Udah Gak Zamannya Lagi Memulai Investasi Saham Pake Ribet

26 Jul 2021 10:35 1201 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Investasi saham nggak ribet karena untuk registrasi calon investor tinggal mengunduh aplikasinya dan mengisi sejumlah data-data yang dibutuhkan.

Investasi saham kini sudah nggak pake ribet karena sudah 100% online. Mulai dari registrasi hingga transaksi, investasi saham sudah bisa dilakukan dengan smartphone di genggaman tangan.

Khusus untuk calon investor yang ingin memulai investasi, proses registrasinya pun nggak butuh lagi dokumen fisik yang harus dikirim ke sekuritas. Berbasis aplikasi, registrasi calon investor saham bisa dilakukan dengan cepat.

Calon investor juga nggak perlu mengirimkan bukti fisik dari dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk memulai investasi saham. Mekanisme yang serba mudah ini tentu saja membuka kesempatan yang sangat besar bagi siapa pun untuk menikmati cuan saham dengan mudah.

Untuk memulai investasi saham, calon investor nggak perlu datang ke kantor sekuritas atau kantor perwakilannya. Semua bisa dilakukan dari rumah sembari santai, apalagi saat ini sedang pandemi Covid-19.

Investasi saham nggak ribet karena untuk registrasi calon investor tinggal mengunduh aplikasinya dan mengisi sejumlah data-data yang dibutuhkan. Untuk memudahkan, semisal di salah satu sekuritas karya anak bangsa dengan tagline #SemuaBisaInvestasi yakni Indo Premier Sekuritas, calon investor tinggal mengikuti langkah-langkahnya dengan mudah.

Berikut ini 5 langkah mudah melakukan registrasi di sekuritas berkode broker PD yang memiliki aplikasi IPOT untuk transaksi tak hanya untuk saham, tetapi juga reksa dana, ETF dan obligasi:

1. Unduh dan pasang aplikasi IPOT di smartphone

Langkah pertama yang wajib dilakukan dengan smartphone masing-masing yakni mengunduh dan memasang aplikasi IPOT yang tersedia di Google Play Store dan App Store.

2. Melakukan registrasi dengan teliti

Setelah aplikasi IPOT terpasang di smartphone, segera buka dan pilih menu registration lalu masukkan email dan nomor telepon yang aktif (dapat menerima telepon, sms dan whatsapp). Konfirmasi kembali email yang sudah didaftarkan. Lalu isi kode OTP (One-Time Password) yang dikirimkan melalui SMS ke nomor hape yang telah didaftarkan. Perlu diingat jangan pernah memberikan Kode OTP yang diterima kepada siapa pun atas alasan apapun termasuk pihak yang mengaku dari Indo Premier. Sebelum tombol mulai untuk memfoto e-KTP, alangkah baiknya menyiapkan e-KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan pastikan data e-KTP terlihat dengan jelas, jika tidak maka dapat menambahkan identitas pendukung seperti SIM atau Kartu Keluarga (KK). Pastikan pula foto yang diambil tidak blur. Jika blur atau kurang jelas, sebaiknya diklik ambil ulang.

3. Lengkapi identitas diri lainnya

Langkah ketiga yakni mengisi dan menceklis seluruh data sesuai dengan e-KTP. Jika data yang dimasukkan sudah sesuai dengan KTP maka ceklis ketentuan persetujuan, kemudian klik lanjut dan isi data tambahan mengenai asal dana yang dimiliki, jabatan atau posisi saat ini. Jika sudah tidak bekerja lagi maka dapat memilih jabatan terakhir. Lalu isi juga data alamat perusahaan tempat bekerja serta kode posnya, isi data tempat bekerja, bidang usahanya, dan nomor telepon perusahaan, isi penghasilan selama setahun dan Nomor NPWP (opsional). Ada pun data tambahan lainnya yang perlu diinput yakni alamat korespondensi yang digunakan untuk menerima atau mengirim surat atau surat elektronik/email, nomer rekening pribadi dan nama Ibu Kandung. Perlu diketahui, nomer rekening pribadi ini akan digunakan sebagai rekening penampung jika ingin melakukan penarikan dana dari RDN. Selanjutnya isi data tambahan lainnya seperti hubungan usaha di luar negeri dan isi sumber kekayaan yang dihasilkan (bisa lebih dari satu sumber).

4. Lakukan foto selfie dengan KTP

Langkah berikutnya yakni foto selfie sambil memegang e-KTP. Pastikan foto yang diambil jelas (wajah dan KTP), tidak blur atau buram. Jika gambar buram silahkan klik ulang ambil gambar. Selanjutnya foto tanda tangan di atas kertas putih (tanpa garis). Pastikan tanda tangan terlihat jelas (tidak blur) dan sama dengan tanda tangan yang ada di KTP. Selanjutnya, melakukan rekam video sambil membaca kalimat yang ada di bawah video (Sebagai contoh: Nama Saya Mr. IPOT menyetujui ketentuan pembukaan rekening Indo Premier)

5. Buat username atau user ID dan password

Langkah terakhir yakni membuat Username atau User ID dan Password untuk login. Pastikan User ID dan Password yang dibuat sesuai ketentuan dan mudah diingat. Ketik kembali PIN yang telah dibuat pada halaman sebelumnya, lalu klik Resubmit PIN. Selanjutnya pilih Ya untuk menyetujui lembar pernyataan. Klik lembar pernyataan nasabah Bank BCA. Klik Buka Rekening Efek. Klik ketentuan rekening Tapres, pilih Ya untuk menyetujui ketentuan yang ada dan geser ke bawah untuk menyetujui pembukaan rekening efek. Pilih kalimat paling atas untuk menyetujui lembar pembukaan rekening efek. Sampai di sini registrasi telah selesai. Silahkan cek email yang didaftarkan untuk melakukan validasi. Jika belum menerima email, segera hubungi CS Indo Premier. Jika tidak ada kendala pada data yang didaftarkan atau berhasil maka akan mendapatkan email berupa SID dan nomor RDN. Keseluruhan proses registrasi pun rampung dan investasi saham sudah bisa dimulai.

Tags

About The Author

Johanes Sutanto 40
Ordinary

Johanes Sutanto

Pembelajar dalam menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel