Mau Jajal Naik Gunung Bareng Anak, Ini Hal Penting yang Perlu Diperhatikan

16 Jul 2021 13:50 1795 Hits 3 Comments Approved by Plimbi

Mau Jajal Naik Gunung Bareng Anak, Ini  Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan

Kegiatan naik gunung sepertinya sangat melelahkan untuk dilakukan. Namun mendengar cerita dari banyak orang yang sudah pernah melakukan kegiatan ini plus melihat-lihat koleksi foto mereka dari puncak gunung nan mempesona tampaknya mengasyikkan untuk dilakukan. Nah bagi anda yang terbilang pemula di dunia pendakian gunung bisa sekali waktu mencoba serunya naik gunung. Tentu harus dengan persiapan matang bahkan bisa juga dengan mengajak anak-anak asalkan anak-anak anda sudah berusia minimal 10 tahun.

Apabila anda memang berniat mencicipi petualangan alam yaitu naik gunung dengan menyertakan anak-anak anda maka perlu memperhatikan beberapa tips penting menjajal naik gunung bareng anak, diantaranya sebagai berikut :

1/ Pilih travel agent

Sekarang terdapat banyak travel agent yang menawarkan fasilitas mewah untuk kegiatan mendaki gunung. Fasilitas ini akan memudahkan petualangan anda yang erat hubungannya dengan kegiatan ini. Travel agent akan menyediakan perlengkapan tenda, sleeping bag, hingga peralatan masak-memasak. Anda hanya perlu membawa barang-barang pribadi saja. Semua transportasi sudah disiapkan, anda tinggal duduk manis menikmati pemandangan alam yang disuguhkan.

2/ Pilih gunung di bawah ketinggian 3.000 mdpl

Karena belum terbiasa naik gunung, anda mungkin akan megap-megap ketika baru mendaki beberapa ratus meter saja. Supaya anda tetap bersemangat bisa mencapai puncak maka disarankan lebih baik pilih gunung yang tidak terlalu tinggi. Paling tidak di bawah 3.000 mdpl dan mempunyai jalur pendakian yang mudah didaki dan landai.

3/ Persiapkan fisik

Bagi anda yang terbiasa melakukan olahraga secara rutin, barangkali pendakian akan terasa lebih mudah untuk dilakukan. Tetapi bagi anda yang selama ini jarang atau bahkan tidak pernah berolahraga, lebih baik mulai melakukan kegiatan fisik secara rutin selama 2 bulan. Tidak perlu harus ke gym, cukup dengan jogging, jalan cepat, berenang atau aerobik. Dan jangan lupa tidur dan makan yang cukup sebelum pendakian, agar anda tidak pingsan atau megap-megap ketika melakukan pendakian.

4/ Persiapkan mental

Namanya juga bertalang di alam liar, anda tidak akan pernah mengetahui apa yang akan terjadi. Sudah menyiapkan berbagai hal dengan matang ternyata di hari pendakian turun hujan lebat sehingga tidak mungkin mendaki ke puncak. Atau sudah sampai di puncak, ternyata pemandangan tertutup kabut sehingga tidak bisa mendapatkan foto yang keren/ Jangan menyerah begitu saja. Sering berhenti tidak apa-apa, yang penting tetap terus berusaha.

5/ Beli perlengkapan pribadi yang mumpuni

Sekalipun masih pemula, anda perlu membawa perlengkapan yang berkualitas bagus agar merasa nyaman ketika mendaki. Paling tidak anda membawa perlengkapan mendasar seperti sarung tangan, kupluk, peralatan makan pribadi, headlamp, dan track pole.

6/ Biarkan anak mengenal sedikit demi sedikit

Sebelum mengajak anak-anak ke gunung ada baiknya mengenalkan mereka terlebih dahulu dengan perbukitan. Mengajak anak-anak mendaki Sikunir, Kelir atau Andong bisa menjadi titik awal yang baik untuk anda yang berada di wilayah Jawa Tengah. Dimana pada intinya biarkan anak-anak beradaptasi dengan udara dingin terlebih dahulu dengan mengenalkan cuaca dingin di bebukitan atau gunung yang tidak terlalu tinggi. Jika sudah terbiasa maka anda bisa menambah ketinggian mendaki sehingga diharapkan anak-anak akan mulai terbiasa dan tidak mengalami rasa syok.

7/ Pilihlah alat mendaki yang nyaman

Ketika memutuskan untuk mendaki, pilihlah pakaian yang benar-benar nyaman untuk orang tua dan anak-anak. Jangan lupa untuk memakaikan jaket atau baju berlapis agar mereka tidak kedinginan dan kenakan juga sepatu khusus untuk mendaki. Untuk gendongan bisa disesuaikan dengan berat si anak. Jika sudah agak besar, lebih baik menggunakan kid carrier khusus untuk mendaki karena akan lebih nyaman bagi orang tua dan anak.

8/ Karena banyak yang harus dibawa, buatlah checklist agar tak ada yang tertinggal

Buatlah catatan barang-barang yang wajib dibawa dimana sambil packing anda bisa mencentang daftar barang yang sudah masuk tas. Dengan begitu kecil kemungkinan barang akan tertinggal kecuali dari awal memang anda sudah tidak memasukkannya ke dalam daftar barang. Nah perhatikan juga jumlah barang yang wajib dibawa ketika mendaki gunung bersama dengan anak-anak. Misalnya ketika anda membawa anak usia 1 tahun anda pasti akan membutuhkan baju hangat lebih banyak dibandingkan anak yang berusia 3 tahun.

9/ Jangan menjadi egois

Saat and mendaki, mungkin anda akan menemukan kondisi diluar dugaan. Seperti kesehatan anak anda, atau kondisi cuaca ekstrim. Dalam kondisi demikian, berpikirlah yang jernih dan dewasa. Jangan memaksakan diri harus sampai ke puncak. Kalau pun sanggup sampai puncak, apakah anak anda sanggup ? Nah dalam kondisi ini anda bisa menghentikan sejenak pendakian atau justru memutuskan untuk turun. Yang terpenting jangan memaksakan kondisi karena mungkin justru akan membahayakan anda dan anak-anak.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Mau Jajal Naik Gunung Bareng Anak, Ini Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan’ yang dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

 

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel