Tips Buka Usaha Modal Kecil di Tengah Pandemi

20 Aug 2021 10:05 1914 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tips membuka usaha model kecil di tengah pandemi.

Creativepreneur Fellexandro Ruby memberikan beberapa tips untuk masyarakat di Indonesia yang hingga saat ini masih ragu-ragu membuka usahanya dengan modal yang pas-pasan dimana tips ini sejalan dengan kondisi pandemi yang menyebabkan banyaknya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mulai menggeliat guna memulihkan kondisi ekonomi.

Lebih lanjut Ruby menjelaskan, misalkan anda memiliki modal kisaran ratusan ribu, anda akan memulai buka usaha dan pastilah akan berpikir bahwa diri kurang dibekali dengan modal. Pola pikir yang seperti ini bisa mendorong diri sendiri untuk berpikir, what can I do guna bisa menghasilkan sesuatu dari usaha ini.

Pria yang juga sukses mendirikan perusahaan rintisan ‘Negeri Pembelajar Edu-Tech’ ini lebih lanjut menyebutkan agar masyarakat bersedia memulai bisnis dengan menghitung modal yang tidak hanya dalam nominal saja melainkan memaksimalkan modal dalam bentuk lainnya. Ia mencontohkan berdasarkan pengalaman pribadinya, jaringan pertemanan dan relasi yang dimiliki oleh seseorang bisa menjadi modal yang cukup untuk mengembangkan sebuah bisnis menjadi lebih menguntungkan. Misalkan saja ketika anda memiliki modal ratusan ribu. Anda memilih bertemu dengan teman-teman yang berpotensi menjadi calon klien anda. Anda ajak mereka untuk catch up dan menceritakan yang sedang anda kerjakan. Ternyata teman-teman anda tertarik dan bersedia membantu anda. Dari sini bisa dilihat bagaimana cara memaksimalkan modal yang anda miliki saat ini. Di samping itu, untuk memaksimalkan modal yang pas-pasan atau minim dalam membuka usaha maka pastikan anda mengetahui kebutuhan masyarakat dalam usaha mencari potensi dari tren yang sedang berkembang.   

Pemanfaatan momen yang mengikuti tren ini bisa memberikan pertumbuhan bisnis yang lebih cepat dibandingkan dengan bisnis yang bersifat tidak adaptif di dalam mengikuti tren. Sebagai contoh adalah di masa ‘Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat’ atau PPKM darurat ini orang-orang hanya beraktivitas di dalam rumah saja, tentu orang tua dengan banyak anak akan kebingungan untuk membuat anak-anaknya tetap anteng berada di rumah saja.

Menurut Ruby seperti dijelaskan tersebut di atas, ini akan bisa dijadikan sebagai peluang bisnis dengan menyediakan mainan atau hiburan bagi keluarga bersangkutan sehingga bisnis anda bisa berkembang lebih cepat dan mudah. Selanjutnya, untuk membuat bisnis modal minim tetap berjalan dengan optimal maka anda harus memastikan bisnis yang sedang dikembangkan ikut berkembang mengikuti regulasi. Di sini anda harus menyesuaikan bisnis yang akan anda buat dengan regulasi yang disiapkan pemerintah untuk konsumen, contohnya adalah di masa pandemi ini pemerintah merelaksasi ‘Pajak Penjualan Atas Barang Mewah’ (PPnBM) komoditas mobil. Hingga saat ini pun bisnis dari industri otomotif seperti penyediaan aksesoris akan ikut berkembang karena adanya pengaruh kebijakan relaksasi PPnBM. Maka dari itu penting bagi calon wirausaha untuk benar-benar mampu memahami regulasi yang sedang berkembang.

Tips terakhir yang dibagikan Ruby adalah usaha untuk mengembangkan bisnis dari tren utama konsumen. Misalnya pada saat menghadapi pandemi covid-19 sejak tahun 2020 lalu, bisnis tanaman menjadi salah satu hal yang mengalami kenaikan tren. Dimana jika anda menjadi distributor tanaman, anda akan mempunyai banyak pesaing saat tren ini naik daun. Sehingga yang dapat anda lakukan adalah mengembangkan bisnis turunan dari tren utama tanaman bersangkutan, anda bisa membuat bisnis serum tanaman atau membuat bisnis media tanam yang subur.

Buka usaha dengan memiliki modal kecil saat ini bukan lagi menjadi hal yang mustahil untuk dilakukan. Siapa pun bisa merealisasikannya. Apalagi di tengah pandemic seperti sekarang yang kondisi ekonominya sedang sulit.

Beberapa tips di bawah ini bisa mulai anda aplikasikan hanya dari rumah saja, silahkan menyimaknya.

  • Menentukan target pasar untuk membuka usaha.
  • Memanfaatkan platform market place.
  • Memanfaatkan layanan pesan antar ojek online.
  • Memilih supplier terpercaya.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Tips Buka Usaha Modal Kecil Di Tengah Pandemi’ yang diambil dari beberapa sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

 

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel