Cara Optimalkan Akun Bisnis WhatsApp untuk Mendongkrak Penjualan

28 Jun 2021 13:30 1022 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Cara Optimalkan Akun Bisnis WhatsApp Untuk Mendongkrak Penjualan

Setelah anda memiliki akun WhatsApp Bisnis, sekarang tinggal bagaimana mengoptimalkan Whatsapp Bisnis tersebut.

Di Sesi 7 Digital Marketing Online Training Facebook #SheMeansBusiness bersama dengan Wanita Wirausaha Femina, dengan topik Mengenal dan Memaksimalkan Akun Bisnis WhatsApp, pertanyaan tersebut terjawab. Workshop yang disiarkan secara langsung di Facebook Group Wanwir Mahir Digital pada bulan Januari 2021 lalu ini mengungkapkan jiat-kiat tersebut, sebagaimana yang dipaparkan oleh Rono Jatmiko, trainer dari Facebook Indonesia. Berikut ini tips dan triknya.

1/ Memanfaatkan status 

Status pada WhatsApp Business sebagaimana story di Facebook mempunyai potensi yang sangat besar dimana ketika seorang konsumen melihat story, artinya adalah mereka mempunyai ketertarikan pada produk atau layanan anda. Misalnya proses pembuatan produk anda atau saat anda packing barang, pada dasarnya orang mempunyai rasa keingintahuan. Apabila melihat anda sedang melayani banyak pesanan, anda akan menjadi stimulus orang untuk semakin ingin membeli. Selanjutnya anda bisa menulis di status tentang promo-promo menarik yang anda tawarkan ataupun live events yang sedang anda selenggarakan. Intinya adalah status di WhatsApp Business tidaj jauh berbeda dengan status yang biasa anda buat di WhatsApp pribadi yang sifatnya informal dan senatural mungkin. Sesekali bereksperimenlah dengan berbagai fitur di status WhatsApp anda tersebut.

2/ Memahami target pasar anda

WhatsApp membantu anda menjangkau konsumen melalui komunikasi yang memiliki sifat pribadi. Tujuan anda membuat akun bisnis WhatsApp tentunya untuk memudahkan kpnsumen anda dalam bertransaksi. Sebelum anda bisa memulai komunikasi dengan mereka, penting sekali untuk mengidentifikasi siapa-siapa pelanggan anda. Untuk itulah, penyampaian konten, strategi pemasaran, dan gaya berkomunikasi anda bisa disesuaikan dengan target konsumen anda. Mulailah identifikasi target pasar ini sala halnya dengan yang anda lakukan ketika membuat halaman Facebook dan Instagram bisnis. Akun bisnis WhatsApp dibuat sebagai kanal untuk saluran berkomunikasi dengan mereka. Pertanyaan yang perlu anda perhatikan adalah kebutuhan apa yang mungkin mereka tanyakan ke WhatsApp Business anda ? Apa ekspektasi dari pelanggan anda ? Dan apa yang anda harapkan dari mereka dalam menanggapi kampanye WhatsApp anda ?

3/ Bersikap responsif

Sapalah masing-masing konsumen yang masuk ke akun bisnis WhatsApp anda secepat mungkin, jangan menunda dan membiarkan konsumen terlalu lama menunggu jawaban. Tulislah pesan sebagaimana anda berbicara, jangan terlalu kaku dan terkesan seperti template otomatis. Anda juga bisa menggunakan emoji guna membuat teks balasan terkesan lebih akrab.

4/ Menghadapi keluhan konsumen dengan bijak

Hal yang perlu dipahami sehubungan dengan bagian ini adalah WhatsApp merupakan tool. Sebagai pebisnis, anda perlu memahami mindset customer service yang bagus. Dan hal ini bisa difasilitasi melalui WhatsApp dimana anda perlu mempelajari bagaimana cara menjawab pertanyaan-pertanyaan sensitif dari para pelanggan. Ketika ada seorang pelanggan mengajukan komplain, itu artinya pelanggan peduli dengan anda sehingga anda mendapat feedback yang berguna untuk memperbaiki bisnis. Setiap ada solusi, catatlah sehingga jika ada komplain berulang-ulang maka anda bisa respons dengan cara yang sama.

5/ Gunakan fitur label

Tumpukan pesan pada saat yang bersamaan bisa menyulitkan anda dalam mengelolanya. Fitur ini sengaja dibuat guna mengatur dan merapikan setiap pesan yang masuk ke dalam masing-masing kategori dan memudahkan anda untuk mencarinya kembali. Contohnya adalah anda bisa membuat kategori pelanggan baru, pembayaran tertunda, pesan dibayar, pesanan selesai, dan sebagainya. Sehingga kapan pun anda membutuhkan berkomunikasi dengan pelanggan atau saat menghadapi keluhan salah seorang pelanggan maka anda bisa mengeceknya kembali melalui fitur label ini. Praktis dan tidak menghabiskan banyak waktu anda.

Untuk informasi para pembaca, pelatihan daring Memaksimalkan Akun Bisnis WhatsApp adalah webinar kolaborasi antara Facebook #SheMeansBusiness dan Wanita Wirausaha Femina. Dimana sejak tahun 2019 lalu Wanita Wirausaha Femina telah bekerjasama dengan Facebook #SheMeansBusiness menggelar worshop untuk UMKM wanita di kota-kota besar di Indonesia. Tahun ini mengikuti kondisi masyarakat, worshop offline tersebut berpindah platform yaitu dilaksnakan di ruang digital melalui Facebook Live di Facebook Page Wanita Wirausaha Femina.

Diharapkan melalui berbagai talkshow virtual yang diadakan dengan menghadirkan sejumlah pembicara inspiratif ini bisa memberikan pengetahuan, jaringan, keterampilan serta teknologi yang dibutuhkan oleh para wirausaha untuk bisa memulai dan mengembangkan bisnis mereka.

Anda juga bisa mendapatkan keistimewaan di dalam bergabung melalui Facebook Group Wanwir Mahir Digital, dimana menjadi wadah bagi wanita wirausaha untuk berjejaring dan mendapatkan ilmu-ilmu digital marketing baru guna mengembangkan bisnis menjadi lebih besar lagi. Ayo segera gabung di FB Group Wanwir Mahir Digital, caranya adalah sebagai berikut :

1/Klik link https://www.facebook.com/groups/wanwirmahirdigital/

2/Klik permintaan join group.

3/Lalu isi data usaha yang diminta (wajib diisi).

4/Klik tanda setuju / agree rules admin.

5/Tunggu approval dari Admin Femina.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel berjudul ‘Cara Optimalkan Akun Bisnis WhatsApp Untuk Mendongkrak Penjualan’ yang dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca artikel ini.

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel