Manfaat Daun Seledri untuk Ginjal dan Cara Mengolahnya

27 Aug 2021 13:05 936 Hits 5 Comments Approved by Plimbi

Manfaat daun seledri untuk ginjal dan cara mengolahnya.

Tanaman seledri adalah salah satu jenis tanaman dengan penyiraman yang tinggi yang banyak mengandung beberapa vitamin seperti vitamin A, B, C, dan E. Seledri mengandung zat mineral seperti kalium, besi, seng, sulfur, fosfor, aluminium, mangan dan tembaga.

Dimana semua kandungan nutrisi tersebut di atas sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti pembersihan ginjal, menurunkan kolesterol tinggi, manfaat daun seledri untuk pemenuhan beragam nutrisi, menjaga tekanan darah dan banyak yang lainnya.

Nah pada saat anda berbisara tentang kesehatan ginjal, hal ini bukan hanya berhubungan dengan minum banyak air putih dan mengkonsumsi makanan rendah sodium, tetapi juga tentang berbagai jenis vitamin dan antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan ginjal dalam menyaring darah.

Karena alasan tersebut di atas, seledri menjadi sumber pendapatan harian yang sangat baik karena banyak diburu seperti tempat menjual di pasar-pasar tradisional hingga supermarket atau mall-mall.

Cara Mengolah Daun Seledri Untuk Ginjal

Daun seledri yang berwarna hijau terang ini dikenal sebagai daun herbal yang memiliki fungsi kuat untuk membersihkan ginjal. Tetapi bagaimana caranya ? Berikut di bawah ini kami berikan cara mengolah daun seledri untuk ginjal, silahkan menyimaknya :

  • Cuci beberapa lembar daun seledri segar secukupnya saja lalu potong kecil-kecil.
  • Kemudian masak dengan air bersih secukupnya saja selama 10 menit.
  • Biarkan dingin setelah dimasak.
  • Saring daun seledri, tempatkan dalam botol bersih dan simpan di lemari es.
  • Ramuan herbal ini diminum satu gelas secara rutin selama sakit setiap hari.

Jika berhasil maka anda akan merasakan khasiat ramuan seledri ini dapat menghilangkan kotoran dan racun yang menumpuk melalui urin.

Manfaat Daun Seledri Untuk Ginjal

1/ Sebagai anti inflamasi

Seledri adalah salah satu sayuran anti inflamasi yang cukup kuat karena mengandung enzim dan mineral sehingga bagus untuk orang-orang yang menderita asam urat atau infeksi saluran kemih. Di dalam sehelai daun seledri mengandung minyak atsiri yaitu limonene dan selenium sedangkan bagian akar mengandung asparagin. Semua senyawa ini mempunyai sifat firming dan diuretic yang kuat guna menghilangkan racun dalam tubuh dan kotoran serta retensi air yang terjadi pada masalah ginjal.

2/ Memperbaiki fungsi ginjal

Di samping bermanfaat untuk asam urat, seledri banyak mengandung natrium, asam amino esensial, dan berbagai jenis vitamin yang sangat bagus untuk meningkatkan fungsi ginjal yang sehat dan normal dengan membantu menghilangkan berbagai zat yang tidak perlu dalam tubuh. Menyingkirkan racun ketika mengeluarkannya sehingga batu ginjal bisa dicegah.

3/ Antipiretik

Seledri banyak mengandung senyawa AINS atau senyawa anti inflamasi non steroid yang bisa membantu meringankan peradangan dalam tubuh. Kandungan ini bersifat antipiretik yang dapat mempertahankan suhu tubuh normal sambil mengobati penyakit yang menimbulkan rasa sakit dan nyeri saat membersihkan ginjal sehingga mengurangi pengendapan dalam ginjal dan meningkatkan fungsi ginjal.

4/ Mengurangi kadar aminoglikosida

Aminoglikosida merupakan jenis antibiotik yang secara efektif membunuh kuman dan bakteri yang merusak tubuh dan pada umumnya dikonsumsi oleh penderita TBC. Obat ini mengandung kanamisin dan amikosin yang bisa membunuh kuman-kuman TBC. Namun jika obat ini dikonsumsi terlalu banyak maka hal tersebut akan memperburuk kondisi ginjal. Manfaat seledri sangat bagus dalam hal ini karena bisa menghilangkan kotoran dan sedimentasi di ginjal yang disebabkan oleh terlalu banyak aminoglikosida dalam tubuh.

5/ Mencegah nefropati analgesik

Analgesik nefropati adalah salah satu jenis penyakit ginjal yang terjadi melalui penggunaan analgesik sebagai obat penghilang rasa sakit dan mengurangi rasa sakit. Manfaat daun seledri dalam hal ini adalah yang diambil secara teratur setiap hari sangat efektif dalam mencegah nefropati analgesik yang selanjutnya bisa berkembang sehingga pasien akan membutuhkan transplantasi ginjal.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Manfaat Daun Seledri Untuk Ginjal Dan Cara Mengolahnya’ yang kami rangkum dari berbagai sumber berita. Semoga berguna bagi para pembaca.

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel