Bahan Pelengkap Makanan Khas Jepang Wajib Ada di Dapur

15 Sep 2021 13:15 141 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bahan Pelengkap Makanan Khas Jepang Wajib Ada Di Dapur

Selera kuliner masing-masing orang di dunia ini tentulah berbeda-beda. Seperti mulai dari para penikmat masakan tradisional hingga yang cenderung menyukai cita rasa mancanegara yaitu salah satunya adalah ragam kuliner dari Jepang yang saat ini mulai banyak memiliki penggemar.

Apakah anda adalah salah satu orang yang sangat menyukai citarasa masakan Jepang, seperti sushi, ramen, onigiri, yakiniku, takoyaki, dorayaki, yakitori dan sebagainya yang mampu menggugah selera makan siapa saja yang menikmatinya saat ini sudah dapat melakukan di Indonesia yaitu setiap hari akan terasa menyenangkan berkunjung ke restoran-restoran Jepang yang ada di beberapa kota besar di Indonesia. 

Nah agar anda bisa tetap memanjakan lidah setiap saat tanpa perlu mengeluarkan banyak uang untuk bisa mencicipi salah satu masakan Jepang yang jumlahnya beragam maka anda bisa memasaknya di rumah asalkan tersedia lima bahan pelengkap Japanese food yang wajib ada di dapur anda. Meskipun rasanya tidak sama persis dengan sajian di restoran namun setidaknya bisa mengobati rasa kangen anda jika sedang ingin makan masakan Jepang.

1/ Rumput laut atau nori

Pertama-tama yang harus tersedia di dapur adalah rumput laut atau nori. Nori khas Jepang mempunyai cita rasa renyah dan gurih yang sangat cocok dipadukan dengan beragam makanan basah atau berkuah. Anda tinggal menambahkan potongan nori di atas sepiring mie goreng atau mie kuah yang sedang dibuat. Atau di saat sedang lapar sekali dan di meja makan tidak da lauk yang tersisa, anda bisa mencampur nasi hangat saja dengan nori, seperti membuat sushi gulung. Dijamin akan ketagihan. 

2/ Katsuobushi

Yang dimaksud dengan katsuobushi adalah salah satu bahan pelengkap masakan Jepang yang biasanya digunakan untuk topping pada sajian bernama takoyaki, okonomiyaki, atau sushi. Bahan utama katsuobushi adalah daging ikan cakalang yang ditumbuk menyerupai pasta kemudian dikeringkan. Sama halnya dengan nori atau rumput laut, anda bisa menambahkan katsuobushi ke dalam kuah mie rebus, taburan mie goreng atau teman makan nasi putih bersama dengan sambal. Seperti anda makan nasi dengan abon (salah satu jenis lauk yang ada di Indonesia).

3/ Shoyu

Orang dari luar Jepang biasanya menyamakan shoyu dengan kecap asin. Padahal bagi para pecinta beragam masakan Jepang pastilah sudah paham betul jika kedua bahan pelangkap makanan ini mempunyai citarasa yang berbeda dan fungsi juga berbeda meskipun dalam pengolahan makanan bisa digunakan bersama-sama atau secara terpisah. Kecap asin memiliki citarasa dominan asin sesuai dengan namanya sedangkan shoyu tidak hanya asin tetapi juga ada sedikit rasa manis gurih. Sesekali anda bisa mengganti kecap manis dengan shoyu sebagai bahan pelezat sajian yang sedang anda masak. Rasanya akan lebih nikmat seperti halnya anda sedang mencicipi sepiring tempura.

4/ Wasabi

Siapa yang tidak mengenal bahan pelengkap masakan Jepang yang satu ini ? Namanya adalah wasabi. Wasabi selalu ada di setiap masakan Jepang jenis apa pun. Namun yang populer adalah wasabi untuk pelengkap makan sushi. Rasanya yang pedas dengan aroma khas yang kuat membuat anda semakin nikmat menyantap sepiring sushi. Wasabi bisa dicampurkan ke dalam masakan namun pada beberapa jenis masakan Jepang, wasabi bisa dicocol dengan shoyu. Di rumah, anda bisa mencoba menyantap kentang goreng dengan taburan wasabi kering, dijamin masakan apa pun yang dinikmati bersama dengan wasabi akan membuat anda menjadi ketagihan.

5/ Gari

Terakhir adalah bahan pelengkap bernama gari. Hampir menyerupai fungsi dan manfaat wasabi, gari kerap dijumpai sebagai lauk atau bahan pelengkap / pendamping makan sushi.

Gari sendiri terbuat dari bahan dasar jahe yang mempunyai cita rasa asam dan segar. Anda bisa menikmati gari di rumah bersama dengan sepiring mie goreng, rasanya lebih mantap. Jangan lupa untuk menyimpan gari dalam wadah tertutup rapat yang selanjutnya dimasukkan ke dalam lemari pendingin agar tetap awet.

Kelima bahan pelengkap masakan khas Jepang tersebut di atas bisa dengan mudah anda beli di supermarket atau mall di kota-kota besar atau melakukan e-commerce langganan anda. Meskipun harganya agak mahal, tetapi tidak ada salahnya untuk menjadikannya stok makanan darurat di dapur. Serasa anda sedang makan di restoran Jepang setiap hari.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Bahan Pelengkap Makanan Khas Jepang Wajib Ada Di Dapur’ yang kami rangkum dari beberapa sumber berita. Semoga memberikan informasi berguna bagi para pembaca.

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 34
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel