Latrophobia, Ketakutan Berlebih Pada Dokter Dan Tenaga Kesehatan

13 Sep 2021 08:12 128 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Latrophobia, Ketakutan Berlebih Pada Dokter Dan Tenaga Kesehatan

Yang dimaksud dengan latrophobia adalah sebuah kondisi dimana muncul rasa khawatir berlebihan dan ketakutan yang irasional terhadap dokter dan tenaga kesehatan. Fobia semacam ini bisa membuat para penderitanya enggan untuk melakukan kunjungan ke rumah sakit guna menemui tim dokter dan tenaga medis lainnya.

Latrophobia merupakan rasa takut yang muncul secara berlebihan terhadap semua jenis tenaga profesional kesehatan seperti dokter gigi, perawat, dan lain sebagainya atau pusat perawatan kesehatan itu sendiri. Fobia ini adalah kondisi yang termasuk ke dalam kategori gangguan kecemasan, dimana siapa pun yang mempunyai kemampuan untuk membuat diagnosis, memberikan obat, memberikan suntikan, melakukan segala jenis perawatan atau intervensi medis dapat menyebabkan seseorang yang mempunyai rasa fobia ini akan merasa cemas. Bahkan gangguan kecemasan ini bisa muncul hanya dengan mencium bau khas dari pusat-pusat kesehatan, apotek, atau rumah sakit.

Walaupun para penderita fobia ini sadar bahwa tenaga medis profesional tersebut bertujuan untuk membantu menyembuhkan suatu kondisi sakit, orang-orang dengan penyakit latrophobia akan mencoba dengan segala cara untuk tidak pergi ke dokter atau ke tempat-tempat yang berhubungan dengan kesehatan.

Seseorang dengan fobia tersebut di atas juga mempunyai ketakutan yang sama terhadap rumah sakit / nosocomephobia, takur jarum suntik / trypanophobia, takut rasa sakit / agliophobia, takut darah / homophobia, takut kanker / carcinophobia, takut terhadap kuman penyakit / mysophobia dan takut akan kematian / thanatophobia. Meskipun fobia ini mempunyai ketakutan yang hampir sama dengan fobia jenis lainnya, terdapat perbedaan utama yang ditemukan pada latrophobia yaitu ketakutan utama pada sosok tenaga medis profesional.

Membedakan Ketakutan Umum Dengan Ketakutan Latrophobia

Terdapat sejumlah karakteristik khusus yang bisa digunakan untuk membedakan ketakutan yang umum dari ketakutan khas fobia ini. Hal pertama yang dapat digunakan untuk membantu mengidentifikasi adalah ketakutan-ketakutan ini dialami dengan cara yang benar-benar kurang proporsional jika dibandingkan dengan ancaman nyata yang dihadapi. Meskipun benar bahwa kadang-kadang kunjungan ke dokter mungkin akan melibatkan tindakan-tindakan yang menyakitkan, tingkat ketakutan yang dialami penderita fobia ini sangat berlebihan. Karakteristik menonjol dari fobia ini adalah ketakutan yang dialami dengan cara yang sama sekali tidak rasional. Artinya bahwa penderita hampir tidak mampu memberikan alasan atau dasar-dasar logis apa pun atas ketakutan yang sedang dialaminya. Bahkan hingga pada titik bahwa hal tersebut tidak masuk akal sama sekali, namun tidak bisa dihindari.

Pada akhirnya, gangguan kecemasan ini akan menyebabkan seseorang tidak dapat mengendalikan rasa takut yang dialami atau menghadapi objek-objek yang menjadi pemicu munculnya fobia ini. Seseorang dengan kondisi ini tidak dapat menghindari sensasi dan perasaan-perasaan cemas serta munculnya gangguan pikiran yang akan meningkatkan respons kecemasan.

Gejala-Gejala Latrophobia

Beberapa gejala yang umum terjadi ketika seseorang positif terkena latrophobia adalah sebagai berikut :

  • Detak jantung menjadi sangat cepat.
  • Pusing-pusing.
  • Perasaan kepanasan atau kedinginan.
  • Histeria.
  • Dada terasa sakit dan sesak nafas.
  • Perasaan tertekan atau tersedak.
  • Pingsan.
  • Gemetar atau berkeringat.
  • Obsesive cleaning.
  • Mual atau gangguan pencernaan lainnya.
  • Terisolasi secara sosial mungkin merupakan tanda lain dari fobia karena rasa takut pergi keluar rumah.
  • Adanya rasa sakit di sekujur tubuh yang menyebabkan seseorang mengembangkan sikap agoraphobia.
  • Rasa takut akan ruang terbuka dan keinginan untuk meninggalkan rumah.

Perawatan Latrophobia

Fobia seperti ini dapat menimbulkan komplikasi kesehatan, maka dari itu disarankan penderita menemui ahli kesehatan mental.

Terdapat berbagai intervensi psikologis yang bisa membantu mengurangi intensitas gejala hingga benar-benar sembuh. Perawatan yang mengaplikasikan cognitive restructuring techniques dapat membantu menghilangkan pikiran-pikiran dan keyakinan irasional yang kerap menjadi dasar gangguan ini.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai artikel dengan judul ‘Latrophobia, Ketakutan Berlebih Pada Dokter Dan Tenaga Kesehatan’ yang kami rangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 34
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel