Gunakan Analisa Peluang Usaha Ini Agar Tidak Rugi

16 Aug 2021 11:00 1009 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Gunakan analisa peluang usaha ini agar tidak rugi terhadap perusahaan anda.

 

 

Analisa terhadap peluang usaha adalah salah satu cara yang disusun oleh calon wirausahawan untuk menentukan apa saja yang hendak dilakukan di dalam persaingan bisnis. Yang menjadi permasalahn utama dalam hal ini adalah menetapkan bidang usaha apa yang akan dibangun oleh para wirausahawan, khususnya bagi mereka yang baru saja terjun ke dunia wirausaha. Mereka mengalami kendala ketika menentukan nilai-nilai yang terselip dalam produk, merasa tidak yakin untuk mampu bersaing dengan produk-produk serupa dan bahkan meragukan produknya sendiri. Inilah yang dimaksudkan betapa pentingnya melakukan analisis peluang usaha dalam menyusun rencana saat hendak membangun usaha yang pertama kali ataupun menciptakan ide-ide bisnis yang baru yaitu untuk memuluskan perjalanan bisnis anda dan menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan kerugian di dalam bisnis anda.

Analisa peluang usaha berfungsi untuk menggali daya minat masyarakat terhadap sebuah produk / jasa, menetapkan cara yang bisa digunakan untuk melakukan promosi serta menentukan kelayakan usaha tersebut untuk dikembangkan dan dibangun.

SWOT, Metode Analisa Peluang Usaha Yang Sederhana

Salah satu cara untuk melakukan analisa peluang usaha adalah dengan mengaplikasikan metode analisa peluang usaha SWOT. Dimana metode analisa peluang usaha ini cukup dikenal oleh pengusaha dan mudah dalam menjalankan. Analisa peluang usaha SWOT merupakan singkatan dari strength (kekuatan), weakness (kekurangan), opportunity (kesempatan) dan threat (ancaman).

Strength dan weakness merupakan salah satu faktor yang asalnya dari dalam perusahaan, sedangkan opportynity dan threat merupakan faktor yang timbul dari luar perusahaan yang tentunya sangat sulit untuk dikontrol. Meskipun demikian, opportunity dan threat bisa diprediksi dan ditelaah apabila benar-benar menjalankan analisa peluang usaha secara mendalam.

Dengan memakai metode analisa peluang usaha SWOT, diharapkan anda bisa mendapatkan jawaban dari empat sisi yang berlainan namun saling berhubungan seperti apa yang akan anda lakukan agar strength berhasil meraup keuntungan dari opportunity, cara apa yang digunakan untuk menuntaskan weakness yang bisa menutupi pintu keuntungan dan bahkan membuat threat menjadi muncul atau menghadirkan threat yang baru, serta upaya apa yang dilakukan agar strength bisa melawan threat yang timbul.

Kekuatan / Strength

Menciptakan sebuah produk atau jasa yang sama dengan pesaing merupakan hal yang lumrah dilakukan di dunia bisnis. Ada beberapa nilai yang dimiliki terhadap suatu produk yang membuatnya menjadi berbeda-beda. Anda wajib mengetahui kekuatan atau kelebihan apa yang anda miliki untuk memikat hati konsumen atau bahkan menciptakan kekuatan baru yang tidak dimiliki oleh kompetitor. Hal inilah yang digolongkan sebagai poin analisa peluang usaha strength. Jika anda mampu mengoptimalkan poin analisa peluang usaha ini maka anda bisa menjaring sebanyak-banayknya pelanggan.

Sebagai contoh, jika anda hendak membuka bisnis laundry, anda bisa membuat pernyataan bahwa wangi pada pakaian yang anda cuci mampu bertahan lama, pelayanan yang ramah, dan proses penyucian yang cepat dan bersih. Di samping itu, anda juga bisa menciptakan kekuatan yang baru, seperti menginformasikan kepada para pengguna jasa bahwa pakaiannya sudah selesai dicuci atau bisa secara langsung mengantar pakaian yang sudah selesai ke rumah masing-masing pengguna jasa.

Kekurangan / Weakness

Tidak ada salahnya untuk secara berkesinambungan menggali kekurangan yang anda miliki sebelum membangun sebuah usaha / mengembangkan bisnis baru. Hal ini akan memberikan manfaat untuk mencari jalan keluar dari masing-masing kekurangan yang anda miliki saat sedang menyusun analisa peluang usaha. Apabila anda mengabaikannya maka seiring waktu berlalu, kekurangan tersebut akan seperti bom waktu yang bisa meledak kapan saja. Akibatnya adalah kerugian akan menimpa anda.

Apa saja kekurangan yang mungkin anda miliki ? Kekurangan tersebut bisa dari dalam diri anda maupun dari luar. Misalnya adalah jika anda kurang bisa memahami binsis yang hendak anda rintis atau anda tidak mempunyai modal yang cukup. Dua contoh tersebut merupakan kekurangan yang berasal dari dalam. Sedangkan contoh kekurangan yang asalnya dari luar adalah kurang strategisnya lokasi toko yang mungkin terlanjur anda sewa.

Setelah mengetahui kekurangan-kekurangan tersebut, anda harus menemukan cara untuk mengatasinya. Misalnya anda bisa belajar lebih banyak lagi tentang seluk-beluk bisnis yang ingin dibangun dan melakukan kerjasama dengan pengusaha yang berpengalaman.

Peluang / Opportunity

Kemajuan dan kesuksesan bisnis tidak terlepas dari peluang yang ada di sekitar anda. Poin analisa peluang usaha ini meminta anda untuk mengkombinasikan peluang dengan kelebihan-kelebihan yang anda miliki. Dengan demikian, anda harus pandai mencari dan menemukan peluang. Anda dapat memanfaatkan peluang atau menciptakan peluang dari memikirkan apa yang menjadi kebutuhan orang. Contohnya adalah di dekat kompleks sekolah atau universitas, anda kesulitan menemukan fotocopy. Nah anda bisa menciptakan peluang usaha di sana dengan mendirikan bisnis fotocopy. Fotocopy pastinya dibutuhkan oleh para guru maupun siswa/wi baik untuk menyalin lembaran kertas maupun membeli peralatan belajar, sebagai objek tambahan. Contoh yang lainnya adalah ada banyak orang yang tidak mempunyai keahlian untuk membuat CV, sedangkan CV merupakan salah satu aspek yang paling penting digunakan ketika melamar pekerjaan. Anda bisa memanfaatkan hal tersebut dengan membuka bisnis pembuatan CV yang menarik dan disesuaikan dengan keinginan si pengguna jasa.

Ancaman / Threat

Hambatan yang bisa menyerang bisnis anda sewaktu-waktu dikategorikan sebagai poin analisa peluang usaha terakhir yaitu ancaman (threat). Hambatan bisa berupa adanya pesaing-pesaing baru yang letaknya tidak jauh dari lokasi usaha anda dan memiliki produk sama seperti yang sedang anda jalani. Oleh karena itu, anda harus mengoptimalkan kekuatan usaha yang sedang anda kelola agar para pelanggan tidak berpaling dari bisnis anda.

Di samping itu, cepat dan pesatnya kemajuan teknologi yang sukar dikejar, strategi pesaing yang berubah-ubah, trend yang sudah habis masa waktunya, dan bencana alam adalah masuk ke dalam kategori ini.

Membangun bisnis memang bukan suatu hal yang mudah dilakukan, namun bukan berarti tidak dapat dikerjakan, asalkan ada perhitungan dan pertimbangan yang kompleks saat membuat analisa peluang usaha sebelum membangun bisnis maka diharapkan ada banyak faktor yang mempengaruhi kemajuan bisnis, salah satunya adalah dengan modal usaha. Kekurangan modal usaha bisa anda masukkan ke dalam daftar weakness di dalam analisa peluang usaha SWOT yang sedang direncanakan. Memaksa untuk membangun bisnis dengan modal yang tidak mencukupi bisa menjadi boomerang terhadap diri sendiri. Kurangnya modal dapat menyebabkan bisnis berjalan dengan kurang optimal sehingga bisa mengancam kualitas produk maupun kenyamanan pelayanan. Alih-alih akan meraih kesuksesan, anda malah menghadapi kegagalan.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Gunakan Analisa Peluang Usaha Ini Agar Tidak Rugi’ yang dirangkum dari beberapa sumber berita. Semoga berguna bagi para pembaca.

 

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel