Kiat Sukses Membangun Bisnis Online Fashion Brand

1 Aug 2021 11:25 336 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Kiat sukses membangun bisnis online fashion brand yang jitu.

Agar anda bisa sukses dalam melakukan bisnis fashion, penting sekali melakukan persiapan dan cara-cara yang tepat. Dimana dalam memulai bisnis fashion tidak boleh asal-asalan. Lakukan cara yang tepat sedari awal karena salah-salah bisnis anda bisa terhenti di tengah jalan. Tentu saja anda tidak ingin hal ini terjadi pada bisnis anda bukan ? Nah melalui artikel ini, anda akan menemukan cara memulai sebuah bisnis fashion yang tepat. Jadi pastikan anda menyimak masing-masing poin dengan seksama.   

1/ Lakukan riset produk

Yang dimaksud dengan riset produk di sini adalah salah satu langkah awal untuk menentukan produk apa saja yang akan anda jual. Langkah ini sangat penting untuk dilakukan. Anda tak bisa asal memilih saja produk yang ingin dijual melainkan bisa melakukan pilihan terhadap produk hanya dengan asumsi pribadi saja. Yang anda butuhkan adalah data-data sesuai dengan kondisi pasar. Dengan begitu produk yang anda pilih nanti bisa diterima oleh pasar.

Nah berikut ini kami berikan beberapa cara yang dapat anda lakukan guna melakukan riset produk antara lain sebagai berikut :

1.1/ Dengan mengamati tren pasar 

Sangat penting untuk mengetahui tentang tren fashion apa saja yang sedang hits. Dimana ada beberapa cara yang dapat dilakukan guna menganalisa tren fashion.

1.2/ Dengan cek di Google trends

Google trends merupakan salah satu fitur dari aplikasi Google yang memiliki fungsi untuk menganalisa secara tepat dan cepat jumlah pencarian untuk kata kunci tertentu. Anda juga bisa membandingkan beberapa jenis produk untuk melihat yang lebih banyak dicari.

1.3/ Dengan cek tren di media sosial

Di samping mengamati tren di Google, anda juga perlu melihat-lihat tren di media sosial. Di sini anda bisa menemukan berbagai foto atau video produk fashion yang direview oleh beberapa orang atau influencer. Cukup dengan ketik keyword produk fashion yang ingin anda cari lalu tambahkan hashtag (#) di tab pencarian. Bagian top akan memperlihatkan produk keyword yang paling banyak disukai.

1.4/ Dengan melakukan survey ke konsumen

Di samping melakukan pengamatan melalui internet, anda dapat melakukan survey guna mengetahui produk yang sedang dibutuhkan dan disukai oleh konsumen. Buatlah survey secara sederhana agar lebih mudah untuk dikerjakan. Anda bisa memanfaatkan beberapa media sosial guna menyebarkan survey ini dan akan memperoleh lebih banyak responden.  

2/ Kenali target pasar

Sangat penting untuk memulai bisnis dengan mengenali target pasar. Dimana dengan mengetahui target pasar maka anda bisa menciptakan produk yang disukai dan dibutuhkan. Target pasar bisa membantu anda untuk membuat strategi pemasaran produk yang tepat. Namun apakah anda mengetahui apa itu target pasar ? Yang dimaksud dengan target pasar adalah sekumpulan orang-orang yang menjadi target penjualan produk-produk anda. Pada umumnya target pasar akan mempunyai karakteristik yang sama baik dari sisi kebiasaan, demografi dan yang lainnya. 

Lalu bagaimana cara mengenali target pasar bisnis anda ? Berikut di bawah ini adalah cara yang bisa anda lakukan guna mengetahui target pasar anda. 

2.1/ Melalui asumsi anda 

Sesuai dengan judulnya, di sini anda hanya bisa berasumsi kira-kira siapa saja target pasar yang paling startegi ? Misalnya anda menjual produk baju kemeja formal wanita, nah di sini kira-kira siapa yang akan membeli produk anda ? Apakah wanita kantoran atau kelompok guru atau para mahasiswa/wi ?

2.2/ Melihat dari kompetitor anda

Cobalah untuk melihat-lihat produk-produk kompetitor dari anda. Selanjutnya beri analisa kira-kira siapa saja target pembelinya ? Di sini anda juga bisa memperoleh celah untuk selanjutnya menciptakan produk yang lebih unggul dari kompetitor anda.

2.3/ Komunikasi dengan para konsumen

Dengan cara mengenali target pasar akan dapat membantu anda ibarat bisa dilakukan dengan bicara secara langsung dengan para calon pelanggan. Untuk itu, coba minta saran seputar bisnis fashion dari teman-teman terdekat atau kolega anda. Apa saja produk fashion yang sedang mereka butuhkan dan disukai ? Berapa harga yang layak untuk produk tersebut ? Apakah warna tertentu dapat dijadikan pilihan mereka.

2.4/ Membuat buyer menjadi terpesona 

Yang dimaksudkan di sini adalah gambaran target pasar yang akan anda sasar. Anda bisa membuat gambaran dengan melakukan riset dan kumpulan informasi sebelumnya. Diharapkan anda akan bisa mengembangkan produk secara tepat guna di masa depan.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Kiat Sukses Membangun Bisnis Online Fashion Brand’ yang dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga memberikan manfaat bagi para pembaca.

 

About The Author

Utamii 32
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel