Bangun Relasi dengan 5 Orang Ini demi Raih Kesuksesan

13 Aug 2021 15:40 874 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Bangun relasi dengan 5 orang ini untuk meraih sebuah kesuksesan.

 

 

 

Agar anda bisa berhasil di dunia kerja, anda tidak bisa berjalan sendiri. Anda harus berusaha membangun sejumlah relationship penting dengan orang-orang yang memegang peran tertentu yang nantinya akan memberikan dampak yang signifikan terhadap kehidupan karir anda. Orang-orang tersebut bisa membuka jalur menuju promosi, membuat karya anda menjadi terlihat, dan diharapkan bisa memperluas zona nyaman anda.

Mengutip laman Harvard Business Review, inilah 5 orang yang perlu anda hubungi dan miliki untuk meraih kesuksesan, silahkan menyimaknya :

1/ Mentor

Hampir sebagian besar orang paling sukses di dunia memiliki mentor. Sebut saja COO Facebook Sheryl Sandberg yang dimentori oleh Menteri Keuangan Larry Summers, Oprah Winfrey yang dimentori pujangga Maya Angelou dan Quincy Jones yang dimentori Ray Charles. Ketika ada orang lebih berpengalaman yang mengajari anda, berarti ia akan mentransfer ilmunya kepada anda.

Mentor adalah orang di dalam atau di luar perusahaan yang dapat anda ajak berdiskusi atau berbicara dari hati ke hati terutama saat anda sedang mencarai untuk menemukan arahan dalam kehidupan karier. Contohnya adalah cara menyampaikan opini dalam diskusi yang sulit, cara-cara menerima feedback dan mendapatkan motivasi ketika kehidupan karier sedang berat-beratnya. Mereka memang orang yang bisa diandalkan, bijak, dan jujur. Mentor yang hebat seringkali adalah seorang pemimpin yang hebat pula.

2/ Sponsor

Apabila mentor memegang peranan untuk memberikan saran dan perspektif, maka sponsor di sini bertugas untuk mengadvokasi karier anda. Sering kali seorang sponsor bisa membuka kesempatan bagi anda untuk bisa menapaki karier. Managing Director Morgan Stanley dan Carla Haris di salah satu video TED Talknya menegaskan bahwa anda tidak bisa menapaki tangga karier di organisasi apa pun tanpa kehadiran seorang sponsor.

Untuk mendapatkan sponsor, anda membutuhkan untuk mulai menunjukkan kepada orang-orang penting di dalam perusahaan anda layak diberi peluang untuk maju. Artinya adalah anda perlu memastikan bahwa hasil kerja anda terlihat. Kalau performa anda cemerlang maka tak perlu susah payah mencari maka sang sponsor sendiri yang akan mendatangi anda.

3/ Rekan kerja

Salah satu hal terpenting yang dapat anda pelajari dalam dunia bisnis ataupun kehidupan di kantor adalah partnership diantara rekan kerja dalam satu atap. Contoh yang bisa dipakai sebagai panutan adalah partnership diantara para wanita dalam pemerintahan Barack Obama. Mereka menggunakan strategi amplifikasi guna saling dukung dan memastikan suara rekan kerja mereka terdengar. Saat seorang wanita menyampaikan poin-poin penting di dalam rapat, wanita-wanita lain akan mengulang poin tersebut dengan tetap menyebutkan dari siapa ide tersebut berasal.
 
Partnership berarti relasi yang saling menguntungkan. Rekan kerja adalah sekutu yang berperan memperluas perspektif anda, berkolaborasi guna mengatasi masalah dan membantu anda mengembangkan jejaring. Seorang rekan kerja belum tentu teman dekat anda di kantor. Karena, seorang teman belum tentu menjadi partner kerja yang asyik. Carilah seseorang yang kemampuannya bisa melengkapi skill anda. Misalnya jika anda tak suka public speaking maka temukan partner yang senang mempresentasikan sesuatu di depan banyak orang.

4/ Kompetitor

Persaingan di dunia bisnis tak bisa dihindari. Steve Jobs bersaing dengan Bill Gates, Jeff Bezoz bersaing dengan Elon Musk. Namun dibalik persaingan yang sempurna tersebut ada berita baiknya, kompetisi justru menetaskan inovasi. Kompetisi bisa sehat, kalau anda fokus pada hasil win-win, jika dimanfaatkan dengan benar maka kompetisi bisa mendorong motivasi untuk meningkatkan keterampilan dan menghasilkan ide-ide cemerlang.

Kompetitor bisa juga menjadi partner kerja anda. Bayangkan saja jika anda dan competitor dalam satu tim muncul dengan dua gagasan brilian guna mengerjakan suatu projek. Bukannya mengalahkan, anda berdua bisa berkolaborasi, menyatukan ide-ide sehingga menghasilkan gagasan yang jauh lebih efektif.

5/ Mentee

Pemenang hadiah Nobel di bidang Fisika, Richard Feynman menjelaskan bahwa jika anda ingin menguasai suatu hal, ajarkan hal tersebut kepada orang lain. Sadar atau tidak, sebenarnya anda berkesempatan menjadi guru bagi orang lain, bahkan untuk sesuatu yang sangat sederhana. Misalnya mengajari teman baru cara input data atau cara menggunakan teknologi milik perusahaan.
 
Di dalam dunia kerja, mempunyai mentee akan membuka kesempatan bagi anda untuk menjadi guru. Anda akan belajar lebih banyak ketika anda lebih sering mengajar atau saat anda sedang berhadapan di depan kelas dengan murid-murid anda. Sama halnya dengan menjadi mentor yang juga bisa membantu meningkatkan soft skill yang seharusnya dimiliki oleh seorang pemimpin yaitu kemampuan komunikasi yang bagus, kreativitas, dan empati. Perusahaan akan selalu mencari seorang pemimpin yang bisa memberikan arahan yang jelas, menyelesaikan masalah dengan cara inovasi serta mempunyai kecerdasan emosi.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel berjudul ‘Bangun Relasi Dengan 5 Orang Ini Demi Raih Kesuksesan’ yang dirangkum dari sebuah sumber berita. Semoga memberikan manfaat bagi para pembaca.

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel