna untuk mengevaluasi pengeluaran anda selama sebulan. Catatan tersebut akan banyak membantu anda untuk melihat dana yang telah anda keluarkan untuk apa saja. Tak jarang ditemukan kasus dimana ada beberapa orang merasa kebingungan saat seluruh gaji yang dia terima bulan ini sangat cepat habis, mereka kebingungan apa saja yang telah dibeli atau digunakan untuk apa gaji yang mereka terima ? Di situlah catatan pengeluaran harian sangat memegang peranan penting dalam membantu mengevaluasi kembali pengeluaran anda agar bisa memotong pengeluaran yang tidak begitu penting dan bisa memaksimalkan dana untuk kebutuhan utama.

5/ Menyiapkan uang tunai secukupnya saja

Mulailah disiplin diri dengan menyiapkan uang tunai secukupnya saja, jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Ini dilakukan untuk menghindari pembelian barang-barang yang tidak begitu dibutuhkan. Saat anda mempunyai uang tunai dalam jumlah pas maka anda akan berpikir dua kali untuk membeli barang bersangkutan. Bawalah uang tunai disesuaikan dengan kebutuhan dan isi kembali saat sudah hampir habis, bila anda melakukannya dengan disiplin maka anda akan menjadi lebih mudah untuk mengontrol seluruh pengeluaran dan bisa mengalihkan dana lebihnya untuk investasi.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai artikel dengan judul ‘Tips Untuk Mengatur Gaji Agar Tetap Bisa Nabung’ yang dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

 

 

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 34
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel