Manfaat Buah Tomat dan Buah Lainnya Ini untuk Kekebalan Tubuh

16 Aug 2021 13:15 1131 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Manfaat buah tomat dan buah-buhan lainnya untuk kekebalan tubuh.

Gaya hidup yang sehat bisa dijadikan sebagai kunci dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain memilih untuk tidak merokok, menghindari minuman beralkohol, cukup tidur, dan olahraga dengan rutin, rupanya anda disarankan juga untuk mengkonsumsi buah-buahan segar dan sayur-mayur dalam jumlah yang seimbang. Buah tomat dan yang lainnya misalnya menyimpan banyak kelebihan yang akan menjadikan imunitas tubuh menjadi lebih kuat.

Berikut adalah penjabarannya.

1/ Manfaat buah tomat

Manfaat buah tomat terbesar adalah mampu memasok sekitar 40 persen kebutuhan vitamin C untuk tubuh anda setiap hari. Tidak hanya itu saja, buah tomat juga kaya akan kandungan vitamin A yang bisa membantu memperkuat kekebalan tubuh, menyehatkan mata, dan menjaga kesehatan kulit.

Rasa asam-asam manis yang sangat fleksibel ini digunakan dalam berbagai masakan lokal maupun internasional tak terkecuali dalam minuman atau hidangan penutup. Nah untuk melengkapi hidangan akhir pekan bersama dengan keluarga yang sehat maka jangan lupa memberikan semangkok sop tomat daging asap yang lezat.

2/ Buah kiwi

Jikalau anda berpikir bahwa jeruk adalah penghasil vitamin C tertinggi, ini berarti bahwa anda belum berkenalan dengan buah yang satu ini. Bayangkan saja secangkir berisikan potongan kiwi mempunyai 273 persen kadar vitamin C dari yang anda butuhkan untuk kebugaran tubuh yang dapat dikonsumsi setiap hari.

Sebuah studi yaitu Canadian Journal of Physiology and Pharmacology menjelaskan bahwa kiwi sangatlah bernutrisi dan bisa menjadi kontributor besar terhadap sistem imunitas tubuh. Dari studi yang sama dapat disimpulkan bahwa buah kiwi dapat membantu mencegah atau mengurangi efek dari penyakit flu dan sejenisnya.

3/ Buah pepaya

Buah yang satu ini sangat mudah ditemukan dimana-mana dengan harga yang murah dan menyimpan sejuta manfaat. Salah satunya adalah memperlancar pencernaan. Buah pepaya juga banyak mengandung vitamin C hingga tingkat 224 persen dari sekian banyak buah untuk konsumsi harian. Di samping itu, pepaya kaya akan kandungan enzim pencernaan anti-inflamasi yang dikenal dengan nama enzim papain, potasium, vitamin B dan folat.

4/ Buah jeruk

Sudah lama buah yang satu ini dikenal sebagai salah satu buah segar yang kaya akan kandungan vitamin C. Sebutir buah jeruk bisa menyediakan sekitar 130 persen kebutuhan akan vitamin C dalam sehari. Belum lagi bila ditambahkan dengan nutrisi lainnya seperti vitamin A, B6, kalsium, thiamin, riboflavin, niacin, fosfor, magnesium, mangan, selenium, dan tembaga. Kelengkapan inilah yang menjadikan jeruk memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Konsumsilah buah jeruk secara rutin setiap hari dimana buah ini bisa dinikmati secara langsung atau mengolahnya menjadi sajian menarik lainnya yang bergizi untuk menjaga kebugaran tubuh anda.

5/ Buah strawberry

Terlepas dari alasan komersial, ketersediaan buah strawberry dan sejenisnya memang erat hubungannya dengan nutrisi yang dikandungnya. Konsumsi harian buah ini sebagai sumber vitamin C dan antioksidan sangat disarankan oleh Academy of Nutrition and Dietetics, alih-alih hanya pada saat sakit flu terjadi. Komponen polyphenol yang dimilikinya tidak hanya mampu mencegah flu, namun juga bakteri berbahaya seperti salmonella atau staphylococcus dan e. coli.

Pastikan buah yang satu ini tersedia sebagai buah meja atau camilan sehat untuk anak anda. Dimana pada intinya adalah pemanfaatan bahan makanan sehat dan segar yang bisa diolah dengan mengkombinasikan bahan sehat lainnya seperti yogurt atau susu untuk menjadi smoothie dan es loli strawberry.

Semakin banyak tersedianya buah-buahan sehat yang bisa anda konsumsi setiap hari di rumah maka anda sudah bisa menyeimbangkan pemanfaatannya dengan hidangan pendamping lainnya yang tak kalah bernutrisi dan menjadi gaya hidup sehat sebagai sebuah kebiasaan di rumah.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Manfaat Buah Tomat Dan Buah Lainnya Ini Untuk Kekebalan Tubuh’ yang kami rangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel