Ragam Bahasa yang Paling Banyak Dipakai di Dunia

9 Aug 2021 18:50 1334 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ragam bahasa yang paling banyak dipakai di dunia.

Bahasa bisa dibilang merupakan sesuatu sebagai anugerah terindah yang diberikan Tuhan kepada umat manusia. Bayangkan apabila di dunia ini tidak ada bahasa atau hanya ada 1 bahasa saja, apakah mungkin para ilmuwan dapat menciptakan penemuan-penemuan penting ? Lalu ada berapa sebenarnya jumlah bahasa di dunia ? Menurut Ethnologue, saat ini ada sekitar 6.912 bahasa yang dituturkan orang-orang di seluruh dunia. Jumlah ini tentu saja masih diragukan keakuratannya karena setiap hari ada saja bahasa baru yang mungkin muncul, sebaliknya ada pula bahasa yang kondisinya hampir punah.

Nah sebagai orang Indonesia, bolehlah sedikit berbangga karena ternyata Bahasa Indonesia termasuk ke dalam 10 besar bahasa yang mempunyai jumlah penutur terbanyak di dunia. Jadi hingga saat ini ada berapa banyak jumlah penutur Bahasa Indonesia ? Jawabannya silahkan ikuti daftar 10 besar bahasa yang terbanyak digunakan di dunia yang dimulai dari urutan sebagai berikut :

1/ Bahasa Perancis

Bahasa yang satu ini sering disebut-sebut sebagai bahasa paling romantic di seluruh dunia dimana selain digunakan di Perancis juga menjadi bahasa resmi di beberapa negara yang pernah dijajahnya. Bahasa Perancis juga adalah salah satu bahasa resmi di Perserikatan Bangsa-Bangsa / PBB selain Bahasa Inggris, Mandarin, Rusia, Spanyol dan Arab.

Jumlah penutur Bahasa Perancis hingga saat ini sekitar 200 juta jiwa, jenis aksara adalah latin, dan negara-negara penutur adalah Perancis, Monaco, Kanada, Swiss, Belgia, Luxemburg, Benin, Buirkina Faso, Burundi, Kamerun, Afrika Tengah, Chad, Komoro, Kongo / Zaire, Pantai Gading, Djibouti, Guinea, Guinea Katulistiwa, Gabon, Guernsey, Madagaskar, Mali, Mauritius, Niger, Rwanda, Senegal, Seychelles, Togo, Haiti, Lebanon, Kaledonia Baru, Vanuatu, Polynesia, Martinique, dan Guadalupe. Untuk menyapa dalam Bahasa Perancis maka ucapkan ‘Bonjour’.

2/ Bahasa Bengali

Negara Bangladesh adalah sebuah negara yang memiliki wilayah geografis terkecil di dunia namun jumlah penduduknya mencapai 162 juta orang. Bahasa resmi Bangladesh adalah Bahasa Bengali dimana karena wilayah Bangladesh hampir seluruhnya berbatasan dengan India maka jumlah penutur Bahasa Bengali meluas hingga ke beberapa wilayah India. Jumlah penutur di seluruh dunia sekitar 230 juta jiwa dengan jenis aksara adalah Bengali dimana negara penutur adalah Bangladesh dan India. Untuk menyapa dalam Bahasa Bengali maka anda tinggal mengatakan ‘Ei Je’.

3/ Bahasa Portugis

Negara Portugal di dunia dikenal sebagai sebuah negara yang memiliki wilayah kecil yaitu bisa dikatakan sebagai salah satu negara miskin di Eropa. Namun memasuki abad ke-15, Portugal merupakan bangsa yang besar karena merekalah yang pertama kali melakukan penjelajahan maritime ke berbagai penjuru dunia. Berkat jasa para penjelajah seperti Vasco da Gama, Henry the Navigator, Afonso de Albuquerque dan Pedro Alvares Cabral, Portugal menguasai wilayah-wilayah penting di Asia, Afrika, dan Amerika Selatan untuk kemudian menanamkan pengaruh kebudayaannya di sana.

Jumlah penutur sekitar 240 juta jiwa, dengan jenis aksara adalah latin, dan negara-negara penutur yaitu Portugal, Brazil, Angola, Cape Verde, Timor Timur, Makau, Guinea-Bissau, Mozambique, dan Sao Tome e Principe. Untuk menyapa dalam Bahasa Portugis maka anda ucapkan saja ‘Bom dia’.

4/ Bahasa Melayu termasuk Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia adalah termasuk ke dalam salah satu rumpun Bahasa Melayu yang berada pada urutan ke-7 dengan jumlah penutur sekitar 259 juta orang. Perhitungan rata-rata ini dikumpulkan dari perkiraan jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2009 mencapai 230 juta jiwa ditambah dengan penduduk Malaysia sekitar 28 juta, penduduk Brunei sebesar 388 ribu serta sebagian kecil penduduk Thailand, Singapura dan Timor Timur. Maka jumlah ini mungkin bisa bertambah karena sejak tahun 2007 Bahasa Indonesia telah ditetapkan sebagai bahasa resmi kedua di Vietnam.

Bahasa Indonesia berhasil menduduki peringkat 3 di Asia dan peringkat ke-26 di dunia dalam hubungannya dengan tata bahasa terumit di dunia. Kini Bahasa Indonesia sudah mendunia bahkan di dunia maya, buktinya Wikipedia berbahasa Indonesia telah berhasil menduduki peringkat ke-26 dari 250 wikipedia berbahasa asing di dunia dan peringkat 3 di Asia setelah Bahasa Jepang dan Bahasa Mandarin, di samping itu Bahasa Indonesia menjadi bahasa ke 3 yang paling banyak dipakai dalam postingan blog di wordpress.

5/ Bahasa Rusia

Mikhail Gorbachev, Vladimir Putin, Roman Abramovich, Anna Kournikova dan Maria Sharapova adalah sederetan nama penutur Bahasa Rusia yang sudah terkenal di berbagai pemberitaan media. Namun selain mereka tentu saja ada 270 juta orang lainnya yang memakai Bahasa Rusia sebagai bahasa resmi. Jumlah penutur hingga saat ini sekitar 278 juta jiwa, jenis aksara adalah Cyrillic, negara-negara pemakai adalah Rusia, Belarusia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Moldova, dan menjadi bahasa resmi PBB. Untuk menyapa dalam Bahasa Rusia, anda cukup dengan mengucapkan ‘Zdravstvuite’.

6/ Bahasa Arab

Bahasa yang satu ini merupakan salah satu bahasa tertua di dunia yaitu bahasa yang biasa dipakai dalam Al Qur’an. Bahasa Arab banyak meminjamkan kosa kata ke sejumlah bahasa-bahasa lainnya di Eropa terutama Bahasa Spanyol, Portugis, dan Sisilia. Bahasa Arab seperti halnya Bahasa Ibrani dan Persia yang mengaplikasikan sistem penulisan aksara dari arah kanan ke kiri. Dimana sejak tahun 1974, Bahasa Arab digunakan sebagai salah satu bahasa resmi di PBB.

Jumlah penutur adalah sekitar 300 juta orang dengan jenis aksara adalah Arab, dan negara-negara penutur yaitu Arab Saudi, Aljazair, Bahrain, Chad, Komoro, Djibouti, Mesir, Eritrea, Irak, Israel, Yordania, Kuwait, Lebanon, Libya, Maroko, Niger, Oman, Palestina, Qatar, Somalia, Sudan, Syria, Tunisia, Uni Emirat Arab, Sahara Barat, Yaman, Mauritania, Senegal, dan Mali. Untuk menyapa dalam Bahasa Arab, anda tinggal mengucapkan ‘Assalammualaikum Wr Wb’.

7/ Bahasa Spanyol

Setelah Portugal berhasil menguasai jalur maritime di Asia, Afrika dan Amerika sekitar abad ke-15, giliran Spanyol yang mendominasi wilayah tersebut sejak abad ke-16 dan ke-17. Akibatnya adalah banyak kebudayaan Spanyol yang melekat kuat di sana. Dimana saat ini Bahasa Spanyol banyak digunakan sebagai bahasa resmi negara-negara di Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Juga mulai banyak dituturkan di beberapa negara bagian Amerika Serikat yang memiliki batasan dengan wilayah Meksiko. Bahkan beberapa kosa kata Bahasa Inggris dipinjam dari Bahasa Spanyol seperti tornado, bonanza, patio, quesadilla, enchilada, dan taco grande supreme.

Jumlah penutur bahasa ini sekitar 400 juta dengan jenis aksara adalah latin dan negara-negara penutur seperti Spanyol, Argentina, Bolivia, Chile, Dominican Republic, Equador, El Salvador, Guinea Katulistiwa, Guatemala, Hinduras, Kolombia, Kosta Rika, Kuba, Mexico, Nikaragua, Panama, Paraguay, Peru, Puerto Rico, Uruguay, dan Venezuela. Untuk menyapa dalam Bahasa Spanyol cukup dengan mengucapkan kata ‘Hola’.

8/ Bahasa Hindi

Sejak jaman dahulu India dikenal sangat unik. Bayangkan saja, negara ini rata-rata memiliki penduduk terbanyak kedua di dunia, film-film Bollywood, Taj Mahal, Raja Asoka yang Agung, Mahatma Gandhi, dan yang lainnya. Namun India tidak mempunyai bahasa nasional resmi. Bahasa Hindi yang dituturkan oleh sebagian besar masyarakat India hanya diakui sebagai bahasa resmi sehari-hari bersama dengan Bahasa Inggris dan bukan sebagai bahasa nasional oleh konstitusinya.

Jumlah penutur sekitar 497 juta dengan jenis aksara adalah devanagari, dimana negara-negara penutur adalah India, AS, Mauritius, Afrika Selatan, Yaman, Uganda, Singapura, Selandia Baru, Jerman, Fiji, Nepal, Suriname, Trinidad & Tobago, Guyana dan Uni Emirat Arab. Untuk menyapa dalam Bahasa Hindi, ucapkan ‘Namaste’.

9/ Bahasa Inggris

Ini adalah salah satu bahasa paling populer di dunia sekaligus sebagai bahasa yang paling banyak diadopsi menjadi bahasa resmi di beberapa negara dan organisasi internasional. Tercatat hampir ada 53 negara dan 10 organisasi internasional yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa resmi mereka. Selain itu, hampir semua negara di dunia ini menerapkan Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua setelah bahasa nasional masing-masing.

Jumlah penutur adalah sekitar 500 juta jiwa dengan jenis aksara adalah latin, dimana kelompok negara penutur diantaranya adalah Inggris Raya, AS, Afrika Selatan, Antigua & Barbuda, Australia, Bahama, Bangladesh, Barbados, Belize, Botswana, Brunei Darussalam, Dominika, Ethiopia, Eritrea, Fiji, Filipina, Gambia, Ghana, Grenada, Guyana, Hong Kong, India, Irlandia, Jamaika, Kamerun, Kanada, Kenya, Kiribati, Lesotho, Liberia, Malawi, Maladewa, Malta, Kepulauan Marshall, Maritius, Micronesia, Namibia, Nauru, Nigeria, Pakistan, Palau, Papua Nugini, Rwanda, Saint Kitts & Nevs, Saint Vincent & Grenada, Samoa, Selandia Baru, Seychelles, Sierra Leone, Singapura, Kepulauan Solomon, Sri Lanka, Swiziland, Tanzania, Tonga, Trinidad & Tobago, Tuvalu, Uganda, Vanuatu, Zambia, Zimbabwe, beberapa organisasi internasional seperti PBB, Uni Eropa, Persemakmuran, CoE, NATO, NAFTA, OAS, OIC, PIF, UKUSA, dll. Untuk menyapa dalam Bahasa Inggris ucapkan ‘Hi’.

10/ Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin adalah merupakan bahasa yang paling banyak dituturkan orang-orang di seluruh dunia. Jumlah penduduk di China / Tiongkok saat ini diperkirakan hampir mencapai 1,4 milyar juta jiwa. Dari jumlah ini semuanya diwajibkan bertutur kata resmi dalam satu bahasa yaitu Bahasa Mandarin sehingga menjadikan bahasa yang satu ini terbanyak dituturkan orang di seluruh dunia. Belum lagi para imigran Tionghoa di berbagai penjuru dunia yang setia memakai Bahasa Mandarin sebagai bahasa sehari-hari.

Kata mandarin dalan Bahasa Indonesia sepertinya diserap dari Bahasa Inggris yang mendeskripsikan Bahasa Cina sebagai Bahasa Mandarin. Namun sebenarnya kata Mandarin ini diserap oleh Bahasa Inggris dari Bahasa Cina. Mandarin secara harfiah berasal dari sebutan orang asing kepada para pembesar dari Dinasti Qing di zaman dulu. Dinasti Qing adalah dinasti yang didirikan oleh Suku Manchu sehingga pembesar-pembesar kekaisaran biasanya disebut dengan istilah Mandaren yang artinya Yang Mulia Manchu. Nah dari sini bahasa ini digunakan oleh para pejabat Manchu yang waktu itu dikenal dengan nama Bahasa Mandaren dimana penulisannya berevolusi menjadi Mandarin hingga saat ini.

Jumlah penutur bahasa ini sekitar 1,5 milyar jiwa dengan jenis aksara adalah berkarakter Cina dimana negara-negara penutur adalah terbesar di Cina dan komunitas keturunan Cina lainnya di seluruh dunia dan dipakai sebagai bahasa resmi PBB. Untuk menyapa dalam Bahasa Mandarin maka anda ucapkan ‘Ni Hao’.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel berjudul ‘Ragam Bahasa Yang Paling banyak Dipakai Di Dunia’ yang dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga menambah ilmu pengetahuan umum bagi para pembaca.

 

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel