Contoh Peluang Usaha di Desa Yang Bisa Diikuti

14 Aug 2021 12:40 1273 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Contoh peluang usaha di desa yang bisa and contoh untuk dikembangkan.

Banyaknya warga masyarakat yang melakukan perpindahan dari desa ke kota (urbanisasi) menyebabkan area perkotaan menjadi semakin hiruk-pikuk. Akibatnya adalah ada banyak orang yang tertarik menggerus lahan miliknya untuk dibangun menjadi tempat tinggal seperti kos-kosan, kompleks perumahan dan apartemen. Selain itu, banyaknya lapangan pekerjaan menjadi tidak sebanding dengan jumlah masyarakat yang memenuhi kota. 

Salah satu faktor yang mendorong terjadinya urbanisasi adalah adanya persepsi tentang peluang bisnis di kota-kota besar lebih menjanjikan dibandingkan di desa. Padahal ada banyak peluang usaha di desa yang bisa dirintis dan mampu meraup keuntungan yang tidak kalah besar dengan peluang usaha di kota.

Berikut ini adalah beberapa contoh peluang usaha di desa yang bisa anda coba.

1/ Membuka usaha peternakan

Peternakan adalah salah satu peluang usaha di desa yang hampir tidak mungkin bisa dilakukan di kota. Mengapa demikian ? Alasannya adalah usaha peternakan membutuhkan lahan yang cukup luas, apalagi jika hewan yang diternak merupakan hewan-hewan yang mempunyai ukuran besar seperti sapi, kambing, dan kerbau. Dimana semakin sempitnya lahan di perkotaan akan membuat peluang usaha di desa seperti peternakan menjadi suatu hal yang mustahil untuk dilakukan. Terlebih lagi harga tanah di kota semakin melonjak di setiap tahunnya, tidak seperti di desa yang harga tanahnya masih bisa dijangkau.

Membuka bisnis peternakan adalah sebuah peluang usaha di desa yang menjanjikan karena hasil ternak dibutuhkan oleh masyarakat luas, baik yang di desa maupun yang berada di kota. Hewan-hewan ternak seperti ayam, sapi, dan kambing memiliki daging yang dapat dimanfaatkan sebagai lauk yaitu teman makan nasi sehari-hari. Selain itu, ayam juga menghasilkan telur yang bisa dijual. Sedangkan sapi menghasilkan susu yang bisa dikonsumsi oleh manusia atau diolah menjadi produk lainnya seperti keju, mentega dan yogurt.

2/ Membuka usaha perkebunan

Peluang usaha di desa yang kedua adalah membuka area perkebunan, dimana usaha ini harus memiliki sistem pengairan yang bagus supaya pohon-pohon yang ditanam bisa menghasilkan buah banyak yang manis ketika tiba musim panen. Selain kurangnya lahan, daerah perkotaan mempunyai permasalahan pada sistem drainasenya karena banyak ada bangunan gedung perkantoran dan perumahan di kota-kota besar yang menyebabkan sistem drainase menjadi rumit. Tentu saja hal ini menyebabkan usaha perkebunan sulit didirikan di daerah perkotaan sehingga lebih pas dilakukan di desa-desa yang bisa memiliki sistem drainase yang lebih baik. 

Hasil perkebunan yang sukses merupakan salah satu kebutuhan primer bagi warga masyarakat di desa dan di kota. Contohnya adalah hasil dari perkebunan sayur-mayur yang akan dijadikan sebagai lauk setiap hari. Ada juga perkebunan yang menghasilkan bahan rempah-rempah untuk bumbu masakan seperti perkebunan bawang, cabe, dan jahe. Oleh karena itu, bisnis perkebunan bisa dijadikan sebagai salah satu peluang usaha di desa dengan potensi meraup keuntungan yang besar.

3/ Membuka usaha perikanan

Salah satu peluang usaha di desa yang cenderung sulit dijalankan di kota-kota besar adalah perikanan. Membudidayakan ikan memerlukan udara yang segar dan air yang jernih. Tanpa dua hal tersebut, ikan yang sedang dikembangbiakkan tidak akan mempunyai kualitas tumbuh dan kembang yang sempurna. Membuka tambak ikan di kota cenderung mempunyai resiko kerugian karena udaranya tercemar polusi dan airnya tercemar oleh limbah.

Tambak ikan merupakan peluang usaha di desa yang dapat dipertimbangkan untuk mendatangkan keuntungan. Ikan menjadi salah satu komoditas yang banyak diincar oleh berbagai kalangan dimana ikan-ikan ini nantinya akan dikonsumsi seperti ikan tuna, ikan gurame, atau ikan mas banyak diburu oleh warung-warung makan dan restoran yang khusus menyajikan makanan laut. Di samping itu ada juga budidaya ikan hias yang bisa dijadikan sebagai peluang usaha di desa.

4/ Membuka usaha toko sembako

Peluang usaha di desa yang keempat tak kalah menariknya untuk ditekuni dengan tersebut di atas adalah membuka toko sembako. Pada dasarnya bahan-bahan pokok seperti gula, minyak, beras, kopi, dan garam merupakan kebutuhan krusial yang diperlukan oleh warga masyarakat guna menjalani kehidupan sehari-hari. Masyarakat perkotaan lebih percaya agen-agen sembako dan supermarket sebagai tempat untuk membeli bahan-bahan pokok sedangkan warga di desa lebih cenderung membeli bahan-bahan pokok di toko-toko sembako karena jauhnya akses ke supermarket ataupun agen sembako.

Dengan mendirikan toko-toko sembako di pedesaan merupakan keputusan bisnis yang sangat menguntungkan karena tidak ada persaingan dari supermarket dan agen sembako. Terlebih lagi apabila anda mempunyai distributor sembako dengan harga yang miring, maka anda akan mempunyai kesempatan untuk menurunkan harga barang yang dijual sehingga toko sembako yang anda buka di desa akan kebanjiran pelanggan.

5/ Membuka konten pulsa

Pulsa telah menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang di era digital ini. Pulsa berfungsi untuk menelepon, mengirimkan pesan, dan membeli kuota internet untuk gawai. Untuk pemenuhan kebutuhan pulsanya, masyarakat perkotaan cenderung menggunakan pelayanan yang disediakan oleh e-commerce. Di sisi lain, masyarakat desa akan lebih nyaman membeli pulsa di konter-konter pulsa. Ini bisa terjadi karena kepraktisan pengisian pulsa di konter pulsa serta kurangnya pemahaman tentang pembelian pulsa melalui e-commerce tersebut. Dengan demikian, membuka usaha konter bisa dijadikan sebagai peluang usaha di desa.

Dengan membuka usaha konter pulsa di desa diharapkan dapat menghasilkankeuntungan yang cukup besar meskipun pada awalnya hanya dibekali dengan modal kecil saja. Juga, bidang ini tidak membutuhkan keahlian khusus dan karyawan tambahan untuk menjalankan usaha. Cukup sediakan satu buah telepon genggam dan saldo deposit pulsa, anda sudah bisa menjalankan peluang usaha di desa. Anda juga bisa menghasilkan pundi-pundi tambahan dengan menjual aksesoris telepon genggam seperti charger, softcase/hardcase, serta anti gores dan kartu perdana.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Contoh Peluang Usaha Di Desa Yang Bisa Diikuti’ yang kami rangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

 

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel