Jenis Roti yang Cocok untuk Diet Sehat dan Tinggi Nutrisi

27 Jul 2021 08:45 1317 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Jenis roti yang cocok untuk diet sehat dan tinggi nutrisi.

Ketika anda sedang melakukan diet untuk penurunan berat tubuh yang sehat, rata-rata orang akan mengurangi makanan tinggi karbohidrat dari daftar menu dietnya. Adapun yang menjadi salah satu sumber karbohidrat yang biasanya dibatasi ketika sedang diet adalah roti.

Roti merupakan makanan serbaguna yang bisa dimakan bersama-sama dengan selai, dijadikan sandwich, atau tanpa tambahan apapun. Dimana pada umumnya roti terbuat dari bahan utama yaitu tepung putih yang merupakan sumber karbohidrat sederhana dengan nilai gizi rendah. Tetapi tidak semua roti seperti ini dimana ada beberapa jenis roti yang terbuat dari biji-bijian yang berkualitas dan menawarkan nutrisi lebih tinggi yang bagus untuk membantu kelancaran diet anda.

Berikut di bawah ini adalah beberapa jenis roti sehat yang sangat cocok dijadikan sebagai menu diet seperti dirangkum dari laman Eating Well and Healthline.

1/ Roti gandum utuh

Roti gandum utuh adalah salah satu jenis makanan yang sudah dikenal sehat sejak dulu. Sebagai menu diet, carilah tepung gandum utuh dimana tak kalah penting dalam proses ini adalah memeriksa kandungan gula dan natriumnya. Roti gandum utuh masih mengandung benih, endosperma, dan dedak. Dedak merupakan lapisan terluar yang agak keras dan banyak mengandung serat dalam jumlah tinggi. Gandum utuh juga menyediakan protein, lemak, vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang bermanfaat.

2/ Roti sourdough

Roti sourdough dibuat dengan memfermentasi tepung dan air tanpa menggunakan ragi. Proses fermentasi ini bisa untuk meningkatkan nutrisi pada roti. Umumnya dalam pembuatan roti ini tidak menambahkan gula. Salah satu kelebihan sourdough dibandingkan dengan roti biasa adalah lebih mudah dicerna yang dimungkinkan karena adanya prebiotik. Sedangkan probiotiknya tercipta selama proses fermentasi. Probiotik dalam hal ini adalah sekumpulan bakteri sehat yang ditemukan di dalam tubuh dan makanan tertentu sedangkan prebiotik merupakan serat yang memberi makan bakteri baik. Keduanya sama-sama penting di dalam tubuh guna meningkatkan kesehatan usus dan pencernaan.

3/ Roti gandum hitam

Rye atau gandum hitam sangat mirip dengan gandum pada umumnya namun lebih gelap dan agak padat. Roti gandum hitam tradisional hanya terbuat dari bahan tepung gandum hitam. Jika anda bandingkan dengan gandum biasa maka gandum hitam ini akan dianggap lebih banyak memiliki nilai gizi.

Makan roti gandum hitam memicu rasa kenyang lebih lama dan tidak terlalu mempengaruhi gula darah dibandingkan dengan roti gandum. Ini dimungkinkan karena roti gandum hitam mempunyai kandungan serat larut yang cukup tinggi. Yang dimaksudkan dengan serat larut adalah karbohidrat yang tidak dapat dicerna dan larut dalam air lalu menjadi seperti gel di bagian usus anda. Dengan mengkonsumsi makanan berserat larut membantu memperlambat pencernaan karbohidrat, yang selanjutnya akan menurunkan pelepasan insulin dan mengurangi lonjakan gula darah.

4/ Roti rami

Seperti namanya, roti rami terbuat dari biji rami atau kadang-kadang dicampur dengan biji gandum utuh yang merupakan salah satu roti paling sehat di dunia. Alasannya adalah biji rami dikenal sangat bergizi dan menawarkan sejumlah manfaat kesehatan. Biji-biji rami adalah menjadi salah satu sumber asam alfa-linolet / ALA yang sangat bagus dan merupakan bentuk nyata dari asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam makanan nabati. ALA diketahui bisa dengan mudah menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, biji rami mengandung senyawa lignin yang bisa bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh dan ampuh buat mencegah serangan kanker tertntu.

5/ Roti kecambah

Roti kecambah terbuat dari biji-bijian yang sudah mulai bertunas. Fase kecambah telah lama terbukti ampuh buat meningkatkan jumlah dan ketersediaan nutrisi tertentu seperti folat, berbagai jenis vitamin dan antioksidan. Proses perkecambahan akan mengurangi antinutrien atau senyawa yang mengikat mineral seperti zat besi dan menghalangi penyerapannya. Proses ini memecah beberapa pati dalam biji-bijian dan menurunkan kandungan karbohidrat. Ditambah lagi, roti kecambah juga mengandung serat dalam jumlah tinggi dan protein. Maka dari itu roti jenis ini menjadi pilihan yang bagus untuk penderita diabetes karena tidak meningkatkan kadar gula darah sebanyak biji-bijian yang lainnya namun mampu mengenyangkan dengan cepat dan lama. Nah jika anda sedang melakukan diet sehat tapi ingin makan roti yang rasanya lezat maka anda bisa memilih jenis roti ini karena mempunyai efek yang lebih baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel berjudul ‘Jenis Roti Yang Cocok Untuk Diet Sehat Dan Tinggi Nutrisi’ yang dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca artikel ini.

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel