Khasiat Air Kelapa Hijau

26 Jul 2021 13:50 1867 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Khasiat air kelapa hijau.

Seperti diketahui bahwa kelapa banyak tumbuh di Indonesia. Diantara sekian banyak jenis kelapa yang dikenal yang paling menonjol adalah kelapa hijau. Kelapa hijau dari yang muda hingga kelapa yang sudah tua memang tetap memiliki warna hijau (kulit sabutnya) sedangkan batoknya berwarna kelabu keungu-unguan dimana kelapa hijau ini dikenal sejak dahulu kala sebagai salah satu obat yang mujarab terhadap keracunan berbagai penyakit.

Kelapa hijau / cocos nucifera termasuk ke dalam salah satu jenis tanaman palma yang mempunyai buah rata-rata berukuran cukup besar. Batang pohon kelapa hijau pada umumnya berdiri tegak dan jarang memiliki cabang dimana dalam ukuran normal bisa mencapai antara 10 sampai dengan 14 meter lebih. Daunnya berpelepah, memiliki panjang dapat mencapai ukuran 3 s.d 4 meter lebih dengan sirip-sirip lidi yang menopang tiap helaian. Buahnya terbungkus dengan serabut dengan batok yang cukup kuat sehingga untuk mendapatkan buah kelapa harus dikuliti terlebih dahulu. Kelapa yang sudah besar dan tumbuh dengan subur dapat menghasilkan rata-rata 2 sampai dengan 10 buah kelapa dalam setiap tangkainya.

Buah kelapa hijau yang sudah berusia tua banyak mengandung kalori dalam jumlah besar yaitu senilai 359 kal per 100 gram, dengan daging kelapa setengah tua mengandung kalori sebesar 180 kal per 100 gram dan daging kelapa muda yang banyak mengandung kalori sebesar 68 kal per 100 gram.

Air kelapa hijau apabila dibandingkan dengan jenis kelapa lainnya banyak mengandung zat tanin atau antidotum (anti racun) dalam jumlah tinggi. Kandungan zat kimia yang lainnya sangat menonjol adalah berupa enzim yang mampu mengurangi sifat-sifat racun. Komposisi kandungan zat kimia yang terdapat pada air kelapa antara lain asam askorbat atau vitamin C, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, atau potassium. Sedangkan mineral yang terkandung pada air kelapa adalah zat besi, fosfor, dan gula yang terdiri atas glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Kadar air yang terdapat di dalam buah kelapa rata-rata sejumlah 95,5 gram dari masing-masing 100 gram.

Di internet berseliweran tips mengenai kelapa hijau yang dijelaskan banyak membantu penyembuhan Covid-19. Kelapa ini perlu dicampur dengan jeruk nipis, madu dan garam. Racikan jamu tradisional ini wajib diminum segera secara langsung dari batok kelapanya. Buah kelapa hijau saat ini dijual lebih mahal ketimbang kelapa muda, dengan selisih yang hampir mencapai dua kali lipat dimana jika dikupas memiliki serat yang berwarna pink.

Nah terlepas dari kebenaran berita-berita di internet tersebut, di bawah ini akan kami berikan beberapa manfaat dari air kelapa hijau yang diminum secara rutin setiap hari, antara lain sebagai berikut.

1/ Menetralisir racun

Air kelapa hijau banyak mengandung antidotum / anti racun dan tanin yang sangat tinggi serta kandungan zat kimia yang sangat menonjol berupa enzim yang bagus untuk mengurai racun yang ada dalam tubuh dan akhirnya menetralisirnya.

2/ Masalah pencernaan

Air kelapa hijau akan memperbaiki masalah pencernaan yang biasanya diawali dengan keadaan susah buang air besar atau sembelit. Air kelapa hijau akan mengurai racun dan sampah di dalam perut hingga anda akan dengan mudah buang air besar.

3/ Memperbaiki metabolisme

Air kelapa bisa dimanfaatkan untuk membantu memperbaiki proses metabolisme di dalam tubuh. Ini akan membuatnya mampu menurunkan resiko sejumlah penyakit metabolic seperti penyakit jantung. Penyakit metabolic ini ditandai dengan adanya tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, trigliserida tinggi, kadar kolesterol jahat / LDL tinggi, kadar kolesterol baik / HDL rendah dan lemak perut yang berlebihan.

5/ Menurunkan resiko penyakit infeksi

Air kelapa hijau mempunyai kandungan vitamin dan mikronutrien dalam jumlah besar seperti zink, tembaga, magan, dan selenium. Sejumlah senyawa tersebut bisa mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh sehingga penyakit infeksi menjadi tidak mudah terjadi.

6/ Mengatasi nyeri haid

Kalsium dan magnesium di dalam air kelapa hijau memiliki fungsi sebagai pengurang ketegangan otot. Vitamin C di dalamnya merupakan zat anti inflamasi yang bisa membantu meringankan rasa sakit sebagai akibat kram menstruasi.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Khasiat Air Kelapa Muda’ dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga berguna bagi para pembaca artikel ini.

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel