Manfaat Masker Oatmeal untuk Kecantikan

27 Aug 2021 10:25 934 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Manfaat masker oatmeal untuk kecantikan yang bagus untuk semua wanita.

Tidak banyak yang mengetahui bahwa oatmeal berguna sebagai masker untuk wajah. Rata-rata orang hanya tahu bahwa oatmeal merupakan makanan yang terbuat dari tanaman gandum. Masker yang dibuat dari oatmeal ini bisa dicampur dengan bahan-bahan lain seperti madu, pisang, yoghurt, susu bubuk atau susu cair, baking soda, air jeruk lemon dan telur.

Seperti diketahui bahwa oatmeal dikenal bisa membuat tubuh menjadi sehat, karena di dalamnya ada serat dan antioksidan tinggi. Di samping mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh, oatmeal juga bermanfaat dengan efek antiradangnya bila digunakan pada kulit wajah sebagai masker, seperti melembabkan dan menjaga kesehatan sel-sel kulit.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari masker oatmeal, diantaranya adalah sebagai berikut :

1/ Melembabkan wajah

Oatmeal terbukti ampuh membuat kulit wajah tetap dalam kondisi lembab. Oatmeal dipercaya mampu mengangkat sel-sel kulit yang telah mati dan menjadi pelembab berbahan dasar alami. Sehingga membuatnya menjadi aman digunakan pada wajah. Beta-glukan yang dikandung oatmeal mempunyai fungsi dalam membentuk lapisan kulit baru pada permukaan kulit dan sel-sel kulit terdalam sehingga akan memberikan kelembapan yang dibutuhkan oleh kulit.

2/ Mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah

Masker oatmeal memiliki fungsi sebagai media dalam mengangkat sel-sel kulit mati atau mengeksfoliasi wajah. Hal ini karena di dalam oatmeal terdapat kandungan saponin yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di wajah. Juga, scrub yang terdapat dalam oatmeal memiliki fungsi dalam mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati di permukaan kulit. Tanpa menghilangkan kelembabannya, lembutnya tekstur masker oatmeal mampu membuat kulit menjadi bersih sepanjang hari.

3/ Melindungi kulit wajah dari sinar matahari atau sinar ultraviolet / UV

Kulit yang terlalu sering terpapar sinar matahari atau sinar UV dalam jangka waktu yang lama bisa membuat kulit menjadi rusak. Ini bisa dihindari dengan mengurangi aktivitas berada di paparan sinar matahari secara langsung, selain itu juga bisa menggunakan tabir surya.

Sedangkan kandungan lemak yang ada di dalam oatmeal memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari atau sinar UV. Dengan menggunakan masker oatmeal maka diharapkan kulit menjadi terlindungi dari kerusakan akibat sinar matahari atau sinar UV. Masker dari oatmeal juga akan membuat kulit tetap lembut dan lembab.

4/ Mencerahkan wajah

Manfaat keempat dari masker oatmeal adalah untuk mencerahkan wajah. Seperti diketahui bahwa oatmeal mampu mengeksfoliasi kulit secara lembut, dan hal inilah yang akan membuat kulit nampak lebih cerah. Campurkanlah masker oatmeal dengan madu secukupnya guna mendapatkan manfaat secara optimal. Di dalam madu mengandung zat eksfoliasi yang berguna mengangkat sel-sel kulit mati karena kulit kusam. Oatmeal dan madu sama-sama mempunyai kandungan eksfoliator yang berfungsi untuk mencerahkan kulit wajah.

5/ Meredakan iritasi pada kulit

Antioksidan dan zat antiradang yang terkandung di dalam oatmeal memiliki fungsi untuk mengatasi peradangan yang terjadi pada kulit. Dari beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa oatmeal bisa untuk menyembuhkan kulit yang kasar, kering, bersisik, dan bisa menekan iritasi atau gatal-gatal.

6/ Meredakan jerawat yang meradang

Jerawat yang sedang meradang bisa diobati dengan memakai masker oatmeal. Kandungan antioksidan yang dinamai dengan avenanthramide ada pada oatmeal dan menyimpan efek antiradang. Hormon penyebab jerawat bisa diseimbangkan oleh oatmeal karena oatmeal mengandung magnesium, fosfor, mangan, selenium dan zinc.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Manfaat Masker Oatmeal Untuk Kecantikan’ yang dirangkum dari beberapa sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

 

Tags kecantikan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel