Tips Menyimpan Roti agar Tahan Lama

6 Aug 2021 09:49 1571 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Tips menyimpan roti agar tahan lama.

Yang dimaksud dengan roti adalah salah satu jenis makanan yang cenderung memiliki fungsi sebagai kudapan di Indonesia, terbuat dari tepung yang difermentasi dengan ragi. Tak mengherankan apabila makanan yang satu ini mempunyai jangka waktu relatif singkat untuk dikonsumsi.

Dimana dewasa ini semakin banyak orang-orang yang menggemari roti sebagai makanan pokok. Hal ini tentu saja disebabkan karena olahan tepung yang dibuat memang praktis untuk disajikan, tidak memakan tempat, dan tidak mudah basi. Namun apabila tidak disimpan dengan cara yang benar maka roti tentu saja akan cenderung berjamur setelah disimpan selama beberapa hari.

Cara-cara untuk menyimpan roti agar awet dan tidak mudah jamuran pun menjadi perhatian. Tidak sulit untuk menerapkan bagaimana cara menyimpan roti agar tahan lama, anda tidak membutuhkan bahan atau peralatan yang bermacam-macam, berbagai peralatan di rumah bisa menjadi solusi tepat.

1/ Simpanlah di dalam freezer

Apabila anda mempunyai freezer, anda bisa menyimpan roti dalam freezer dengan suhu minimal -26 derajat Celcius. Selanjutnya masukkan roti ke dalam plastik yang terseal rapat atau wadah kedap udara. Ini dilakukan agar tekstur air di dalam roti tetap dipertahankan selama diletakkan di freezer yang tidak terlalu banyak ada perubahan suhu. Jika anda melakukan langkah ini dengan benar niscaya roti akan bisa tetap fresh hingga 1 bulan.

2/ Simpanlah roti di dalam kulkas bawah (bukan freezer)

Selain di dalam freezer, anda juga bisa menyimpan roti di dalam kulkas. Sama seperti jika anda menyimpannya di freezer, letakkan terlebih dahulu roti di dalam plastik atau sebuah wadah kedap udara dan simpan dalam lemari pendingin. Udara yang terbatas akan menjaga kadar air dalam roti agar tetap memiliki tekstur yang tidak mudah kering dan keras. Apabila berhasil menyimpan dengan metode ini maka roti anda akan bisa bertahan hingga 7 hari dengan catatan sama seperti anda menyimpan roti di freezer yaitu kulkas anda tidak terlalu sering berubah suhu.

3/ Simpan di suhu ruangan

Kadang-kadang udara yang terlalu dingin akan menyebabkan roti mudah menjadi kering, sedangkan udara lembab dan sinar matahari akan membuat roti menjadi mudah ditumbuhi jamur. Maka dari itu cara terbagus untuk menyimpan roti dalam ruangan adalah dengan menerapkan beberapa cara seperti memasukkan roti ke dalam wadah kedap udara setelah dibungkus rapat dengan memakai plastik atau aluminium foil. Hal ini untuk menghindari pertumbuhan jamur, dimana selama roti anda disimpan di tempat yang sejuk, tidak lembab dan tidak terkena sinar matahari langsung, roti anda bisa bertahan hingga 2 sampai dengan 4 hari tergantung kondisi ruangan.

Bila ingin mengonsumsi kembali maka tinggal mengeluarkan roti dari tempat penyimpanan ke dalam suhu ruangan. Anda bisa memanggang roti dengan durasi maksimal 5 menit guna mengembalikan tekstur crunchy dari roti. Untuk penyimpanan di freezer, setelah dikeluarkan disarnkan roti dithawing terlebih dahulu yaitu sekitar 1 sampai dengan 2 jam di suhu ruangan.

4/ Simpan roti di tempat yang sejuk

Seperti dijelaskan tersebut di atas bahwa roti yang dibiarkan begitu saja di suhu ruang bisa lebih mudah berjamur. Namun ketika disimpan di tempat yang lembab maka jamur akan mudah menempel pada permukaan roti. Jadi solusinya adalah selalu menyimpan roti pada tempat yang sejuk. Bisa di lemari pendingin (setelah dibungkus plastik) sesaat setelah dibeli. 

5/ Kotak roti

Cara menyimpan roti agar awet yang kelima dan tidak jamuran adalah menyimpannya di dalam kotak roti. Dengan menyimpan roti di dalam tempat khusus bisa memperpanjang umur roti, dimana hal ini bisa menjadi solusi penyimpanan roti agar tahan lama. Pastikan kotak roti tidak lembab dan selalu dalam kondisi bersih, barulah simpan roti di dalamnya. Umumnya satu kotak roti bisa menampung dua bungkus roti tawar utuh.

6/ Bungkus roti dengan aluminium foil

Yang terakhir adalah anda bisa membungkus roti dengan memakai kertas aluminium foil. Potong-potong roti utuh mulai dari bagian tengah menuju ke pinggir. Cara ini bermanfaat untuk menghalangi udara yang bisa membuat roti lebih mudah berjamur. Selanjutnya bungkus roti dengan memakai plastik atau aluminium foil agar kualitas roti tetap terjaga. 

Tidak disarankan menggunakan kantong kertas untuk membungkus roti karena bisa mempermudah udara masuk dan membuat roti menjadi mudah keras atau alot.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Tips Menyimpan Roti Agar Tahan Lama’ yang kami rangkum dari beberapa sumber berita. Semoga memberikan manfaat bagi para pembaca.

 

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel