Cerahnya Peluang Ekspor Produk Keramik dan Kakao Olahan Pasca Covid-19

7 Jul 2021 19:35 2132 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Cerahnya Peluang Ekspor Produk Keramik Dan Kakao Olahan Pasca Covid-19

Dunia usaha berangsur-angsur mulai membaik. Ini bisa membuka peluang bagi para pelaku usaha untuk bisa naik kelas. Salah satunya adalah dengan mengekspansi bisnis secara ekspor. Dimana selama periose Januari s/d Agustus 2020, kinerja ekspor Indonesia tercatat mencapai nilai sebesar 103,15 miliar dolar Amerika Serikat. Kinerja ini mengalami surplus sebesar 11,05 miliar dolar AS atau menjadi lebih baik dari periode yang sama tahun lalu dimana ada yang deficit sebesar 2,06 miliar dolar AS.

Namun untuk UKM agar bisa ekspor, tidak semudah yang diperkirakan. Ada hal-hal yang mesti diperhatikan berhubungan dengan berubahnya pola konsumsi masyarakat sebagai dampak pandemi Covid-19. Misalnya saja seperti paparan Institute for Development of Economics anda Finance (Indef) yang memperkirakan akan terjadi peningkatan konsumsi pangan dan produk kesehatan. Sedangkan konsumsi kebutuhan lain yang sifatnya bukan prioritas akan turun drastic. Sementara ekspor produk tekstil dan produk tekstil / TPT diperkirakan masih akan sulit termasuk produk barang-barang mewah / luxury goods.

Kinerja ekspor produk-produk migas dan non migas selama periode Januari s/d September tahun 2020 yang lalu mengalami peningkatan sebesar 6,97 persen dari periode sebelumnya yaitu di tahun 2019. Dalam angka disebutkan total ekspor dari Indonesia menyentuh 117 miliar dolar AS.
 

Produk Keramik Dan Kakao Olahan

Membahas lebih spesifik terhadap komoditas keramik dan kakao olahan yang merupakan bidang bisnis telah digeluti oleh banyak pengusaha dewasa ini menunjukkan betapa besarnya potensi ekspor di masa depan untuk dua produk andalan tersebut.

Misalnya saja untuk produk-produk keramik, ketersediaan bahan baku yang cukup melimpah seperti tanah liat, feldspar, pasir silika, dolomite, limestone dan batu granit nilainya sangat besar ketersediaannya di Indonesia. Selain itu, industri kerajinan keramik hias di Indonesia merupakan sektor yang lekat dengan budaya sehingga desain dan motif keramik khas Indonesia menjadi beragam. Di sisi lain permintaan pasar dunia yang selalu ada baik itu dari hotel, resort maupun apartemen menjadi pendukung untuk kelancaran distribusi penjualan keramik.

Sedangkan untuk produk kakao olahan, peluang ekspornya akan tetap besar di masa depan. Karena Indonesia merupakan salah satu negara keempat penghasil kakao terbesar di dunia, dan pengekspor kakao olahan keenam di dunia. Tren permintaan kakao olahan Indonesia selama masa pandemi pada periode Januari s/d Agustus tahun lalu mengalami peningkatan hingga 4,43 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2019.

Dalam kondisi pandemic seperti saat ini, anda perlu melihat produk-produk seperti apa yang sedang dibutuhkan pasar dunia.

Perlu diketahui bahwa Peluang Ekspor untuk UKM Pasca Covid-19 adalah webinar kolaborasi antara #SheMeansBusiness Facebook dan Wanita Wirausaha Femina. Sejak tahun 2019 Wanita Wirausaha Femina telah melakukan kerjasama dengan #SheMeansBusiness Facebook dalam menggelar workshop untuk UMKM wanita di kota-kota besar di Indonesia.

Untuk tahun ini, mengikuti kondisi masyarakat, worshop offline tersebut berpindah platform dilaksanakan di ruang digital lewat Facebook Live di Facebook Page Wanita Wirausaha Femina. Diharapkan melalui berbagai talkshow virtual yang diadakan dengan menghadirkan sejumlah pembicara inspiratif ini, bisa memberikan pengetahuan, jaringan, keterampilan serta teknologi yang dibutuhkan oleh para wanita wirausaha guna memulai dan mengembangkan bisnis mereka.

Di sini anda bisa mendapatkan keistimewaan untuk bisa bergabung di Facebook Group Wanwir Mahir Digital, dimana menjadi wadah bagi wanita wirausaha untuk berjejaring dan mendapatkan ilmu-ilmu digital marketing baru guna mengembangkan bisnis lebih besar lagi. Ayo segera gabung di FB Group Wanwir Mahir Digital dengan cara sebagai berikut :

1/Klik link https ://www.facebook.com/groups/wanwirmahirdigital/

2/Klik permintaan join group.

3/Lalu isi data usaha yang diminta (wajib diisi).

4/Klik setuju / agree rules admin.

5/Tunggu approval dari Admin Femina.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel berjudul ‘Cerahnya Peluang Ekspor Produk Keramik Dan Kakao Olahan Pasca Covid-19’ dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca artikel ini.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel