Sering Gagal Fokus ? Ini Langkah Atasi Masalah Konsentrasi

20 Aug 2021 12:15 1179 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Sering gagal fokus ? Ini langkah atasi masalah konsentrasi.

Apakah pernah anda mengikuti rapat online namun tidak menangkap isi diskusi yang sedang berjalan ? Atau apakah anda susah sekali kosentrasi padahal ada banyak pekerjaan bertumpuk ?

Bersumber dari Harvard Business Review, ada 2 hal utama yang menjadi penyebab anda gagal fokus. Pertama adalah terlalu sering menggunakan ponsel dan tablet. Studi menemukan bahwa rata-rata orang menghabiskan waktu untuk memakai dua benda tersebut selama 12 jam sehari. Tingkat pemakaian HP dan tablet setinggi ini akan menyebabkan otak anda sulit untuk memproses sesuatu, serta tidak mudah recharge dan refocus. Kedua, hari-hari anda dipadati oleh jadwal meeting. Faktanya meeting terus-menerus bisa menurunkan fokus bekerja.

Apa sajakah yang mesti dilakukan agar anda bisa tetap fokus mengerjakan tugas-tugas yang penting ?

1/ Meditasi singkat

Apakah yang pertama kali anda lakukan saat bangun di pagi hari ? Mengecek pesan-pesan di ponsel ? Kalau benar, maka kebiasaan ini perlu anda ubah. Menurut psikolog asal Stanford University, Emma Seppala menjelaskan bahwa ketika secara terus-menerus anda berada dalam kondisi stres (misalnya saat keseringan mengecek pesan), tanpa sadar anda sedang merusak kemampuan kognitif anda termasuk memori dan konsentrasi.

Supaya dapat menjaga kosentrasi pikiran, praktikkan mindfulness ketika bangun tidur. Caranya adalah bisa dengan mengambil nafas dalam-dalam beberapa kali atau meditasi selama 20 sampai dengan 30 menit. Emma menyebutkan bahwa meditasi adalah salah satu cara untuk melatih sistem saraf anda agar tetap tenang ketika diserang stres. Saat anda mampu bersikap tenang, secara emosional anda menjadi lebih cerdas sehingga bisa mengambil keputusan yang lebih bagus.

2/ Kerja lebih banyak pada waktu pagi hari

Beberapa orang mengatur jadwal meeting pada waktu pagi hari. Karena tugas-tugas yang rumit dan membutuhkan kreativitas akan menjadi lebih maksimal dikerjakan apabila diselesaikan pada waktu pagi hari, ketika otak anda masih segar dan belum penuh sesak oleh masalah. Karena itu, manfaatkan ritme dan kondisi tubuh anda pada waktu pagi hari.

3/ Minimalkan jumlah peserta meeting

Jumlah peserta meeting yang terlalu banyak sering kali menyebabkan meeting berjalan tidak efektif. Berapa banyak dari peserta meeting yang betul-betul terlibat dalam memberikan kontribusi gagasan ? Riset menjelaskan bahwa terlalu banyak orang yang hadir di ruang rapat virtual akan membuat anda menjadi susah fokus. Inilah kenapa anda akan mendapati banyak peserta meeting hanya duduk-duduk saja sambil menatap layar sepanjang rapat.

Agar bisa tetap fokus dalam bekerja, tim anda juga harus fokus. Batasilah jumlah peserta meeting yaitu maksimal hanya 8 orang saja. Semakin kecil maka akan menjadi semakin baik. Kecuali apabila rapatnya bersifat penyampaian informasi. Maka pastikan meeting dirangkum dengan rincian tindakan yang jelas, siapa yang mengerjakan, lengkap dengan timeline. Dengan begitu, masing-masing anggota tim bisa fokus.

4/ Pastikan area kerja selalu rapi

Apakah anda sering menonton Masterchef Australia ? Pastilah sering mendengar nasihat juri agar para peserta selalu menjaga meja kerjanya tetap bersih agar bisa berpikir dan bekerja lebih produktif. Nah saran ini juga berlaku di dunia kerja. Jika kondisi meja kerja rapid an bersih, maka anda akan menjadi lebih mudah fokus menyelesaikan pekerjaan. Simpan barang-barang kecil di laci dengan rapi, susun file fisik dalam folder-folder khusus. Karena, lingkungan kerja yang selalu rapi akan memberikan pengaruh terhadap produktivitas dan kualitas hasil kerja. Urusan kerapian ini juga berlaku untuk ponsel anda. Buang aplikasi-aplikasi yang tidak perlu, atur kembali notifikasi hanya untuk aplikasi yang penting saja. Satukan aplikasi yang sejenis di folder yang sama, juga rapikan desktop anda. Buang file-file yang tidak terpakai ke dalam kantong trash bin, sehingga layar desktop menjadi bersih. Dengan menjaga kerapian lingkungan kerja baik secara fisik maupun digital sangat penting dalam meningkatkan kemampuan untuk tetap fokus.

5/ Lakukan break sesaat

Anda akan mengalami kondisi buruk yaitu susah sekali fokus pada pekerjaan-pekerjaan penting apabila setiap hari hanya lari dari satu meeting ke meeting lainnya. Berubah-ubah fokus merupakan pekerjaan berat bagi otak anda. Dimana diketahui bahwa kemampuan otak untuk memproses sesuatu akan menurun seiring berjalannya hari. Makin susah fokus maka makin banyak waktu yang terbuang percuma.

Setiap anda selesai mengerjakan satu pekerjaan atau mengikuti satu meeting, ambil waktu paling tidak 15 menit untuk refocus. Putuskan tugas apa selanjutnya yang akan anda lakukan. Inilah yang menjadi prioritas pekerjaan tersebut hingga selesai. Lalu manfaatkan waktu libur anda dengan baik dimana para ahli sangat menyarankan anda untuk tidak bekerja ketika sedang liburan karena inilah saatnya anda recharge energi.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Sering Gagal Fokus ? Ini langkah Atasi Masalah Konsentrasi’ yang kami rangkum dari beberapa sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel