Kenali Produk Perbankkan yang Populer di Kalangan Masyarakat

22 Aug 2021 09:05 1445 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Kenali produk-produk perbankkan yang populer di kalangan masyarakat.

Bank adalah sebuah lembaga yang sangat mudah untuk dikenali oleh siapa saja. Pada prinsipnya orang-orang akan mudah mengenal bank sebagai lembaga yang menyediakan jasa penyimpanan serta peminjaman uang. Jasa-jasa ini merupakan bagian terpenting dari produk perbankkan yang anda ketahui hingga saat ini, namun produk perbankkan di bank tidak hanya semata-mata untuk menyimpan dan meminjam uang saja, dalam hal ini bank berhak menawarkan beragam jenis produk perbankkan yang ditujukan untuk memudahkan pemenuhan kebutuhan sehari-hari bagi sapa saja yang memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh pihak bank.  

Mengenal Produk Perbankkan

Hal utama yang perlu mendapat perhatian dari anda adalah dengan mengetahui terlebih dahulu tentang berbagai macam produk perbankkan serta elemen finansial lainnya sebelum memulai untuk memaksimalkan peran bank dalam menjaga dan mengelola harta yang anda miliki.

Dimana dari masing-masing produk perbankkan yang tersedia, selain menawarkan banyak kemudahan atau keuntungan, terdapat juga sisi resiko yang perlu anda mengerti agar dapat disesuaikan dengan kondisi keuangan pribadi anda atau kebutuhan anda saat ini.

Berikut adalah beberapa daftar produk perbankkan yang sedang populer digunakan di kalangan masyarakat, antara lain sebagai berikut :

1/ Produk perbankkan berupa tabungan

Produk perbankkan pertama adalah tabungan merupakan sebuah produk perbankkan yang ditawarkan saat anda mempunyai keperluan menabung atau sekadar menyimpan uang anda di bank bersangkutan. Tabungan juga merupakan produk perbankkan yang perlu untuk anda miliki ketika anda bekerja. Dimana penghasilan yang anda dapatkan dari kantor tempat anda bekerja akan disalurkan setiap bulannya pada tabungan yang anda miliki di bank. Tabungan mempunyai fitur penarikan atau pemindahan dana yang bisa anda manfaatkan setiap saat.

Pada awal kehadirannya di Indonesia, jenis tabungan yang ditawarkan oleh pihak bank ini cukup sedikit variannya namun produk perbankkan yang pertama ini telah mengalami perkembangan dalam berbagai ragam jenis yang menawarkan keuntungan disesuaikan dengan tujuan anda dalam menabung. Secara umum, tabungan kini juga menawarkan jenis-jenis seperti tabungan haji, tabungan berencana, serta tabungan berjangka. Saat anda memutuskan untuk menyetujui guna menggunakan produk perbankkan ini, anda pun akan mendapatkan kelengkapan sebagai berikut :

Buku tabungan

Buku tabungan adalah sebuah tanda bukti bahwa anda telah terdaftar sebagai salah satu nasabah suatu bank yang memakai produk perbankkan tabungan. Buku tabungan ini mempunyai fungsi utama sebagai pusat infromasi dari segala transaksi perbankkan yang telah anda lakukan dalam kepemilikan anda sebagai pemegang produk perbankkan tabungan. Selain menyantumkan nama, dalam buku tabungan juga terdapat informasi berhubungan dengan nomor rekening anda yang berguna untuk mengoptimalkan fitur pemindahan dana dari pihak lain ke dalam tabungan anda atau sebaliknya.

Kartu ATM

Di samping mendapatkan buku tabungan, sebagai tanda kepemilikan anda terhadap produk perbankkan tabungan, anda akan diberikan kartu ATM. Kartu ATM merupakan sebuah fasilitas dari produk perbankkan yang bermanfaat untuk memudahkan anda saat melakukan transaksi dengan dana yang ada di dalam tabungan anda. Fungsi utamanya adalah untuk membantu penarikan dana melalui mesin ATM (anjungan tunai mandiri) atau untuk membayar belanjaan anda melalui fitur debit yang tertulis pada kartu ATM anda.

E-Statement

Di zaman yang serba digital seperti saat ini, kehadiran e-statement merupakan sebuah inovasi terhadap produk perbankkan yang membantu memudahkan anda sebagai nasabah dalam melakukan tracking dalam satu bulan terakhir. Dimana secara umum, produk perbankkan ini lebih dikenal dengan istilah mutasi rekening. Ada beberapa perbedaan yang mendasar yaitu dari cara anda mendapatkannya, e-statement secara otomatis akan dikirimkan ke dalam email yang anda cantumkan sebagai nasabah secara rutin setiap bulannya. e-statement juga bisa menjadi salah satu cara bagi pihak bank guna ikut berkontribusi dalam mengurangi jejak karbon, baik dari sisi penghematan kertas maupun proses transportasi.

2/ Produk perbankkan berupa deposito

Produk perbankkan yang kedua cukup populer di kalangan masyarakat adalah deposito. Dimana secara karakteristik, deposito mempunyai fungsi yang sama dengan tabungan yaitu sebagai sarana penyimpanan dana. Tetapi memiliki perbedaan yaitu tabungan dananya bisa anda atur pengambilan setiap saat sedangkan deposito mempunyai tenggang waktu tertentu sebelum anda bisa kembali mengambil dana yang telah anda simpan ke dalam bentuk deposito.

Perhatikan karakteristik dari produk perbankkan yang satu ini. Bila anda memilih untuk menarik dana di luar tenggang waktu yang telah disetujui, bisa-bisa anda akan terkena pinalti yaitu pemotongan dana di dalam tabungan deposito anda.

Berikut adalah hal yang perlu anda mengerti berhubungan dengan produk perbankkan dalam bentuk deposito dimana untuk dananya sendiri, anda bisa mendepositokan uang rupiah ataupun mata uang asing lainnya.

Jangka waktu dan durasi penyimpanan

Yang dimaksud dengan jangka waktu atau jatuh tempo deposito adalah merujuk pada waktu pencairan dana yang sesuai dengan yang sudah anda setujui sebagai nasabah bank dengan pihak bank sebelum memutuskan menggunakan produk perbankkan deposito. Secara umum jika anda memilih produk yang satu ini, dana yang tersimpan di dalam deposito biasanya kisaran mulai 1 bulan hingga 12 bulan.

3/ Produk perbankkan berupa kredit

Apakah anda lebih mengenal kartu kredit sebagai produk komersil perbankkan ? Pada kenyataannya, kartu kredit ini merupakan salah satu dari 3 fungsi bank yang memastikan untuk dapat membantu masyarakat. Dengan kartu kredit maka lembaga bank bisa membantu seseorang atau sebuah badan usaha untuk dapat membeli suatu barang dan melakukan pembayaran dalam jangka waktu tertentu. Adapun ketentuan tentang kredit sebagai salah satu produk perbankkan ini diatur pada undang-undang RI nomer 10 tahun 1998.

Masing-masing orang yang memanfaatkan produk perbankkan yang satu ini perlu mengerti dan memahami bahwa ada elemen jangka waktu, bunga, jaminan, hingga biaya administrasi yang akan diakumulasi pada tagihan kredit bersangkutan. Juga, kredit sebagai produk perbankkan menyimpan manfaat dalam mendorong pertumbuhan dan perluasan ekonomi, mengurangi tingkat pengangguran, meningkatkan pendapatan masyarakat, menjadi modal usaha dan sumber dana pengembangan usaha sekaligus memberikan rasa aman bagi penggemarnya.

4/ Produk perbankkan berupa online banking

Produk perbankkan keempat yang cukup populer dipakai oleh masyarakat saat ini adalah online banking. Online banking merupakan salah satu layanan jasa produk perbankkan yang memberikan banyak kemudahan untuk melakukan transaksi serta mengelola finansial nasabah dimana dan kapan saja. Online banking di Indonesia terbagi ke dalam 3 jenis yaitu SMS banking, internet banking dan mobile banking melalui aplikasi. Ini memungkinkan bagi nasabah untuk dapat melakukan transaksi seperti mengirim uang, melakukan pembayaran tagihan secara rutin, serta dipakai sebagai metode bayar pembelanjaan tanpa harus mendatangi tempat bersangkutan.

5/ Produk bank berupa rekening giro

Untuk perseorangan, mungkin rekening giro adalah menjadi salah satu produk perbankkan yang sudah tidak asing lagi untuk dibuka. Kehadiran giro menjadi lebih sering digunakan sebagai salah satu produk perbankkan tabungan oleh badan usaha. Memiliki perbedaan dengan tabungan yang bisa mengambil dana melalui ATM, giro cenderung dicairkan dengan memakai cek atau bilyet giro yang dikeluarkan oleh pihak bank sesuai dengan persetujuan dari pemilik rekening giro.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Kenali Produk Perbankkan Yang Populer Di Kalangan Masyarakat’ yang dirangkum dari beberapa sumber berita. Semoga memberikan manfaat bagi para pembaca.

 

 

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel