Cara Membuat Desain Produk Berkualitas untuk Pasar Internasional

28 Jun 2021 11:15 1252 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Cara Membuat Desain Produk Berkualitas Untuk Pasar Internasional

Dari semua faktor untuk menyiapkan dan membuat bisnis naik kelas dan menjadi kompetitif di pasar, desain produk adalah menjadi salah satu yang memiliki sifat paling krusial. Terlebih lagi di era persaingan yang semakin ketat. Pengembangan desain menjadi sangat penting agar berdaya saing tinggi dan tampak relevan dengan situasi pada suatu masa misalnya mengikuti tren yang sedang berlaku pada suatu saat.

Tanpa banyak disadari oleh para pelaku usaha, desain produk mempunyai pengaruh terhadap bagaimana calon konsumen akan menilai produk-produk anda. Desain bisa memicu ketertarikan emosional dan keinginan akan suatu produk sehingga bisa meningkatkan nilai-nilai yang dirasakan terhadap produk tersebut. Secara sederhana, konsumen bersedia membayar lebih untuk produk-produk yang dirancang dengan baik. Namun sebaliknya desain produk yang buruk bisa secara otomatis akan dijauhi oleh calon pelanggan.

Contohnya adalah dalam membuat perhiasan untuk pangsa pasar tertentu bukan sekadar mengikuti tren saja, tapi ada proses panjang yang wajib dipikirkan masak-masak. Anda harus memikirkan dari berbagai macam perspektif. Mulai dari segi estetika, apakah bahan baku yang digunakan bagus hingga bagaimana anda memastikan quality control yang dilakukan secara konsisten. Jadi mendesain perhiasan itu bukan hanya sekadar mendesain mengikuti tren. 

Menurut beberapa pengusaha asal Indonesia yang telah mengekspor perhiasannya ke berbagai negara seperti Amerika Serikat, Jepang, Malaysia, Nigeria hingga Singapura menjelaskan bahwa perhiasan tersebut adalah industri yang berskala besar. Maka ketika ingin menembus pasar internasional, pelaku usaha harus bisa meyakinkan negara tujuan ekspor bahwa kualitas produknya sesuai dengan sertifikasi yang dimiliki. Karena sejumlah negara memberlakukan aturan yang ketat tentang standarisasi produk perhiasan atau logam mulia.

Di sisi lain, berbeda halnya dengan desain produk kain batik, sacarf, sarung bantal hingga home decoration contohnya adalah desain produk yang dimiliki oleh Sylvie Salim melalui label desain SylvieRomy MathArt+Design, mereka mengambil inspirasi dari pola geometris Islam. Pattern ini (pola geometris Islam) sifatnya sangat universal. Siapa pun bisa menggunakannya dan implementasinya tidak ada batasan. Bisa di lantai, dinding, ceiling hingga produk-produk fashion. Mereka sudah berhasil mengeskpor produknya ke Turki, Italia hingga Amerika Serikat. Untuk dapat mengembangkan pola geometris Islam yang disematkan dalam ragam produk mereka, Sylvie Salim tak sekadar langsung membuatnya melainkan terlebih dahulu melakukan riset panjang agar desain produknya dapat diterima di masyarakat luas.

Melakukan riset terlebih dahulu penting untuk diperhatikan sehingga pattern apa yang banyak diminati di negara tujuan bisa diketahui sejak dini. Dari situ konsepnya baru bisa dikembangkan menjadi pola tertentu jelas Sylvie Salim yang mengaku sangat penting mengacu pada trend forecasting dalam mengetahui tren apa yang diminati pada masing-masing negara tujuan.

Untuk informasi, Produk Desain yang Unggul di Pasar Internasional adalah webinar kolaborasi antara #SheMeansBusiness Facebook dan Wanita Wirausaha Femina dimana sejak tahun 2019 yang lalu menggelar workshop untuk UMKM wanita di kota-kota besar di Indonesia. Untuk tahun ini mengikuti kondisi masyarakat dimana workshop offline tersebut berpindah platform yaitu dilaksanakan di ruang digital melalui Facebook Live di Facebook Page Wanita Wirausaha Femina.

Diharapkan melalui berbagai talkshow virtual yang diadakan dengan menghadirkan sejumlah pembicara inspiratif ini dapat memberikan pengetahuan, jaringan, keterampilan serta teknologi yang dibutuhkan para wirausaha guna memulai dan mengembangkan bisnis mereka.

Di sini anda bisa mendapatkan keistimewaan untuk bergabung di Facebook Group Waniwr Mahir Digital, dimana menjadi wadah bagi wanita untuk berjejaring dan mendapatkan ilmu-ilmu digital marketing baru guna mengembangkan bisnis lebih besar lagi. Ayo segera gabung di FB Group Wanwir Mahir Digital dengan cara sebagai berikut :

1/Klik link https://www.facebook.com/groups/wanwirmahirdigital/

2/Klik permintaan join group

3/Lalu isi data usaha yang diminta (wajib diisi)

4/Klik setuju (agree) rules admin

5/Tunggu approval dari Admin Femina               

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Cara Membuat Desain Produk Berkualitas Untuk Pasar Internasional’ yang dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat.

 

 

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel