Manfaat Buah Nona untuk Ibu Hamil

27 Aug 2021 13:30 1638 Hits 4 Comments Approved by Plimbi
Manfaat buah nona untuk ibu hamil.

Buah srikaya memiliki nama latin annona squamosal yang masuk ke dalam keluarga buah tropis annonaceae dan pada beberapa daerah dikenal dengan nama buah mona atau buah nona. Kandungan nutrisi yang ada dalam buah nona adalah beragam vitamin seperti vitamin B1, vitamin C, karbohidrat, protein, serat, kalsium, potasium, magnesium, zat besi, zinc, fosfor dan lemak. Kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari buah nona jika dikonsumsi secara rutin terutama untuk para ibu hamil, silahkan menyimak ulasan singkat tersebut di bawah ini :

1/ Proses persiapan menyusui

Buah nona / srikaya banyak mengandung vitamin dan nutrisi lainnya yang berlimpah sehingga sangat bagus diberikan kepada ibu hamil sebagai persiapan menyusui. Buah ini memiliki fungsi untuk merangsang produksi ASI agar lancar.

2/ Mencegah sakit anemia

Kandungan karbohidrat, kalori dan lemak yang sangat tinggi tentunya sangat dibutuhkan oleh ibu hamil guna menjaga daya tahan tubuh agar tetap optimal. Anemia merupakan salah satu penyakit yang kadang-kadang sering menyerang ibu hamil terutama selama masa kehamilan muda. Kekurangan darah bisa membahayakan ibu dan janin sehingga membutuhkan lebih perhatian untuk menjaga tumbuh kembang janin agar berjalan dengan baik. Buah nona membantu untuk menurunkan resiko anemia semakin parah.

3/ Untuk penguat tulang

Buah nona dengan kandungan kalsium yang cukup tinggi yaitu sekitar 127 mg dalam 100 gram bermanfaat untuk menguatkan tulang ibu hamil disertai mengurangi nyeri sendi selama masa kehamilan. Pada masa proses pembentukan janin, janin akan bertambah besar dari bulan ke bulan sehingga keperluan akan asupan kalsium sangat dianjurkan dalam jumlah yang seimbang.

4/ Dapat mengendurkan otot tegang

Pada masa-masa kehamilan, bertambahnya berat pada perut sangat mempengaruhi otot kaki dan juga punggung. Buah nona mampu meredakan otot-otot yang tegang agar bisa rileks di masa kehamilan.

5/ Meningkatkan proses perkembangan janin

Kandungan vitamin A dan C diketahui bisa untuk memberikan manfaat yang baik untuk meningkatkan proses perkembangan janin. Pertumbuhan dan perkembangan saraf, otak, dan sistem imun janin dengan rutin mengkonsumsi buah nona bisa membantu janin lahir dengan sehat. Buah nona juga bagus untuk menangkal radikal bebas yang memiliki fungsi sebagai antioksidan dan menjaga kesehatan pada rambut, mata dan kulit.

6/ Mengurangi kelahiran prematur

Kandungan zinc di dalam daging buah nona berfungsi untuk menjaga kadar hemoglobin di dalam tubuh tetap dalam jumlah ideal sehingga dapat terhindar dari kondisi kelahiran prematur. Jumlah kandungan zinc di sini adalah sebesar 100 miligram bisa untuk memenuhi kebutuhan mineral pada ibu hamil.

7/ Dapat meredakan gejala morning sickness

Mual-mual sering muali dirasakan oleh ibu hamil ketika pagi hari yang dikenal dengan istilah morning sckmes yang tentu saja sangat mengganggu. Keadaan tersebut menjadi kurang nyaman karena rasa mual, pusing, dan lemas terjadi dalam kurun waktu yang lama. Nah dengan kandungan vitamin B6 di dalam buah nona, gejala morning sickness bisa diredakan. Dengan mengkonsumsi buah nona secara rutin dapat meredakan rasa mual dan pusing-pusing tersebut.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Manfaat Buah Nona Untuk Ibu Hamil’ yang kami rangkum dari beberapa sumber berita. Semoga memberikan manfaat bagi para pembaca.

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel