Manfaat Tanaman Srikaya

19 Aug 2021 12:25 1502 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Manfaat tanaman srikaya.

Di dalam daun, buah dan biji srikaya diketahui banyak mengandung nutrisi dan gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Berikut ini adalah beberapa kandungan yang ada di dalam daun, buah, dan biji srikaya yang patut untuk anda ketahui.

Buah srikaya mengandung banyak vitamin B6 yang mampu mencegah terjadinya penumpukan hemosistein yang dapat membuat terjadinya gangguan pada jantung. Di samping itu di dalam buah dan biji srikaya juga mengandung ribloflavin yang sangat bagus untuk pertumbuhan tubuh, vitamin B kompleks merupakan salah satu jenis vitamin yang paling dibutuhkan oleh tubuh karena kehadirannya akan menjadi lebih memaksimalkan kinerja tubuh menjadi lebih optimal.

Buah srikaya juga mengandung vitamin C yang bermanfaat sebagai antioksidan tubuh secara alami. Dengan adanya antioksidan ini maka buah srikaya mampu melawan berbagai jenis radikal bebas yang dapat membuat tubuh mudah sakit.

Kandungan niacin yang ada di dalam buah srikaya mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga menghindarkan anda dari terjadinya penumpukan kolesterol yang sangat membahayakan tubuh dan bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit bermunculan seperti jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi.

Kandungan nutrisi lainnya yang ada di dalam daun, buah dan biji srikaya adalah serat dalam jumlah cukup besar. Serat ini terdiri dari serat larut dan serat tidak larut dimana keduanya sangat bermanfaat bagi tubuh terutama pada proses pencernaan. Pencernaan akan menjadi lebih lancar dengan mengkonsumsi srikaya, jadi jika anda saat ini sedang mengalami masalah konstipasi, sembelit dan sedang dalam program diet maka buah srikaya bisa menjadi makanan pilihan. Di samping itu manfaat serat bisa untuk mengendalikan kadar gula dalam darah sehingga sangat baik untuk para penderita diabetes atau kencing manis.

Manfaat Daun Srikaya

Bagian dari tanaman srikaya ini memiliki manfaat bagi kesehatan yaitu pada bagian daunnya. Apa saja manfaat daun srikaya ? Simak selengkapnya penjelasan dari kami.

1/ Mengobati borok atau bisul

Manfaat daun srikaya yang paling terkenal adalah mengobati segala penyakit kulit seperti borok atau bisul. Kandungan nutisi dan gizi yang ada di dalam daun srikaya memang sangat bagus untuk mengobati adanya infeksi yang ada di permukaan kulit. Untuk mengobati bisul atau borok ini gunakan daun srikaya usia dewasa secukupnya saja yang sudah dibersihkan dengan air lalu tumbuk halus hingga menjadi pasta. Selanjutnya tinggal oleskan tumbukan daun srikaya tersebut ke area borok atau bisul dan tutup dengan kain perban atau kain kasa. Lakukan hal ini hingga borok atau bisul membaik dan sembuh.

2/ Mengobati penderita histeris

Bagi anda yang sering mendapati orang pingsan atau histeris karena sesuatu hal maka anda bisa membantunya dengan memberikan ramuan yang terbuat dari daun srikaya. Caranya adalah dengan menumbuk daun srikaya hingga halus kemudian oleskan tumbukan tadi di hidung penderita hingga penderita menghisap aroma yang dikeluarkan dari daun srikaya tersebut. Ini ampuh membantu orang pingsan cepat pulih kembali.

Khasiat Biji Srikaya

Setelah anda mengetahui tentang apa saja kandungan nutrisi dan gizi yang ada di dalam daun srikaya maka selanjutnya ketahui juga khasiat apa saja yang tersimpan dalam biji-biji srikaya. Selengkapnya simak berikut ini :

1/ Mematikan kutu kepala

Pemanfaatan buah dan biji-biji srikaya tidak melulu dengan dimakan sebagai buah meja namun juga bisa digunakan untuk obat luar seperti untuk mematikan kutu di kepala. Apabila anda mempunyai kutu di kepala dalam jumlah banyak maka ini akan menjadi sangat mengganggu. Selain membuat kepala anda gatal, anda juga bisa menjadi malu dengan rekan kerja karena anda sering menggaruk-garuk kepala. Nah cara untuk menghilangkan kutu kepala dengan memakai biji srikaya sangatlah mudah.

Siapkan 10 biji dari buah srikaya dengan daun srikaya. Lalu tumbuk atau giling sampai halus dan kemudian campurkan dengan sedikit minyak kelapa. Bersihkan area kepala lalu oleskan adonan tadi ke kepala dengan merata dan bungkus kepala dengan memakai handuk bersih untuk menutupi semua area rambut sehingga membuat rambut menjadi pengap di dalamnya. Tunggu selama kurang lebih 20 menit, barulah bilas rambut seperti biasa dan jangan lupa untuk menyisirnya dengan sisir khusus karena untuk mengeluarkan kutu-kutu yang sudah mati.

Manfaat Buah Srikaya

Setelah membahas khasiat dan manfaat dari beberapa bagian tanaman srikaya tersebut di atas, maka kali ini adalah membahas manfaat dari buah srikaya itu sendiri. Apa sajakah itu ? Silahkan menyimak penjelasan dari kami tersebut di bawah ini.

1/ Mengatasi anemia

Anemia adalah kondisi dimana terjadi kekurangan sel-sel darah merah dalam tubuh sehingga tubuh mudah menjadi lemas, lunglai, letih dan lesu. Penyakit ini tidak boleh dibiarkan begitu saja karena bisa menyebabkan tubuh anda tidak dapat melakukan berbagai jenis kegiatan sehari-hari. Untuk itu anda bisa mengkonsumsi buah srikaya guna membantu mengatasi anemia yang sedang anda alami saat ini.

2/ Meringankan gejala asma

Di dalam buah srikaya banyak mengandung vitamin B yang memiliki fungsi untuk mengurangi radang di paru-paru. Bagi anda yang memiliki gejala asma dan saat ini sedang kambuh bisa memakan buah srikaya untuk meringankan gejala asma.

Khasiat Akar Dan Kulit Kayu Srikaya

Akar dan kulit kayu tanaman srikaya pun bisa dimanfaatkan. Akar srikaya dapat digunakan menjadi obat sembelit, depresi mental, disentri akut, dan nyeri pada area punggung. Sedangkan kulit kayunya bisa dimanfaatkan untuk mengobati luka berdarah, diare, dan disentri. Namun mungkin anda masih bingung bagaimana cara menggunakan akar dan kulit kayu srikaya ini untuk pengobatan.

Caranya adalah dengan menyiapkan akar atau kulit kayu srikaya dan cucilah dengan bersih. Kemudian potong kecil-kecil akar dan kulit kayu lalu siapkan 5 gelas air bersih. Siapkan juga secukupnya gula Jawa, madu dan sereh. Kemudian rebus bahan yang sudah disiapkan sampai air mendidih dan menyusut hingga 3 gelas saja, setelah itu minumlah ramuan tersebut sebanyak 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil optimal pada penyakit yang anda derita.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai sebuah artikel dengan judul ‘Manfaat Tanaman Srikaya’ yang dirangkum dari beberapa sumber berita. Semoga berguna bagi para pembaca.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel