Ingin Sukses? Tiru Pola Pikir Pengusaha Berikut ini

14 Jul 2021 10:11 1101 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Pola Pikir Pengusaha Yang Harus Ditiru Bila Anda Ingin Sukses

Apakah yang menyebabkan seorang pengusaha berbeda dengan seorang pekerja biasa ? Jawabannya sangat singkat yaitu pola pikirnya. Lantas bagaimana pola pikir pengusaha sehingga mereka menjadi pemilik bisnis yang sukses ? Menarik untuk dibahas terutama buat anda yang ingin memulai berbisnis.

Yang sebenarnya tidak ada yang salah dengan memilih untuk menjadi seorang pekerja kantoran. Selain mendapatkan gaji bulanan juga akan membuat anda merasa aman dan terhindar dari kendala keuangan, bekerja kantoran akan memberikan anda banyak pengalaman. Tetapi rutinitas yang membosankan tentu harus dijalankan setiap hari guna menunaikan kewajiban sebagai seorang karyawan. 

Nah agar tidak terjebak dengan zona nyaman ala pekerja biasa maka mulailah mengumpulkan modal dan rencanakan alih profesi sebagai pengusaha. Dimana sebelum memulainya, pahami beberapa pola pikir para pengusaha sukses yang patut ditiru.

Pola Pikir Pengusaha yang Patut Ditiru

Para pebisnis tentunya mempunyai rasa tanggung jawab yang sifatnya jauh lebih besar dibandingkan dengan para pekerja biasa. Dalam hal ini anda harus menempa mental guna menjadi orang-orang yang lebih bertanggung jawab, disiplin, dan inovatif. Buang jauh-jauh mental pekerja bila anda ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses.

Lantas pola pikir yang seperti apa wajib dimiliki oleh seorang pengusaha ?

1/ Memiliki tanggung jawab bagi semua situasi dan keputusan yang diambil

Pengusaha adalah salah satu sosok luar biasa yang mempunyai kesempatan untuk menciptakan sesuatu yang tadinya tak ada menjadi ada. Dulu saat menjadi seorang pekerja biasa, mungkin anda tinggal menjalankan semua tugas tanpa harus pusing-pusing berpikir baik buruknya kontribusi tugas tersebut bagi perusahaan. Pola pikir ini tentunya wajib diubah, karena seorang pengusaha tidak hanya bertanggung jawab untuk kesejahteraan dirinya sendiri, namun juga wajib bertanggung jawab terhadap kesejahteraan usahanya atau bahkan kesejahteraan tim dalam usaha. Sebelum terjun menjadi pengusaha, pola pikir pengusaha yang seperti ini wajib dipraktikkan saat masih bekerja di kantoran.

2/ Perhatikan visi jangka pendek dan jangka panjang berjalan seiringan

Seorang pekerja biasanya terfokus kepada hal-hal yang memiliki sifat jangka panjang untuk selanjutnya menjalankannya secara bersamaa. Hindari sikap bermalas-malasan guna mewujudkan setiap visi dan ide-ide brilian yang sudah terlintas di benak anda selama ini. Apabila anda memiliki rencana untuk menjalankan sebuah bisnis, maka anda wajib memiliki pandangan yang jelas tentang bisnis tersebut. Misalnya saja visi jangka pendek, anda ingin memiliki usaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Sedangkan visi jangka panjangnya adalah dalam waktu 5 tahun ke depan bisnis anda sudah 100 kali lebih besar dan stabil.

3/ Rasa ketidaknyamanan merupakan zona nyaman

Para pengusaha selalu dituntut untuk mampu berpikir out of the box yaitu segala ide-ide baru yang sifatnya liar serta keinginan untuk mewujudkannya wajib dijalankan secara terencana agar bisa mendatangkan keuntungan dan reputasi yang bagus bagi bisnis yang sedang dibangun. Keluarlah dari zona nyaman menjadi seorang pekerja dan jadikan ketidaknyamanan sebagai bagian dari sebuah proses pembelajaran.

4/ Belajar adalah perjalanan tanpa henti

Seperti kata-kata Steve Jobs : stay hungry, stay foolish, yaitu tetaplah merasa lapar, tetaplah merasa bodoh. Para pengusaha sukses tidak pernah merasakan bahwa dirinya sudah hebat. Mereka selalu belajar hal-hal baru dan mengikuti teknologi sesuai dengan perkembangan jaman. Dimana keterampilan spesifik biasanya dibutuhkan oleh seorang pekerja guna menyelesaikan seluruh kewajibannya. Namun memilih untuk menjadi seorang entrepreneur berarti memutuskan untuk melakukan proses pembelajaran seumur hidupnya. Karena sebuah bisnis tidak dapat meraih sukses tanpa proses pembelajaran yang dilakukan secara berkesinambungan. Dengan belajar dari banyak hal akan menjadikan anda lebih aware terhadap perubahan situasi yang terjadi secara signifikan.

5/ Menjadi pribadi yang objektif dan mencintai usaha yang dibangun

Seorang pekerja biasanya seringkali harus berupaya menyelesaikan semua pekerjaannya meskipun itu hal yang tidak mereka sukai. Namun saat seorang pekerja sudah bertransformasi sebagai pengusaha maka berarti orang-orang tersebut sudah memilih bidang yang akan mereka cintai. Lakukan segala cara yang sifatnya objektif dan masuk akal guna memaulai memajukan bisnis yang dibangun dari nol.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Pola Pikir Pengusaha Yang Harus Ditiru Bila Anda Ingin Sukses’ dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga berguna bagi para pembaca artikel ini.

 

 

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel