Tips Membuat CV Online Agar Lebih Standout

19 Aug 2021 10:00 1027 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Tips membuat CV online agar lebih standout di perusahaan.

Saat anda ingin melamar pekerjaan idaman, ada beberapa hal yang wajib anda persiapkan. Salah satu yang terpenting adalah CV / curriculum vitae yang dalam Bahasa Indonesia disebut dengan daftar riwayat hidup. Dimana seiring berjalannya waktu, pembuatan CV pun berkembang dari sebelumnya dalam bentuk fisik berupa kertas kini anda bisa membuatnya secara online. Sama halnya dengan CV konvensional, ketika membuat CV online ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar semakin terlihat standout. Sebab tidak hanya menyajikan informasi data diri saja, membuat CV online menjadi menarik wajib memperhatikan tatanan atau layout yang dipilih.

Berikut tips yang dapat anda lakukan.

1/ Susun informasi secara berurutan

Langkah pertama saat anda ingin membuat CV online adalah perhatikan informasi yang akan dicantumkan, terutama yang berhubungan dengan identitas diri ini sangat penting sebagai pijakan awal anda memperkenalkan diri kepada orang lain ataupun kepada HRD dalam sebuah perusahaan.

Untuk bisa menyusun informasi data diri ini maka anda perlu berhati-hati agar tidak terlalu membingungkan pihak-pihak HRD. Buat informasi secara berurutan dan nyaman dibaca dengan urutan sebagai berikut : data atau identitas diri bisa berisikan nama lengkap, alamat, nomer telepon dan data diri lainnya. Selanjutnya adalah memasukkan latar belakang pendidikan dan jurusan hingga IPK. Mengenai informasi pribadi, anda bisa gambarkan tentang diri anda secara singkat. Jangan lupa untuk memasukkan pengalaman kerja yang sudah dijalani. Sebab ini akan menambah nilai lebih saat anda melamar pekerjaan dan memasukkannya ke dalam CV.

2/ Tonjolkan kemampuan dan soft skill

Di sini anda diwajibkan untuk mencantumkan kemampuan apa yang dimiliki saat mulai membuat CV online. Sebab, saat ini pekerjaan tak hanya dilihat dari nilai jenjang pendidikan semata, lebih dari itu, HRD perusahaan akan mempertimbangkan kemampuan yang dimiliki oleh kandidat pelamar.

3/ Usahakan membuat CV yang singkat dan padat

Usahakan membuat CV online dengan singkat dan padat. Dimana sebagian besar perusahaan khususnya divisi HRD akan menyukai seorang kandidat pelamar yang mendeskripsikan diri secara singkat dan padat. Cv yang panjang dan bertele-tele akan membuat pihak HRD merasa enggan untuk membaca CV digital anda.

Hindarilah menggunakan bahasa yang tidak formal atau terlalu membosankan. Di sinilah keterampilan anda dibutuhkan. Jika ingin mendeskripsikan diri, gunakan bahasa yang bergaya story telling. HRD mungkin akan menjadi lebih nyaman untuk membaca isi keseluruhan CV online anda dan mempertimbangkan anda sebagai kandidat pelamar terbaik.

CV online yang singkat dan padat juga mencerminkan kinerja seseorang. Artinya, anda akan dipertimbangkan oleh HRD sebagai kandidat yang tidak suka berlama-lama atau menunda dalam menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

4/ Cantumkan media sosial dan blog pribadi

Poin keempat dalam membuat CV online yang standar adalah sebaiknya anda mencantumkan media sosial pribadi yang dimiliki. Tentu saja ini akan memudahkan pihak HRD melacak identitas diri anda. Oleh karenanya, buatlah media sosial dengan konten-konten positif, inspiratif dan tidak menjatuhkan orang lain atau menyebarkan kebencian.Blog pribadi sebagai portfolio atau CV digital anda bisa membantu ketika anda melamar pekerjaan dalam dunia kreatif sebagai seorang content writer. Maka tidak ada salahnya jika anda mulai mempertimbangkan untuk mempelajari cara membuat website.

Saat ini ada banyak sekali tenaga-tenaga profesional yang menggunakan LinkedIn untuk saling terhubung dengan perusahaan-perusahaan yang akan diincar. Bahkan tak sedikit yang membagikan konten mereka di LinkedIn. Sama halnya dengan media sosial ataupun blog, anda juga perlu membuat tampilan dan isi dari LinkedIn pribadi anda menjadi semenarik mungkin. Hal ini akan semakin membuat annda nampak profesional dan menunjukkan keseriusan dalam meniti karir di masa mendatang.

5/ Gunakan simbol dan warna menarik

Di samping berisikan informasi yang singkat dan padat, cara membuat CV yang menarik lainnya adalah penggunaan simbol dan warna. Terutama ketika anda memilih font huruf yang sesuai agar makin terlihat menarik di layar. Hindari memakai font Times New Roman karena jenis huruf ini sangatlah basic. Jangan menggunakan font yang terlalu ramai dengan beragam jenis font berbeda dalam satu CV. Carilah bentuk font yang sederhana dan rapi guna menunjukkan kredibilitas dan profesionalitas anda. 

Dalam hal pemilihan warna, pilih warna-warna yang mudah terlihat namun tidak menimbulkan kesan terlalu ramai. Warna yang menarik tak selalu berarti warna terang dan ramai, anda bisa mengkombinasikan dua hingga tiga warna favorit yang bisa mewakili kepribadian anda. Supaya semakin memudahkan CV digital anda menarik bagi HRD sebuah perusahaan, tidak ada salahnya anda memberikan informasi dalam bentuk infografis. Selain lebih mudah, cara seperti ini juga membuat CV dilirik karena keunikannya dalam hal menyampaikan informasi.

6/ Kenali website untuk membuat CV online

Berdiskusi tentang bagaimana cara membuat CV online, rasanya kurang lengkap apabila tidak membicarakan situs yang mendukung pembuatan CV online anda. Ada beberapa website yang kami rekomendasikan yang bisa anda jadikan referensi antara lain sebagai berikut : Canva, Visual CV, Resume.com, Resume.io, Novoresume dan Kickresume.

7/ Selalu perbarui tampilan CV online anda

Setelah selesai membuat CV online yang standar, langkah terakhir adalah sebaiknya jangan tinggalkan begitu saja. Anda perlu memperbarui CV online sesering mungkin. Setiap saat bisa saja ada fitur lainnya yang muncul. Di sini anda bisa memanfaatkan pembaruan ini guna merevisi tampilan CV online yang sudah dibuat sebelumnya, sesederhana mengganti template ke versi yang lebih menarik.

Hal serupa berlaku untuk foto yang anda gunakan, pilihlah foto yang up to date dan sopan. Beberapa perusahaan pada umumnya menginginkan foto dalam gaya formal. Namun, tak sedikit pula perusahaan yang mensyaratkan foto unik dan menarik. Maka dari itu, anda bisa bergaya semenarik mungkin guna memperoleh foto terbagus bagi CV online anda. Perlu diingat, fot yang anda gunakan akan termasuk ke dalam penilaian HRD ketika mempertimbangkan untuk merekrut anda.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Tips Membuat CV Online Agar Lebih Standout’ yang dirangkum dari beberapa sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

 

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel