Surat Pengunduran Diri Karyawan untuk Perusahaan

20 Aug 2021 12:05 801 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Surat pengunduran diri karyawan untuk perusahaan yang benar dan profesional.

Apakah anda pernah merasa tidak nyaman di lingkungan kerja saat ini ? Ingin resign namun bingung apa yang harus dilakukan dan dipersiapkan sebelum menghadapi atasan saat akan mengajukan pengunduran diri. Kira-kira apa saja hal yang mesti dipersiapkan di dalam surat pengunduran diri seorang karyawan.

Surat pengunduran diri merupakan salah satu jenis surat pernyataan yang dibuat oleh seorang pegawai / karyawan dari suatu perusahaan ketika seseorang tersebut hendak berhenti dari pekerjaannya tersebut. Biasanya surat pengunduran diri tersebut ditujukan atau akan diberikan kepada pihak manajerial atau atasan dari karyawan yang bersangkutan di dalam perusahaan. Surat pengunduran diri adalah menjadi hak dari masing-masing karyawan, apabila anda sebagai karyawan merasa kurang cocok dengan pekerjaan tersebut maka anda akan diberikan izin untuk mengajukan pemberhentian kerja dengan memberikan surat pengunduran diri.

Berikut di bawah ini merupakan beberapa alasan mengapa seseorang hendak berhenti dari pekerjaannya :

1/ Gaji yang tidak sesuai standar

Ini adalah faktor yang paling sering menjadi alasan mengapa seseorang memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya, karena pastinya jika pekerjaan yang dilakukan terlalu berat atau memiliki resiko tinggi biasanya orang juga akan menuntut untuk mendapatkan upah dan jaminan yang sesuai pula dengan pekerjaannya.

2/ Lingkungan kerja yang tidak nyaman

Apabila lingkungan kerja kurang mendukung karyawan / wati bersangkutan maka bisa menyebabkan mereka bekerja di bawah tekanan dan keterpaksaan saja. Kondisi lingkungan yang buruk dapat berpengaruh pada kesehatan mental karyawan / wati bahkan terhadap hasil kerja dari karyawan / wati tersebut.

3/ Aturan perusahaan yang ketat

Pada masing-masing perusahaan pastilah mempunyai aturan yang diterapkan. Ini tentunya akan menjadi baik karena membuat karyawan / wati bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku namun jika aturan tersebut terlalu ketat maka karyawan / wati akan merasa kesulitan dalam menjalankan pekerjaannya. Belum lagi jika peraturan tersebut sampai merugikan pihak karyawan / wati misalnya diberlakukan potong gaji jika terlambat datang meskipun karyawan / wati bersangkutan sudah memberikan alasan yang jelas.

4/ Jobdesk yang tidak sesuai

Pada umumnya sebelum memulai pekerjaan, para karyawan / wati akan diberi tahu apa saja jobdesk yang mesti dilakukan, namun kadang-kadang di beberapa perusahaan kenyataan di lapangan tidak sesuai dengan kontrak kerja yang berlaku. Maka karyawan / wati akan berada pada posisi yang kebingungan karena di satu sisi anda membutuhkan pekerjaan tersebut tetapi satu sisi lagi anda merasa apa yang anda kerjakan terlalu melebihi kapasitas pekerjaan yang seharusnya dilakukan. Ini akan menyebabkan karyawan / wati berada pada posisi tidak nyaman.

Hal tersebut di atas adalah beberapa contoh alasan yang sering dipakai oleh karyawan / wati dalam sebuah perusahaan ketika akan mengajukan surat pengunduran diri dari perusahaan dimana mereka sedang bekerja. Kira-kira kenapa anda harus membuat surat pengajuan pengunduran diri ? Kenapa tidak langsung berhenti saja dari pekerjaannya ? Nah di bawah ini kami berikan jawabannya :

  • Di dalam mengakhiri proses anda dalam bekerja supaya anda tidak membiarkan jobdesk anda terbengkalai begitu saja.
  • Untuk mendapatkan hak-hak sebelum berhenti dari pekerjaan.
  • Memberikan kesempatan perusahaan dimana anda sedang bekerja saat ini untuk mencari pengganti anda.
  • Menunjukkan pada perusahaan bahwa anda adalah orang yang profesional.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Surat Pengunduran Diri Karyawan Untuk Perusahaan’ yang kami rangkum dari beberapa sumber berita. Semoga memberikan manfaat bagi para pembaca.

 

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel