Sandoitchi, Sandwich Gaya Jepang yang Trending di Dunia

14 Jul 2021 12:30 1552 Hits 4 Comments Approved by Plimbi

Sandoitchi, Sandwich Gaya Jepang Yang Trending Di Dunia

Sandwich alias roti isi atau roti lapis saat ini sudah menjadi salah satu pilihan hidangan yang berfungsi untuk mengenyangkan perut sekaligus sebagai santapan praktis. Khusus untuk di Jepang, roti lapis ini biasa dikenal dengan nama sandoitchi yaitu sandwich ala warga Sakura yang agak berbeda dari sandwich pada umumnya.

Sandwich chicken katsu hampir sejenis dengan sandoitchi yang biasa disajikan dengan nasi panas dan salad kini menjadi isian dari roti lapis khas Negeri Sakura yang sejak awal Juni bisa dinikmati di Jakarta. Sandoitchi hadir di Indonesia menyajikan sandwich ala Jepang terdiri dari roti susu empuk dan isisn katsu yang tebal, menjadi salah satu sajian praktis yang mampu mengenyangkan perut anda.

Sandoitchi merupakan serapan dari kata sandwich yang sedang hits di luar negara asalnya di Jepang.Dimana diketahui bahwa di Jepang makanan berpengaruh barat ini cepat populer karena gaya hidup yang serba sibuk. Para pekerja membelinya sebagai makanan grab anda go di minimarket-minimarket atau toko-toko roti yang menempel di supermarket-supermarket besar hingga di toko-toko khusus sandoitchi.

Sandoitchi secara khas dibuat dengan bahan isian yang serba katsu yaitu dari chicken, wagyu, hingga pork katsu.Ada pula versi dingin dan manis yang berisikan buah-buahan warna-warni yang saling kontras. 

Sebagai bahan utama dari roti, digunakan shokupan yaitu roti tawar putih dan empuk berbeda dengan sandwich barat umumnya menggunakan ragam roti Eropa. Di tren baking mendunia ini shokupan banyak menjadi acuan resep para baker. Yang menjadikan sandoitchi ini menggemaskan adalah tampilan instagenik ketika dipotong-potong.

Di dalam versi manis misalnya ada krim kocok dioles tebal-tebal di dalam belahan shokupan. Lalu buah-buahan disusun dalam posisi tertentu agar ketika dipotong terlihat siluet yang diinginkan umumnya siluet bunga. Jenis buahnya seperti anggur, kiwi, jeruk, stroberi Jepang yang montok-montok hingga beragam berry lainnya. Yang pasti jenis buah yang lunak. Roti yang digunakan didinginkan setidaknya 30 menit atau hingga benar-benar sudah siap disajikan. Rasanya enak dari buah dank rim yang berkualitas.

Di Beragam Kota Besar Di Dunia Para Chef Mendirikan Sando Bar

Konsepnya adalah Japanese inspired sandwich dengan bahan isian yang sifatnya kreatif yaitu asimilasi dengan beragam budaya dari pembeli.

Di Amerika, adalah chef Stevie Nguyen dan sejumlah teman-temannya di dunia kreatif mendirikan Sando. Dengan mengusung konsep pop up mereka melakukan keliling Amerika untuk menjual sandoitchi lewat sistem PO atau personal order. Ketika tiba di kota tujuan, sandoitchi lekas terjual oleh pemilik PO. Di tengah pandemi, berjualan sandoitchi dalam gaya roadshow dan secara outdoor menjadi kunci larisnya jualan mereka.

Di Jakarta sendiri tren di atas diangkat oleh Sando-Sando. Ini adalah brand terbaru yang diluncurkan oleh group F&B pemegang Bo$$ Man Burger, sisterfields, hingga sibling espresso.

Sando-Sando Jakarta berbasis delivery makanan mengikuti pergeseran gaya konsumsi warga sekitar Kota Jakarta di tengah pandemi. Menunya eksprimental misalnya Korean katsu sando berisi panko katsu chicken, gochujang, kupe mayo, green cabbage, dan wijen.

Ada juga cheeseburger Sando yaitu dry aged beef yang diolah dengan mengaplikasikan gaya katsu, lalu diberi smoked BBQ sauce, kupe mayo, dan keju cheddar. Yang terkini adalah katsu sambal Sando sebagai olesan sambal spesial. Semua rotinya buatan sendiri, karena mengejar kualitas roti yang empuk, wangi, dengan ketebalan potong yang sesuai.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai artikel dengan judul ‘Sandoitchi, Sandwich Gaya Jepang Yang Trending Di Dunia’ dirangkum dari beragam sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

 

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel