Susah Tidur Pulas ? Ini yang Perlu Anda Perhatikan

26 Aug 2021 13:55 955 Hits 4 Comments Approved by Plimbi

Susah tidur pulas ? Ini yang perlu anda perhatikan.

Sangat penting bagi kesehatan tubuh dengan memiliki waktu untuk tidur yang cukup secara kualitas dan kuantitas. Namun sayangnya untuk mendapatkan ini tidak semudah mengucapkannya. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kualitas tidur anda.

Menurut pendapat yang dikemukakan oleh Tiara Puspita, M.Psi., Psikolog, adalah seorang psikolog klinis dari International Wellbeing Center Jakarta, guna memperoleh tidur yang berkualitas memang dibutuhkan usaha diantaranya dengan tidak melihat layar gawai ataupun TV yang memiliki sistem pencahayaan terlalu terang. Tak hanya karena sinar dari pancaran atau pantulan gawai saja, anda juga perlu memberikan jeda antara aktivitas sebelumnya dengan waktu tidur agar otak dan tubuh anda secara psikologi bisa bersiap-siap untuk beristirahat. Untuk mengimbanginya bisa dengan terapi dari dalam tubuh seperti minum dengan rutin teh racikan sendiri yang diberi tambahan bunga lavender, chamomile, dan madu yang bisa membantu untuk lekas rileks serta memberikan sinyal tubuh untuk bersiap-siap tidur.

Berikut ini kami berikan hal-hal yang perlu anda perhatikan agar anda bisa lekas terlelap dan mendapatkan tidur yang berkualitas, antara lain sebagai berikut :

1/ Perhatikan suhu di dalam ruangan

Suhu ruangan ternyata sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur anda. Ruangan yang sejuk disertai dengan aliran udara yang bagus adalah menjadi kondisi ideal untuk tubuh. Dimana ketika tidur, suhu tubuh akan meningkat yang menyebabkan tubuh berkeringat dan secara perlahan-lahan suhu ruangan akan mulai mendingin di waktu pagi hari. Tetapi jika anda menyetel ruangan yang terlalu dingin juga tidak baik. Hal ini akan menyebabkan anda menjadi lebih sering ingin buang air kecil dan bisa mengganggu kualitas tidur. Sediakan selimut untuk berjaga-jaga. Begitu pula dengan udara yang terlalu panas, ruangan tidur yang terlalu panas akan menyebabkan anda menjadi gerah dan gelisah.

2/ Perhatikan ruangan gelap

Apakah anda takut gelap ? Pada kenyataannya lelap tidaknya tidur anda amat dipengaruhi oleh gelap terangnya ruangan tidur anda. Ruangan gelap memiliki fungsi untuk memberikan sinyal pada tubuh untuk beristirahat. Gelapnya ruangan akan memicu munculnya hormon melatonin atau yang dikenal dengan istilah sleep hormone dimana tugas melatonin ini adalah untuk memberikan sinyal kepada tubuh agar segera beristirahat.

Ketika melatonin bekerja, tubuh akan merasa lebih rileks, memicu munculnya rasa mengantuk, suhu tubuh menurun, dan yang lainnya. Menurut pakar menjelaskan bahwa kadar melatonin akan mulai meningkat seiring matahari tenggelam dan akan menurun seiring dengan matahari terbit. Jika anda pernah mencoba minum sleeping tea secara rutin atau minuman herbal lainnya yang bertujuan membuat tidur lelap maka biasanya mengandung melatonin untuk membuat tidur menjadi lebih mudah.

Jika anda adalah seseorang yang termasuk ke dalam golongan yang mempunyai circadian rhythm terbalik (bekerja di malam hari dan tidur di siang hari), biasanya hormon ini akan terganggu, sama halnya bila anda tidur dengan cahaya ruangan yang terlalu terang. Inilah yang menjadi penyebab, bila anda tidur dalam paparan cahaya yang terlalu terang, anda akan cenderung mudah terbangun.

Nah ingin tidur siang anda berkualitas ? Anda bisa memasang curtain tebal yang bisa dengan sempurna menghalau sinar dari luar ruangan, memasang lampu tidur yang redup, serta menggunakan penutup mata.

3/ Aroma ruangan

Cara yang ketiga ini digunakan selama berabad-abad di berbagai belahan dunia yaitu aromaterapi ruangan yang dipercaya mampu menurunkan stres, anxiety, memperbaiki mood, dan beragam permasalahan psikis lainnya.

Tergantung dengan kandungan aromaterapinya, tetapi hasil riset menunjukkan kandungan aromaterapi tertentu memiliki fungsi untuk meningkatkan kualitas dan waktu tidur dibandingkan dengan memakai teknik pijat atau acupressure. Dimana hasil riset dari pengaruh aroma dalam memperbaiki kualitas tidur adalah dengan menggunakan aroma lavender menjelang tidur.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, lavender sangat bagus untuk mengatasi kecemasan, merasa rileks, stabilitas mood, hingga membantu meringankan gejala depresi. Aromaterapi lainnya juga bisa dicoba guna meningkatkan kualitas tidur untuk kamar tidur anda seperti mawar, citrus dan geranium.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Susah Tidur Pulas ? Ini Yang Perlu Anda Perhatikan’ dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel