Serba-Serbi Usaha Rumahan dengan Modal Kecil

16 Aug 2021 09:55 1671 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Serba-serbi usaha rumahan dengan menggunakan modal kecil.

Meskipun sudah ada banyak metode yang bisa digunakan untuk mengembangkan usaha rumahan dengan modal kecil milik sendiri, masih ada banyak orang yang terlalu khawatir untuk keluar dari zona nyaman mereka sebagai seorang karyawan sehingga tetap memilih menjadi seorang karyawan dalam sebuah perusahaan. Padahal dengan anda membuka usaha rumahan modal kecil, anda akan membuka pintu wiraswasta dengan disertai adanya potensi profitabilitas yang tidak bisa diraih ketika menjadi seorang karyawan. Mereka juga akan memperoleh fleksibilitas guna mengatur pemasukan dan pengeluaran sendiri, dimana diharapkan uang yang terkumpul akan menjadi jauh lebih besar serta memiliki hak untuk menyusun jam masuk dan pulang kerja dengan sendiri. Alasan inilah yang semestinya disadari sejak dini dan dapat memacu anda untuk bersedia membuka bisnis dari rumah sendiri.

Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil

Ada beberapa contoh usaha rumahan dengan modal kecil yang dapat anda tiru dan modifikasi agar tampak berbeda dari usaha rumahan modal kecil lainnya.

1/ Membuka warung

Cobalah untuk perhatikan di sekeliling rumah anda, apakah sudah ada usaha rumahan modal kecil dengan membuka warung ? Bila tidak ada, maka inilah kesempatan anda. Warung adalah salah satu usaha yang pastinya sangat dibutuhkan oleh banyak orang meskipun dilakukan tanpa adanya promosi. Walaupun tidak selengkap pasar swalayan, warung tetap diandalkan untuk transaksi membeli bahan-bahan pokok seperti telur, beras, gas, garam, dan minyak dalam skala kecil. Perhatikan lokasi yang berada di lingkungan sekitar rumah, warung menjadi salah satu tempat berbelanja yang lebih dekat untuk dikunjungi dibandingkan menemukan sebuah pasar sawalayan. Apabila anda berminat untuk membuka warung, maka hal yang terlebih dahulu dilakukan adalah pastikan apakah rumah anda merupakan kawasan yang cukup ramai dilewati oleh banyak orang atau tidak. Jika tidak maka usaha anda akan sepi pembeli.

2/ Membuka jasa desain grafis

Usaha rumahan modal kecil yang satu ini tidak menjual barang melainkan menawarkan jasa. Logo, spanduk, banner, kartu nama dan baliho merupakan benda-benda yang membutuhkan desain grafis. Sediakan komputer yang memadai beserta dengan software terbagus guna mendesain produk. Anda bisa menawarkan jasa dengan mempromosikannya melalui media sosial untuk menunjukkan karya-karya anda. Jangan lupa memberikan watermark agar karya anda tidak dicuri oleh orang lain.

3/ Kerajinan tangan

Beragam tas dari rotan, gantungan dari kain flanel dan bunga-bunga dari plastik / kertas merupakan sedikit contoh dari barang-barang yang dapat dibuat dengan menggunakan tangan. Pada umumnya barang-barang hasil dari kerajinan tangan ini menyimpan nilai seni yang cukup tinggi karena semua orang yang melihatnya diharapkan mampu membuatnya dan menjaga lebih awet. Untuk membuat usaha rumahan modal kecil seperti yang disebutkan tersebut, bahan-bahan yang dibutuhkan tergantung pada barang apa yang anda buat. Benda penunjang pun sangat mudah disediakan seperti jarum, gunting, benang, lem dan manik-manik. Anda harus mempunyai ketelitian dan kemampuan yang tinggi serta tidak bosan untuk terus belajar berbagai kerajinan agar anda bisa menjual benda-benda yang baru. Manfaatkan media sosial sebagai salah satu media promosi anda agar usaha rumahan modal kecil ini bisa dikenal lebih luas.

Tips Membuka Usaha Rumahan Modal Kecil

Mendirikan usaha rumahan modal kecil memerlukan keberanian dan kegigihan untuk dapat melangkah maju. Yakinkan diri anda berulang-ulang kali untuk mampu menekuni dunia bisnis dengan membuka usaha kecil-kecilan dari rumah. Untuk mewujudkan bisnis anda, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum membangun usaha rumahan modal kecil.

1/ Mengetahui potensi anda

Kenali terlebih dahulu diri anda dan minat apa yang disukai agar anda mengetahui potensi apa yang anda miliki untuk dijadikan sebagai modal utama dalam mendirikan usaha rumahan modal kecil. Dengan membuka usaha yang tidak anda kuasai maka bisa membebani diri anda karena anda harus belajar dari awal dan hal ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

2/ Lihat peluang di sekitar rumah anda tinggal

Seorang pengusaha yang sukses adalah pengusaha yang jeli dalam melihat peluang yang ada di pasar. Ketahuilah apa yang dibutuhkan di lingkungan rumah anda dan ini bisa dijadikan sebagai pegangan. Misalnya anda mempunyai kemampuan memasak dan hendak membuka usaha rumahan modal kecil seperti berjualan nasi uduk. Tentu saja akan menjadi berhasil diterapkan apabila kebanyakan orang yang tinggal di lingkungan rumah anda merupakan orang-orang yang tidak menyiapkan menu sarapan pagi. Namun hal tersebut tetap bisa dilakukan apabila anda mengubah produk usaha anda seperti berjualan kue, dimana tidak semua kalangan dapat membuatnya. Oleh karena itu, kombinasikan potensi dan peluang di sekitar rumah anda guna mengetahui usaha rumahan modal kecil yang bisa anda dirikan tersebut.

3/ Dapatkan izin buka usaha dari ketua daerah setempat

Masing-masing daerah tempat anda tinggal mempunyai izin usahanya sendiri. Ada beberapa daerah yang mengizinkan, namun ada pula yang tidak. Oleh sebab itu, anda membutuhkan untuk minta izin dari ketua atau pemimpin di daerah anda tinggal sebelum memutuskan membangun usaha yang memerlukan sebagian lahan dari rumah anda seperti laundry, rumah makan dan pencucian motor atau mobil.

4/ Hitung anggaran yang dikeluarkan

Mendirikan usaha pastilah membutuhkan modal, baik itu usaha dalam skala besar maupun usaha rumahan modal kecil. Ketahuilah dana yang akan anda butuhkan melalui cara mencatat barang-barang yang anda butuhkan sebagai pondasi awal usaha anda dan perkirakan harga dari masing-masing benda. Selanjutnya ketahui besar dana usaha anda, periksa tabungan anda apakah mencukupi untuk mendirikan usaha yang anda inginkan. Jika kurang atau bahkan tidak ada modal sama sekali, anda bisa mengajukan aplikasi KTA / kredit tanpa agunan melalui bank-bank pilihan. Dengan hadirnya fasilitas pinjaman tanpa jaminan yang aksesnya cepat dan melalui proses mudah ini maka anda tidak perlu lagi merasa khawatir untuk mendirikan usaha meskipun tanpa modal.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel yang berjudul ‘Serba-Serbi Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil’ yang kami rangkum dari berbagai sumber berita. Semoga memberikan manfaat bagi para pembaca.

 

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel