Manfaat Berenang untuk Anak

24 Aug 2021 18:30 931 Hits 4 Comments Approved by Plimbi
Manfaat berenang untuk anak-anak.

Kegiatan berenang adalah sesuatu hal yang sangat disukai oleh anak-anak. Apalagi jika anak anda diajak ke kolam renang, pastinya anak-anak tidak akan sabar lagi masuk ke dalam kolam untuk bermain dengan air. Dimana kegiatan yang satu ini bukan hanya sekadar untuk bermain-main dengan air saja, berenang merupakan olahraga yang bisa membantu tumbuh kembang anak-anak. Juga, berenang bisa membantu menguatkan jantung dan paru-paru pada anak anda.

Dengan mengajari anak berenang, para orang tua telah melaksanakan peranan mereka dalam memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan juga keselamatan pada anak.

Nah berikut ini kami berikan beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan kegiatan berenang bagi anak-anak, diantaranya adalah sebagai berikut :

1/ Bisa untuk melatih otot

Melakukan banyak gerakan di dalam air membutuhkan tenaga dua kali lebih besar. Hal ini menunjukkan bahwa gerakan yang dilakukan di dalam air akan membuat seluruh otot pada tubuh menjadi lebih berkembang dan akan menyebabkan anak menjadi lebih kuat dalam masa pertumbuhannya di masa depan.

2/ Menjaga kesehatan fisik anak-anak

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa berenang bisa melatih untuk meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, juga membuat stamina tubuh menjadi meningkat, kekuatan dan kelenturan tubuh menjadi terlatih serta bisa meningkatkan keseimbangan dari postur tubuh yang ideal. Erat hubungannya dengan menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, hal ini diperoleh dalam berenang yaitu mengatur napas di dalam air dan gerakan mengangkat kepala. Bila hal ini anda jalankan secara rutin maka bisa meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru yang bagus untuk menjaga kesehatan fisik anak-anak.

3/ Melatih kepercayaan diri

Dengan anak-anak anda berada di dalam air akan bisa menjaga kesimbangan tubuhnya lewat gerakan-gerakan yang dilakukan. Di samping dapat membangun rasa percaya diri ketika anak berhasil dalam menguasai gerakan-gerakan atau gaya berenang mendasar. Tingginya rasa percaya diri yang sudah anak-anak peroleh bisa menyebabkan anak-anak mempunyai kontrol diri yang bagus, mempunyai keinginan yang lebih besar lagi, dan mampu menyamakan diri di dalam situasi yang berbeda-beda. Tantangan dan penghargaan terhadap pencapaian dan prestasi bisa diperoleh dengan bisa berenang. Sehingga membuat anak-anak anda menjadi lebih percaya diri dan lebih percaya kepada kemampuan yang mereka miliki. Kepercayaan diri perlu dimiliki oleh anak-anak untuk mengembangkan keyakinan dan kemampuan dalam atletik serta keterampilan sosial terutama sebagai bagian dari sebuah tim.

4/ Menjaga kesehatan emosional

Ada banyak yang tidak tahu bahwa dengan berenang maka kesehatan mental dan emosional pada anak bisa meningkat. Selain itu, suasana hati anak secara menyeluruh dapat meningkat karena adanya perasaan senang selama berenang sehingga bisa membantu anak dalam memerangi depresi. Selama berada di dalam air, anak-anak akan merasa lebih rileks dan bisa berekspresi secara bebas.

5/ Menjadi lebih disiplin dan belajar dalam mengambil keputusan

Disiplin akan tumbuh dengan mengajarkan anak-anak anda berenang. Dimana orang tua di sini harus lebih bisa memberikan waktu luang untuk menemani anak-anak berenang dibandingkan dengan aktivitas lainnya.

6/ Mempunyai skill dalam bertahan

Apabila sewaktu-waktu anak-anak anda sedang terjebak di dalam kondisi darurat di dalam air, anak-anak akan mampu mengurangi resiko tenggelam karena bisa berenang. Jadi dengan berenang, anak-anak akan mampu bertahan di dalam air. Namun terlepas dari hal ini, anak-anak yang sudah bisa berenang harus tetap selalu mendapati pengawasan dari orang tua mereka.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Manfaat Berenang Untuk Anak’ yang dirangkum dari beberapa sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel