Makanan Ala Korea Berbahan Dasar Kentang, Nikmat dan Bikin Ngiler

28 Jul 2021 16:25 1227 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Makanan ala Korea berbahan dasar kentang, nikmat dan bikin ngiler.

Kentang merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang kaya akan kandungan karbohidrat. Kentang sering diolah menjadi makanan pengganti nasi yang rasanya enak. Tak terkecuali oleh masyarakat Korea. Mereka suka mengolah kentang dengan berbagai macam cara. Mulai dari digoreng hingga dikukus dan akan menjadi salah satu makanan olahan yang bercita rasa lezat dan nikmat.

Nah berikut di bawah ini kami berikan beberapa jenis makanan ala Korea yang berbahan dasar kentang bisa dengan mudah anda buat di rumah.

1/ Pancake Kentang / Gamja Jeon

Apabila Pancake biasa disajikan sebagai dessert atau menu sarapan pagi dengan tekstur empuk dan rasa yang manis, maka lain halnya dengan Pancake khas Korea ini. Diolah dengan varian rasa yang gurih karena terbuat dari bahan dasar yaitu kentang.

Cara membuatnya adalah dengan menghaluskan kentang yang dicampur dengan pasta bawang bombay dan diberi sedikit air. Kemudian setelah halus dan benar-benar tercampur semua bahan disaring dengan memakai kain kasa untk selanjutnya didiamkan selama beberapa menit guna mengambil sari kentangnya. Lalu masak di atas wajan anti lengket.

2/ Kentang Akordeon

Siapa yang tahu tentang alat musik Akordeon ? Makanan khas Korea yang satu ini mempunyai bentuk yang mirip dengan alat musik yang satu ini.

Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan menggunakan bahan dasar dari kentang yang masih utuh dicuci bersih tanpa membuang kulitnya. Setelah itu iris tipis-tipis kentang tanpa terputus. Selanjutnya rendam kentang selama 10 menit di dalam air dingin. Barulah oleskan mentega cait dan panggang di dalam air fryer atau bisa langsung digoreng menggunakan minyak panas atau oven saja. Untuk menambah rasa, anda bisa memakai keju parmesan, bawang putih bubuk, garam, gula dan parsley. 

3/ Bola-Bola Kentang Isi Keju

Seperti diketahui bahwa camilan jenis apapun yang dicampurkan dengan keju pasti akan terasa semakin lezat disantap. Salah satu yang terkenal di dunia ada;ah Cheese Ball dimana di Korea sajian ini populer dengan nama Bola-Bola Kentang Isi Keju yang sangat banyak disukai oleh berbagai kalangan dan mudah dibeli dimana-mana di setiap sudut kota-kota besar di Korea.

Cara membuatnya di rumah tidaklah serumit yang dibayangkan. Pertama-tama haluskan kentang yang sebelumnya sudah dipanggang kemudian diberi tambahan potongan keju mozarella jenis batangan di dalamnya. Langkah terakhir adalah digoreng garing namun sebelumnya balurkan atau menambahkan tepung terigu tipis-tipis, cemplung ke telur kocok, dan balur lagi dengan tepung roti.

4/ Kroket Kentang

Kroket merupakan salah satu kudapan ringan yang berbahan dasar dari kentang berasal dari Korea. Cara membuat Kroket ala Korea ini sangat mudah dilakukan di rumah. Pertama-tama potong kentang lalu dipanggang di dalam oven. Setelah matang dihaluskan dan dicampur dengan daging cincang yang sebelumnya telah dicampur dengan bumbu dan dimasak. Kemudian dibentuk bulat-bulat pipih. Sama halnya dengan membuat Cheese Ball, membuat Kroket Kentang perlu dibalut dengan tepung terigu tipis-tipis saja dan yang kedua dibalut dengan tepung roti. Kemudian digoreng hingga garing dan kecokelatan.

5/ Corn Dog

Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas Korea yang satu ini ? Corn Dog adalah salah satu jenis makanan berbahan dasar dari kentang yang berasal dari Korea mempunyai cita rasa autentik dan sangat lezat. Bentuknya unik yaitu menyerupai jagung bakar yang menyebabkan makanan ini diberi nama Corn Dog.

Untuk membuatnya sangatlah mudah yaitu sediakan sosis yang selanjutnya dibalut dengan adonan dasar seperti donat dan ditaburi potongan kentang berbentuk kotak-kotak kecil. Untuk variasi lainnya anda bisa menambahkan parutan keju mozzarella di atasnya. Jadi ketika makanan ini matang, keju dapat meleleh menyelimuti Corn Dog dengan sempurna.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat artikel berjudul ‘Makanan Ala Korea Berbahan Dasar Kentang, Nikmat Dan Bikin Ngiler’ yang dirangkum dari beberapa sumber berita. Semoga berguna bagi pembaca artikel ini.

 

Tags Wisata

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel