Wujudkan Kekebalan Komunal, Kodim 0815/Mojokerto Kebut Serbuan Vaksinasi Covid-19

6 Jul 2021 15:30 371 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
erbuan Vaksinasi Nasional TNI-Polri

Mojokerto, -  Serbuan Vaksinasi Nasional TNI-Polri dengan target satu juta orang perhari, merupakan Program TNI-Polri bekerjasama dengan Kemenkes RI. Kegiatan ini sudah dilakukan sejak 26 Juni lalu secara nasional serta ditindaklanjuti Jajaran TNI-Polri di daerah bersama Pemerintah Daerah setempat melalui Dinas Kesehatan.

 

Tidak terkecuali di Jawa Timur, salah satunya Kodim 0815/Mojokerto, Serbuan Vaksinasi Covid-19 ini dilaksanakan di Rumah Sakit Tentara (RST) DKT Jalan Raden Wijaya Kota Mojokerto, dengan mengerahkan Nakes RST dibantu para Babinsa, termasuk yang memiliki kualifikasi kesehatan lapangan.

 

Pantauan hari ini, Kamis (01/07/2021), animo masyarakat untuk melakukan vaksinasi di DKT sangat luar biasa. Warga sangat antusias mengikuti proses vaksinasi, mulai tahap pendaftaran, screening kesehatan dilanjutkan vaksin dan observasi. Untuk warga yang sudah divaksinasi langsung mendapat sertifikat vaksinasi Covid-19.

 

Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto, S.H., saat dihubungi mengatakan, Serbuan Vaksinasi Nasional TNI-Polri yang dilaksanakan bersama Kemenkes RI ini, bertujuan untuk percepatan vaksinasi bagi kalangan masyarakat.

 

Vaksinasi ini dilakukan untuk mempercepat terwujudnya kekebalan komunal atau kelompok (herd immunity), yang merupakan bentuk perlindungan tidak langsung dari penyakit menular yang terjadi ketika sebagian besar populasi menjadi kebal terhadap infeksi, sehingga individu yang tidak kebal ikut terlindungi.  “Hal ini bisa dilakukan, salah satunya melalui vaksinasi”, ujarnya. 

 

Program serbuan vaksinasi di lingkungan TNI, khususnya di wilayah Kodim 0815/Mojokerto, lanjutnya, sudah berlangsung sejak 25 Juni lalu yang pelaksanaannya difasilitasi RST DKT.  Awalnya, target hanya 1500 dosis, namun dalam perkembangannya bertambah menjadi 6.134 dosis, sesuai dengan alokasi dari Komando Atas (Kodam dan Korem).   

 

Hingga hari ini, masih lanjutnya, sudah tervaksin sebanyak 1.594 dosis yang disuntikan, dari jumlah tersebut, 1.497 warga masyarakat, KBT 72 orang dan Purnawirawan 25 orang.  “Capaian hingga hari ini sekitar 26 persen, sisa vaksin masih 4.540 dosis atau sekitar 76 persen”, bebernya.

 

Untuk menghabiskan sisa vaksin tersebut, setiap hari vaksinasi digelar di DKT untuk mencapai target harian. “Mengingat antusias masyarakat sangat tinggi sementara Nakes TNI di Mojokerto sangat terbatas, maka pada saat Serbuan Vaksinasi serentak, tanggal 16 Juli mendatang, kami akan bekerjasama dengan Dinkes Pemkab maupun Pemkot Mojokerto, dengan target 3.000 dosis”, jelasnya.

 

“Selain di DKT, vaksinasi gratis ini juga dilakukan di beberapa perusahaan di wilayah Mojokerto Raya, salah satunya di Pabrik Kopi, Jetis, yang kemarin dipantau langsung Bapak Danrem 082/CPYJ”, tutup Letkol Dwi Mawan Sutanto.

Tags

About The Author

anan alkarawangi 51
Expert

anan alkarawangi

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel