Jenis Iklan Yang Ada Pada Sebuah Blog Atau Website

19 Jul 2021 13:30 4816 Hits 4 Comments Approved by Plimbi

Jenis Iklan Yang Ada Pada Sebuah Blog Atau Website

Semakin banyak blog bermunculan maka jenis monetisasi pun menjadi semakin beragam. Berikut ini adalah beberapa jenis iklan yang ada di blog atau website para blogger Indonesia.

1/ Iklan PPC / Pay Per Click

Pertama dan yang paling sering dijumpai pada sebuah blog adalah iklan PPC / pay per click dimana iklan jenis ini adalah iklan yang akan membayar para pemilik website saat ada pengunjung blog yang melakukan klik pada iklan yang ditampilkan. Para blogger yang memilih untuk memasang iklan PPC, mereka wajib membuat iklan-iklan tersebut ada diklik oleh orang lain maka biasanya para pemilik blog akan sebisa mungkin menempatkan slot iklan pada lokasi yang strategis dari sudut pandang para pengunjung agar para pengunjung tadi mau mengklik iklan. Beberapa contoh jaringan periklanan PPC antara lain : Google Adsense, Infolinks, MGID, dan Feedify. Dari sekian contoh iklan PPC tadi, Google Adsense merupakan jaringan periklanan yang paling banyak digunakan oleh pemilik website. Ada beberapa syarat guna menjadi publisher pada Google Adsense dan akan menampilkan iklan pada blog anda yang tidak terlalu berat namun untuk memperoleh penghasilan yang besar maka pemilik website wajib memiliki banyak trafik.  

2/ Iklan CPM / Cost Per Mille

Jenis iklan kedua ini dikenal dengan nama iklan CPM / cost per mille atau ada yang menyebutnya dengan istilah cost per impression. Iklan CPM merupakan iklan yang membayar saat blog atau website mendapatkan 1000 tampilan / pageview. Jenis iklan ini sangat potensial digunakan dalam sebuah website yang memiliki trafik tinggi atau pengunjung terbanyak. Agar bisa merasakan penghasilan dari iklan ini, anda wajib memiliki blog yang pengunjungnya dalam jumlah besar. Sebenarnya blog dengan trafik sedikit ada yang bisa diterima tetapi mempengaruhi earning yang bernilai kecil. Beberapa jaringan periklanan dengan CPM antara lain : Google Adsense, MGID, Feedify, dan Adfly.

3/ Jenis Iklan PPP / Pay Per Post

Jenis iklan ketiga adalah PPP yaitu pay per post atau disebut juga paid review. Iklan PPP adalah salah satu jenis iklan yang berwujud sebuah postingan artikel ulasan atau review, baik itu ulasan website, barang, atau jasa yang dipublis di website blogger. Iklan ini merupakan salah satu bentuk kerjasama antara pemilik blog dengan pengiklan terhadap suatu kesepakatan sebelumnya. Lantas bagaimana blogger mendapatkan klien ? Biasanya pengiklan akan menghubungi blogger atau bisa melalui situs marketplace seperti rajabacklink.com, sosiago.id, sociabuzz.com dan lain sebagainya. Pada umumnya iklan ini bernilai tinggi dibandingkan dengan iklan lainnya namun sayangnya para pengiklan biasanya hanya mencari blog atau website dengan kriteria tertentu saja. Selain mendapatkan link untuk keperluan SEO, jenis iklan ini juga memiliki tujuan agar mendapatkan trafik dari artikel ulasan bersangkutan.

4/ Iklan CPA / Cost Per Action

Iklan jenis CPA / cost per action ini adalah salah satu jenis iklan yang membayar apabila ada pengunjung blog yang melakukan tindakan pembelian ataupun hanya menyampaikan alamat emailnya dan lain sebagainya setelah mengklik iklan yang ditampilkan pada blog atau website anda. Namun sayangnya jenis iklan yang satu ini pada umumnya mempunyai nilai akuisisi yang rendah yaitu tidak terlalu banyak blogger yang tertarik untuk memasangnya. 

5/ Iklan PPD / Pay Per Download

Meskipun iklan ini sangat minim, namun iklan PPD / pay per download bisa menghasilkan pundi-pundi uang bagi beberapa blogger. Dimana iklan PPD akan membayar pihak blogger saat frekuensi download telah mencapai target 1000 kali. Karena namanya iklan per download maka iklan ini akan mengejar blog-blog atau website yang memiliki hubungan dengan fitur download MP3, video, software, game dan lain sebagainya. Contoh jaringan periklanan PPD adalah Ziddu, 4shared, Tusfiles dan lain sebagainya sejenisnya.  

6/ Iklan Affiliate

Jenis iklan yang satu ini memiliki nilai cukup tinggi yaitu iklan affiliasi. Iklan ini hampir sama dengan iklan CPA dimana uang akan anda terima ketika ada pengunjung yang melakukan transaksi pembelian melalui link affiliasi milik anda. Pembayarannya biasanya adalah dengan menggunakan sistem komisi dari hasil penjualan yang besarannya sesuai dengan kesepakatn yang ada. Kebanyakan pengiklan sangat menyukai iklan ini karena pembayaran affiliasi hanya akan diberikan saat ada produk mereka yang berhasil terjual. Beberapa website affiliate yang populer diantaranya adalah Amazon, Blibli, Lazada, atau ClickBank.

7/ Iklan Sponsor

Jenis iklan sponsor ini pada umumnya tersedia dalam bentuk banner di dalam website. Iklan akan tampil di posisi tertentu di dalam blog / website sesuai dengan kesepakatan. Iklan seperti ini sangat disukai oleh para pemilik website karena memiliki harga yang cukup tinggi. Pengiklan pada umumnya adalah perusahaan-perusahaan tertentu yang menarget jumlah pengunjung sebuah website komunitas atau ceruk tertentu. Sayangnya untuk mengumpulkan iklan sponsor tidaklah mudah atau bahkan nyaris mustahil bagi sebagian besar blogger. Mengapa ? Karena biasanya pihak pengiklan hanya mau beriklan pada website tertentu saja, memiliki kualitas konten yang bagus serta mempunyai trafik tinggi.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Jenis Iklan Yang Ada Pada Sebuah Blog Atau Website’ dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca artikel ini.

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel