Sedang Disukai Penyuka Healthy Food, Apa Itu Raw Honey?

13 Sep 2021 12:15 299 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Sedang Disukai Penyuka Healthy Food, Apa Itu Raw Honey ?  

Dalam rangka merayakan Indonesia merdeka di bulan Agustus 2021 ini, Femina Group mengapreasi 10 brand pangan lokal. Salah satunya adalah madu uray yang memiliki spesialisasi unik yaitu raw honey.

Didukung oleh barnding dan tim marketing modern serta distribusi yang handal, merek ini diharapkan mampu membantu awareness tentang perbedaan antara kualitas madu murni tanpa melalui proses pasteurisasi. Konsumen memakainya berkat kandungan nutrisi dan antioksidan yang disebutkan masih terjaga dari unsur alam yang sifatnya natural. Sebagian menilainya terasa lebih lezat dibandingkan dengan madu jenis biasa.

Sebagaimana memakai suku kata ‘raw’, madu jenis ini murni dikumpulkan dari sarang madu. Madu yang sudah ditemukan atau dikumpulkan akan disaring hanya untuk membuang lilin-lilin dari sarang lebah atau lebah mati yang mungkin terbawa serta. Pada umumnya memiliki warna yang lebih keruh dibandingkan madu kebanyakan. Sejak pertama manusia mengkonsumsi madu dan belum mengenal proses pabrikan, inilah gaya yang dilakukan yaitu secara langsung mencari dan menemukan sarangnya guna menikmati madunya.

Menurut FDA / food and drug administration di AS hingga saat ini belum mempunyai definisi raw honey, namun Utah merupakan salah satu negara bagian di AS mengeluarkan peraturan kategorinya yaitu sebagai berikut :

‘Raw honey means honey as it exists in the beehive or as obtained by extraction, settling or straining, and that has not been heated above 118 degrees Fahrenheit during production or storage or pasteurized.’

Apabila sebuah negara bagian telah mengeluarkan peraturan maka biasanya daerah bersangkutan adalah menjadi kategori produsen madu berkualitas. Peraturan ini menghalau beredarnya brand berlabel raw honey yang diproduksi di luar syarat-syarat yang ditetapkan.

Perbedaan Antara Raw Honey Dengan Madu Kebanyakan

Apabila anda hendak berdiskusi tentang madu pada umumnya, yang dimaksudkan disini adalah madu komersil yang dijual secara masal. Madunya melalui proses pasteurisasi dan ultrafiltrasi demi untuk mendapatkan tekstur yang lebih homogeny dan tahan lama. Madu seperti ini bisa difungsikan sebagai pemanis seperti corn syrup atau gula pasir. Dengan melalui umur simpan yang panjang, ini bisa menjadi salah satu cara yang lebih masuk akal dari segi efisiensi distribusi.

Kembali ke masalah raw honey, diantara sedikit produsen rawa honey, madu uray terhitung sering melakukan inovasi. Dimana diketahui bahwa spesialis produk madu dan perlebahan ini gencar memperkenalkan segala hal yang sifatnya alami, dari madu hutan, madu trigona (lebah tanpa sengat) hingga ke royal jelly. Salah satu keunggulannya adalah varian madu uray natural dijual dalam bentuk stik (porsi sekali minum) untuk bisa dinikmati dengan praktis. Keunggulan lainnya adalah memiliki sertifikasi BPOM RI dan halal MUI.

Nah membaca uraian singkat dari kami tersebut di atas, sekarang anda tak perlu lagi banyak bergantung dengan madu impor yang harganya sangat mahal, sudah saatnya memajukan industri lokal.

Manfaat Raw Honey (Madu Asli Dan Mentah) Untuk Kesehatan

Seperti dijelaskan tersebut di atas bahwa raw honey adalah salah satu jenis madu yang benar-benar asli dan mentah berasal dari sumber asalnya. Mengapa dikatakan asli dan mentah ? Karena setelah dipanen dari sarang lebah, madu ini bisa langsung dikemas dan dipasarkan. Madu ini telah mengalami proses pemanasan, pasteurisasi dan pengolahan apapun. Sehingga segala jenis enzim dan kebaikan alami yang terdapat di dalamnya masih terjaga kondisinya dengan baik seperti asli. Ini bertolak belakang dengan madu komersial yang sudah mengalami berbagai proses pengolahan seperti pemanasan, pengurangan kadar air, ataupun penambahan vitamin.

Karena masih asli mengandung semua kebaikan alaminya, raw honey kaya akan kandungan zat fitonutrien sebagai antioksidan dan anti peradangan guna menjaga kesehatan tubuh seperti mengobati radang tenggorokan dan masalah pencernaan yang disebabkan oleh bakteri. Kondisi ini disebabkan oleh kemampuan raw honey dalam membunuh bakteri dan jamur yang tidak diinginkan.

Disarankan jangan memberikan raw honey kepada bayi dengan usia di bawah satu tahun karena bahaya bakteri botulism yang mungkin terkandung di dalamnya. Raw honey tanpa proses penyaringan pada umumnya mempunyai penampakan seperti berawan yang terdiri dari Kristal-kristal halus. Juga, madu jenis ini mengandung partikel bee pollen, serpihan sarang lebah, propolis, bahkan juga serpihan sayap lebah. Apabila disimpan dalam suhu ruangan terutama dalam lemari pendingin, raw honey bisa membentuk granule, mengkristal, dan memadat jika disimpan hingga beberapa tahun.   

Manfaat raw honey sangat banyak. Salah satu diantaranya adalah craze honey lemon shot. Perasan ½ butir lemon bersama dengan 1 sdm madu yang dikonsumsi secara langsung dalam satu shot atau sekali minum setiap pagi hari dengan rutin dipercaya mampu meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Sedang Disukai Penyuka Healthy Food, Apa Itu Raw Honey ?’ yang kami rangkum dari beberapa sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 34
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel