Cara Setting Jam Digital Masjid Lengkap dengan Fiturnya

19 Jul 2021 16:45 498 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Jam dinding digital berfungsi sebagai penanda jadwal sholat digital, yang pasti jam ini dirancang khusus untuk masjid.

Di zaman seperti sekarang ini, perkembangan teknologi bukan menjadi hal yang baru sebab apapun menjadi semakin canggih. Kemajuan teknologi yang kian canggih ternyata mampu  menjangkau hal-hal yang ada disekitar kalian. Salah satunya adalah jam, jam dinding canggih ini disebut dengan jam dinding digital. Jam dinding digital berfungsi sebagai penanda jadwal sholat digital, yang pasti jam ini dirancang khusus untuk masjid.

Dalam mentukan waktu sholat, dulu masyarakat menggunakan cara yang konvensional seperti memanfaatkan cahaya matahari. Namun sekarang, cara tersebut mulai ditinggalkan setelah ditemukan jam manual atau jam analog. Seiring berjalannya waktu juga, jam analog pun jarang difungsikan lagi. Kini banyak masyarakat yang beralih menggunakan jam digital. Jam digital dinilai lebih praktis, akurat dan menarik. Hingga sekarang, jam dinding di masjid yang semula analog berganti menggunakan jam digital.

Tahukah kalian, jam dinding digital yang digunakan di masjid memiliki fitur yang dianggap lebih praktis dari pada jam analog. Hal ini menjadi salah satu kelebihan da salah satu alasan mengapa bsebagian orang beralih menggunakan jam analog, nah kelebihannya tersebut ialah terdapat fitur yang mana memudahkan kalian dalam mengetahui jadwal sholat. Fitur yang terdapat pada jam dinging digital itu diharapkan mampu menambah ketaatan supaya melakuan ibadah dengan tepat waktu.

Beberapa Fitur Yang Ada Didalam Jam Digital Masjid

1. Memiliki fitur penanda waktu sekarang (real time)

Salah satu fitur yang ada pada jam dinding digital masjid adalah penanda waktu sekarang (real time). Artinya kalian bisa menyesuaikan waktu yang ada pada jam tersebut dengan handphone kita masing-masing.

2. Memiliki fitur penanda saat tiba waktu sholat wajib

Fitur wajib yang ada di semua jenis jam digital ialah penanda waktu sholat wajib. Semua jadwal sholat akan tersimpan pada jam digital ini. Jam digital dinding memiliki fitur sistem countdown atau disebut dengan hitung mundur sebelum tiba waktu sholat. Ketika waktu sholat tiba, alarm akan berbunyi sebagai tanda jika waktu sholat akan segera tiba.

3. Mempunyai fitur yang sesuai dengan jadwal sholat di kota besar seluruh Indonesia

Fitur yang ada pada jam digital khusus masjid ini bisa disesuaikan dengan jadwal waktu sholat dengan kota besar di seluruh Indonesia. Tentunya kalian juga bisa menyesuaikan dengan kota tempat kalian tinggal. Kalian juga bisa mengatur sendiri pedoman jadwal sholat yang sudah ditetapkan oleh Kemenag apabila terdapat kesalahan.

Setalah mengetahui fitur yang ada pada jam digital khusus masjid, kalian juga harus tau tentang cara menyetting jam tersebut. Berikut akan diuals tentang cara setting jam digital khusus masjid.

4. Cara setting jeda antara adzan dan iqomah

Jam digital masjid memiliki fungsi yang utama, yaitu untuk mengetahui jadwal shalat tiba. Maka dari itu, kalian harus mulai melakukan pengaturan antara jeda adzan dan iqomah agar lebih memudahkan. Kalian  hanya perlu mengatur tombol tambah(+) dan tombol kurang (-). Sebenarnya cara kerja jeda waktu tersebut menggunakan sistem countdown atau hitung mundur setelah adzan dikumandangkan.

5. Cara setting fitur on/off dan standby

Fitur ini berfungsi sebagai tanda jam digital tersebut menyala dan mati secara otomatis. Fungsi tombol standby yaitu untuk menampilkan teks berjalan setelah alarm dan iqomah berbunyi.

Demikianlah fitur yang terdapat dalam jam digital khusus masjid serta cara mengaturnya. Semoga penjelasan diatas bermanfaat dan kalian tidak bingung lagi sekarang.

Tags

About The Author

Nando Rifky 24
Novice

Nando Rifky

Profesional Blogger of Indonesia - Jasa Backlink Media Nasional Murah & Terpercaya!

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel