Inilah Skin Care Wajib Sebelum Olahraga

18 Aug 2021 14:40 1243 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Inilah jenis skin care wajib dipakai sebelum anda berolahraga.

 

Skincare merupakan seperangkap perawatan kulit yang biasanya memiliki fungsi untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit anda. Tak cukup diperoleh dari dalam dengan mengonsumsi makanan / minuman sehat setiap hari, merawat kulit juga bisa dilakukan dari luar.

Pengaplikasian pelembab atau moisturizer adalah menjadi bagian dari bermacam-macam skincare yang perlu digunakan terutama sekali oleh perempuan. Pelembab disini memiliki tujuan untuk melembabkan kulit serta menghaluskannya. Di samping itu, pelembab juga memegang peranan aktif guna menjaga struktur alami kulit, menyeimbangkan pH kulit, melindungi kulit dari kerusakan karena terpapar oleh radikal bebas, dan membantu sel-sel kulit agar bisa bekerja dengan optimal. Untuk anda yang mempunyai kulit wajah kering, maka dianjurkan untuk memilih pelembab dengan tekstur krim. Dimana tekstur krim yang lebih tebal bisa saja dipilih oleh pemilik kulit wajah normal dan kulit wajah kombinasi. Sedangkan pelembab bertekstur cair atau gel cocok digunakan oleh tipe-tipe kulit wajah berminyak.

Untuk yang malas gerak, dorongan untuk melakukan olahraga sangat tinggi terutama di masa-masa pandemic ini dimana pada umumnya orang tahu bahwa meningkatkan imun tubuh bisa dicapai dengan mudah melalui cara yaitu berolahraga. Olahraga outdoor seperti bersepeda, lari, jogging adalah yang menjadi favorit karena sekalian anda bisa sambil berjemur guna menambah asupan vitamin D. Namun jangan melupakan untuk memakai skin care agar pori-pori kulit tidak tersumbat oleh keringat, memicu jerawat atau muncul flek karena lupa memakai sunblock.

Berikut di bawah ini ada beberapa tahapan skincare wajib dikenakan sebelum memulai berolahraga. Simak penjelasan kami tersebut di bawah ini.

1/ Selalu mencuci wajah dengan bersih sebelum berolahraga

Melakukan olahraga dengan wajah terlapisi make up bisa menyebabkan pori-pori kulit tersumbat dimana keringat tidak dapat keluar dengan sempurna. Maka dari itu dianjurkan untuk berolahraga dalam kondisi kulit bersih. Cuci bersih wajah anda, boleh dengan memakai double cleanser sebelum berolahraga. Ada banyak wanita tidak bisa keluar rumah tanpa alis. Boleh memakai alis tapi pastikan yang water proof.

2/ Gunakan selalu pelembab

Apakah anda mengetahui bahwa berkeringat itu sehat ? Namun berkeringat dan berminyak adalah dua hal yang berbeda kondisi. Keringat adalah salah satu cara alami dari tubuh untuk mengeluarkan cairan tubuh guna mengurangi suhu tubuh dan biasanya disertai dengan racun, sementara minyak tubuh biasanya muncul ketika kulit terasa kering sebagai akibat kekurangan kadar air di dalam lapisan kulit. Nah minyak inilah yang bisa memicu munculnya jerawat apabila terpapar bakteri dan kotoran.

Upaya pencegahan adalah anda memakai moisturizer sebelum berolahraga. Oleskan tipis-tipis pelembab yang mudah meresap ke kulit setelah anda membersihkan wajah secara menyeluruh, tunggu hingga meresap barulah oleskan sunscreen. Dengan cara ini maka kelembaban kulit lebih terjaga dan jerawat bisa dihindari meskipun anda sedang berkeringat sekalipun.

3/ Disarankan untuk memakai sunblock

Sunblock atau tabir surya bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultra violet yang dengan mudah membuat kulit menjadi kering, terbakar, bahkan memicu kanker kulit. Skincare ini menjadi amat penting untuk digunakan ketika anda berolahraga baik itu di luar ruangan ataupun di dalam ruangan termasuk olahraga air. Pilihlah sunblock dengan kandungan SPF yang cukup tinggi dan bertekstur ringan di kulit. Sunblock bisa diaplikasikan secara ulang jika dibutuhkan.

4/ Siapkan face mist dan handuk bersih

Ketika anda sedang berkeringan maka secara tidak sadar anda mungkin mengelap wajah dan leher dengan tangan yang juga dalam kondisi berkeringat dan kotor. Belum lagi debu yang beterbangan. Karena itu, selalu siap handuk kecil guna menghapus keringan ( ini menjadi salah satu sebab anda tidak dianjurkan untuk bermake up saat olahraga ).

Pakai produk-produk face mist ataupun face spray setelahnya. Skin care wajib saat anda berolahraga karena memiliki fungsi mengembalikan kelembaban kulit maka produk semprotan ini juga akan terasa nyaman di kulit, terutama ketika suhu tubuh meningkat, akan terasa gerah dan kulit mulai terasa berminyak.

Cara Memilih Produk Skincare Sesuai Masalah Kulit Yang Dialami

Arti dari skincare untuk masing-masing orang tentu berbeda-beda dimana hal ini wajib disesuaikan dengan jenis dan masalah kuliat yang sedang dialami. Adapun beberapa cara memilih produk skincare sesuai dengan masalah kuliat yang dialami adalah seperti kondisi tersebut di bawah ini :

1/ Kondisi jerawat

Pemanfaatan produk skincare untuk kulit berjerawat tergantung kepada tingkat keparahan jerawat yang diderita. Namun, sejumlah kandungan dalam produk skincare untuk kulit berjerawat yang tergolong ringan dan mudah ditemukan tanpa menggunakan resep dokter adalah asam salisilat, benzoil perosida, alpha hydroxyl acid / AHA, adapalene, dan tea tree oil.

Selalu mengoleskan sunscreen setelah anda menggunakan produk-produk perawatan kulit atau obat jerawat tertentu yang mengandung bahan-bahan di atas setiap pagi hari. Karena penggunaan skin care untuk kulit berjerawat yang mengandung bahan-bahan tersebut bisa menyebabkan kulit menjadi sensitive terhadap sinar matahari.

2/ Kondisi noda bekas jerawat

Noda bekas jerawat disertai dengan bintik-bintik hitam di wajah akan bertahan di kulit selama beberapa minggu hingga sampai 6 bulan lamanya untuk bisa sembuh dan bersih sepenuhnya. Memang anda bisa menggunakan make up dan sunscreen guna mencegah kulit dari kerusakan dan hiperpigmentasi. Solusinya adalah anda bisa memakai produk skincare yang memiliki fungsi membantu memudarkan noda bekas jerawat yaitu vitamin C bisa ditemukan dalam pelembab atau krim wajah dan juga niacinamide yang menurut pemelitian bisa membantu mengurangi noda hitam bekas jerawat. Ada juga retinoic acid dimana penelitian menemukan bahwa kondisi jerawat yang semakin membaik hingga 91,4 persen pada orang-orang tertentu yang menggunakan skincare kombinasi retinoic acid dan glycolic acid.

Gunakan berbagai produk skincare dengan bahan-bahan tersebut di atas sebagai rutinitas setelah mencuci bersih wajah. Perlu diketahui bahwa tidak semua orang mempunyai kesamaan kebutuhan terhadap kulit mereka masing-masing terhadap produk skincare. Jadi pastikan anda mengetahui rangkaian produk skincare yang dipilih. Dengan demikian, manfaat dari setiap produk skincare bisa anda gunakan secara optimal.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Inilah Skin Care Wajib Sebelum Olahraga’ yang kami rangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Tags kecantikan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel