Ini Syarat Penerima Vaksin Covid-19

6 Sep 2021 12:10 1007 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ini syarat penerima vaksin covid-19.

Ada beberapa syarat penting yang wajib dipenuhi untuk mendapatkan vaksin corona, diantaranya adalah mereka yang berusia di atas 12 tahun, tidak sedang menderita infeksi akut, dan jika memiliki kondisi komorbid, tubuh sedang berada dalam kondisi yang stabil.

Orang Yang Sebaiknya Tidak Menerima Vaksin Sinovac

  • Pernah mengalami kondisi yaitu reaksi alergi berupa anafilaksis dan reaksi alergi berat sebagai akibat vaksin covid-19 dosis pertama atau akibat dari komponen yang sama dengan yang terkandung dalam vaksin covid-19.
  • Individu-individu yang sedang mengalami infeksi akut. Apabila infeksinya sudah teratasi maka bisa dilakukan vaksinasi covid-19. Untuk infeksi TB, pengobatan OAT perlu dilakukan minimal 2 minggu untuk layak vaksinasi.
  • Individu dengan penyakit imunodefisiensi primer.
  • Pasien resipen transplantasi ginjal yang sedang dalam kondisi rejeksi atau masing mengkonsumsi imunosupresan dosis induksi.
  • Para pasien dengan IBD / inflammatory bowel disease akut yang sedang mengalami gejala BAB berdarah, berat badan turun, demam dan nafsu makan menurun (vaksinasi sebaiknya ditunda).

Syarat Penerima Vaksin Moderna

Berikut di bawah ini kami berikan beberapa syarat penerima vaksin covid-19 dari moderna.

Vakdin moderna bisa diberikan kepada para individu berusia rata-rata di atas 18 tahun. Dimana hingga saat ini belum ada izin dan penelitian pemberian vaksin moderna untuk anak-anak berusia 17 tahun ke bawah. Ketika anda dalam kondisi akan menerima vaksin moderna, beritahukan kepada petugas apabila anda memiliki kondisi tersebut di bawah ini :

  • Memiliki riwayat alergi.
  • Sedang dalam kondisi demam.
  • Mempunyai gangguan perdarahan atau sedang mengkonsumsi obat pengencer darah.
  • Memiliki riwayat gangguan imun atau sedang mengkonsumsi obat yang mempengaruhi kerja sistem imun.
  • Untuk ibu-ibu hamil atau berencana untuk hamil.
  • Ibu-ibu yang sedang menyusui.
  • Sudah pernah menerima vaksin covid-19 sebelumnya.
  • Memiliki riawayat mengidap miokarditis / radang otot jantung atau perikarditis / radang lapisan yang menyelimuti bagian luar jantung.

Orang Yang Tidak Boleh Menerima Vaksin Moderna

Berikut ini adalah daftar orang-orang yang tidak boleh menerima vaksin moderna antara lain sebagai berikut :

  • Pernah mengalami alergi terhadap bahan baku apapun yang terkandung di dalam vaksin mRNA.
  • Pernah mengalami alergi setelah menerima suntikan vaksin moderna tahap pertama.
  • Mempunyai riwayat alegi parah sehingga membutuhkan penanganan medis menggunakan epinefrin.

Syarat Penerima Vaksin Pfizer

Berikut adalah syarat-syarat penerima vaksin pfizer yaitu sebagai berikut :

Vaksin jenis ini bisa diberikan untuk orang-orang berusia 12 tahun ke atas, termasuk orang dengan riwayat penyakit seperti tersebut berikut : hipertensi, diabetes, asma, gangguan paru-paru, penyakit hati atau ginjal dan infeksi kronis.

Pemberian vaksin bisa dilakukan selama kondisi penyakit terkontrol atau stabil. Untuk mengetahui kondisi anda stabil atau tidak maka silahkan berkonsultasi kepada dokter anda. Anda juga perlu menginformasikan kepada dokter atau petugas vaksin apabila mengalami kondisi seperti di bawah ini :

  • Alergi termasuk terhadap obat dan makanan.
  • Dalam kondisi demam.
  • Memiliki riwayat gangguan pembekuan darah atau sedang mengkonsumsi obat pengencer darah.
  • Memiliki riwayat gangguan imun atau sedang mengkonsumsi obat yang dapat mempengaruhi kondisi imun tubuh.
  • Sedang hamil, berencana untuk hamil, atau menyusui.
  • Sudah mendapatkan vaksin covid-19 jenis lainnya.

Tajapan Pemberian Vaksin Covid-19

Vaksinasi corona dilakukan dalam empat tahap di Indonesia antara lain dengan mempertimbangkan ketersediaannya. Yang menjadi kelompok prioritas penerima vaksin adalah kelompok individu berusia 18 tahun ke atas. Namun saat ini, kelompok anak-anak berusia minimal 12 tahun juga sudah bisa menerima vaksin berdasarkan atas persetujuan penggunaan vaksin pada masa darurat (emergency use authorization) atau EUA atau penerbitan nomor izin edar / NIE dari Badan Pengawas Obat dan Makanan / BPOM.

Berikut ini adalah empat tahap distribusi vaksin corona.

1/ Tahap pertama (Januari s/d April 2021)

Yang menjadi sasarn vaksinasi tahap awal ini adalah tenaga-tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang, serta mahasiswa/wi pendidikan profesi kedokteran yang sedang bekerja praktik di fasilitas pelayanan kesehatan.

2/ Tahap kedua (Januari s/d April 2021)

Para penerima vaksin tahap kedua ini adalah warga lansia berumur 60 tahun ke atas serta petugas pelayanan public. Yang termasuk petugas pelayanan public adalah anggota TNI/POLRI, aparat hukum, dan petugas pelayanan public lainnya di bandara, pelabuhan, stasiun, terminal, perbankkan, perusahaan listrik negara / PLN, perusahaan daerah air minum / PDAM maupun petugas lain yang terlibat secara langsung dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

3/ Tahap ketiga (April 2021 sampai dengan Maret 2022)

Kelompok yang termasuk penerima vaksin corona tahap ketiga adalah masyarakat yang dinilai rentan termasuk dari sisi sosial dan ekonomi.

4/ Tahap keempat (April 2021 sampai dengan Maret 2022)

Untuk tahap keempat, yang menjadi sasaran penerima adalah masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Ini Syarat Penerima Vaksin Covid-19’ yang kami rangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel