Dari Pabrik Cokelat Hingga Gedung Putih, Ajak Anak Ikut Virtual Field Trip Ini

19 Jul 2021 18:35 1936 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Dari Pabrik Cokelat Hingga Gedung Putih, Ajak Anak Ikut Virtual Field Trip Ini

Apa boleh buat, selama masa-masa pandemi semua kegiatan field trip terpaksa ditiadakan. Padahal, aktivitas ini paling ditunggu-tunggu oleh siswa/wi karena selama satu hari mereka bisa bebas dari pelajaran di kelas dan menikmati hal-hal seru di luar kelas. Namun masalah pandemi menyebabkan banyak tempat justru menyediakan field trips secara virtual. Jadi mesti tak bisa langsung pergi ke lokasi, anak-anak bisa menjelajah dunia dari rumah saja. Berkunjung ke Gedung Putih atau terbang ke bulan, semua bisa dilakukan.

Ada banyak orang yang bukanlah termasuk tipe solo traveler. Mereka lebih suka jalan bersama dengan orang-orang yang sudah dikenal seperti teman-teman atau keluarga. Mungkin karena sudah dibiasakan sejak kecil oleh orang tua mereka yang sering mengajak jalan-jalan bersama-sama meskipun hanya sebatas daerah Jabodetabek dan Jawa barat.

Ketika mulai beranjak dewasa, para orang tua pastilah akan memperketat bila anda ingin bepergian tanpa mereka. Lama-lama anda pun menjadi terbiasa pergi beramai-ramai hingga sekarang. Untungnya tetap seru untuk dilakukan dan keluarga besar pun suka dengan kegiatan yang satu ini. Tampak ramai kalau sudah berkumpul bersama-sama.

Bagaimana caranya agar anak-anak mau diajak outbound ? Jangan hanya jalan-jalan ke mall atau mager di kamar hotel. Beberapa kali ada pertanyaan seperti itu, maka jawabannya adalah dengan memberikan beberapa tips traveling bersama dengan anak-anak.

Ketika anak-anak masih berusia di bawah 10 tahun, anda mesti membawa segala peralatan masak dan beberapa bahan masakan dari rumah. Anak-anak seusia ini sudah tidak lagi suka makanan bayi instan. Jadi anda harus tetap masak makanya disarankan membawa peralatan masak sendiri. Ketika mereka beranjak semakin besar maka kondisi sudah berubah. Namun tetap saja anda mesti membawa makanan favorit anak-anak, 1 atau 2 hari sebelum traveling ajak anak-anak ke minimarket buat belanja camilan kesukaan mereka. Ini seperti semacam pembukaan traveling yang menyenangkan buat mereka lakoni. Atau bisa diganti dengan perjalanan mampir ke salah satu minimarket yang secara kebetulan dilewati. 

Tidak hanya camilan, kadang-kadang anda mesti membawa makanan berat seperti mie goreng. Pertimbangannya adalah waktu memulai perjalanan yang dilakukan pagi-pagi sekali karena anak-anak wajib sarapan pagi. Atau kalau diperkirakan jalanan bakal macet karena lagi banyak yang liburan, biasanya lebih praktis jika membawa makanan berat atau camilan yang rada banyak dilengkapi dengan membawa secukupnya air putih.

Nah berdasarkan penjelasan dari kami tersebut di atas, di bawah ini kami rekomendasikan beberapa tujuan field trip selain mengunjungi museum yang seru dan mengasyikkan, antara lain sebagai berikut :

1/ Kunjungan ke M&M Factory Tour

Bagaimana cara membuat cokelat dalam berbagai bentuk ? Kenapa cokelat bisa warna-warni ? Berapa lama proses membuat coklat ? Darimana dapat bahan untuk membuat cokelat siap saji ? Kabarnya ada lebih dari 400 juta butiran permen cokelat yang dihasilkan oleh pabrik ini setiap hari. Apakah benar begitu ? Anda langsung saja mendatangi pabrik cokelat yang legendaris ini.

2/ Kunjungan ke Farm Food 360

Ajaklah si kecil melihat-lihat cara mengolah susu dan keju. Juga mengintip kehidupan hewan ternak yang sehari-hari tersaji di meja makan. Ada kalkun, ayam, sapi, hingga domba. Jangan ketinggalan mampir ke area pengolahan telur, penggilingan oat, dan pembuatan apple orchard.

3/ Kunjungan ke Discovery Education

Tak harus membuat stres pelajaran kimia, fisika, atau matematika. Dengan mengajak si kecil mengikuti field trip di sini maka mereka bisa belajar soal matematika dalam kehidupan sehari-hari dimana rata-rata videonya dibuat dalam 3 dimensi dan super keren.

4/ Kunjungan ke Gedung Putih

Siapa yang tidak ingin melihat-lihat rumah sekaligus kantor presiden AS ? Sudah begitu banyak film-film Hollywood yang menceritakan tentang ikon negeri ini dengan gaya yang berbeda-beda. Namun tetap saja membuat penasaran. Nah jika anda tertarik tentang seluk-beluk dan sejarah gedung ini tinggal klik saja dan anda serta anak-anak sudah tiba di sana.

5/ Tur keluar angkasa

Ini adalah field trip kelima yang tepat ditujukan untuk anak-anak penyuka sains terutama astronomi. Adapun kehidupan di luar angkasa memang memunculkan banyak pertanyaan-pertanyaan dan menimbulkan keingintahuan besar yaitu seperti apa kehidupan planet lainnya selain Planet Bumi contohnya adalah Planet Mars ? Atau bagaimana wajah bulan yang sebenarnya ? Apakah benar di dalam bulan ada mahkluk penghuni bulan bernama Alien seperti yang kerap muncul dalam film ? Agar tidak penasaran, yuk jalan-jalan keluar angkasa. Maka semua pertanyaan ini akan terjawab dengan tuntas.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Dari Pabrik Cokelat Hingga Gedung Putih, Ajak Anak Ikut Virtual Field Trip Ini’ yang dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca artikel ini.

 

 

 

 

 

 

 

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel