Pentingnya Kontrol Kualitas Produk saat Ekspansi ke Pasar Internasional

13 Jul 2021 19:20 1225 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Pentingnya Kontrol Kualitas Produk Saat Ekspansi Ke Pasar Internasional

Ada salah satu hal yang agak sulit untuk dilakukan ketika memutuskan untuk mengekspor produk-produk ke pasar global yaitu mengontrol kualitas agar benar-benar memenuhi standar di masing-masing negara. Masalahnya adalah tiap produk mempunyai standar kualitas yang berbeda-beda tergantung bahan dan ketahanannya.

Mengenai cara mengontrol kualitas produk sebelum diekspor, dua wanita wirausaha ini yaitu Francisca Puspitasari (Founder Kaloka Pottery) dan Sbrina Mustopo (Founder Krakakoa) akan berbagai kiat masing-masing dalam sesi webinar Bincang UKM bertajuk Peluang Ekspor Untuk UKM Pasca Covid-19, bekerjasama dengan Femina dan Facebook #SheMeansBusiness.

Produk-produk buatan tangan yang unik seperti tembikar Kaloka Pottery tentu saja mempunyai standar kualitas yang kompleks karena masing-masing produk bisa menjadi berbeda hasilnya. Tak sama dengan keramik buatan pabrik yang cenderung akan menghasilkan produk yang memiliki kesamaan bentuk, ukuran hingga warna. Karena dibuat dari tangan satu per satu maka produk-produk yang dihasilkan memiliki keunikan tersendiri dan inilah yang sebenarnya memberikan nilai tambah tersendiri, cerita wanita yang akrab dipanggil Kika (Francisca) ini. Namun menurutnya, ada beberapa hal yang wajib tetap menjadi standar kualitas terhadap produk-produk tembikarnya. Misalnya dari kapasitas. Apabila ada klien dari kafe atau restoran memesan untuk dibuatkan cangkir kopi, biasanya pesanan mereka ada kapasitasnya. Untuk espresso berapa, untuk cappuccino berapa, untuk minuman berbahan dasar teh berapa dan lain sebagainya.   

Di samping itu standar kualitas juga mesti dilihat dari konsistensi warna. Memang seperti diakui oleh Kika bahwa pembuatan keramik dan proses pembakaran yang memakan waktu lama menyebabkan mereka tidak dapat mengontrol hasil jadi secara langsung. Namun seiring dengan berjalannya waktu dan keinginan untuk terus belajar maka Kika dan timnya harus bisa memenuhi standar warna yang konsisten. Tidak boleh asal in the name of handmade, namun tidak ada standar. Jadi sebisa mungkin wajib terpenuhi standar kualitas tersebut guna pemenuhan kebutuhan customer.

Berbeda dengan produk-produk tembikar, Sabrina yang memproduksi makanan berbahan dasar dari cokelat ini mengaku bahwa kesegaran bahan baku adalah menjadi salah satu kunci penting untuk mengatur kualitas produk agar aman sampai ke negara-negara tujuan ekspor. Dimana setiap kali ada pesanan baru, mereka akan memproduksi dalam kondisi fresh dalam arti tidak menggunakan stok yang lama. Karena diketahui, ini sangat penting bagi distributor shelf life, jadi anda harus memastikan bahwa produk segar / shelf life yang lama.

Pada bagian lain, dalam proses pengiriman barang ke negara tujuan pun sangat penting untuk diperhatikan. Sejauh ini, pengiriman produk Krakakoa untuk pasar-pasar global masih melewati jalur udara, agar lebih cepat sampai dan meminimalisir kemungkinan produk meleleh. Mereka menggunakan kotak Styrofoam dengan ice gel yang cukup agar produk tidak mudah melelah.

Perlu diketahui bahwa Peluang Ekspor Untuk UKM Pasca Covid-19 merupakan webinar kolaborasi antara #SheMeansBusiness Facebook dan Wanita Wirausaha Femina yang sudah dimulai sejak tahun 2020 yang lalu dimana Wanita Wirausaha Femina telah bekerjasama dengan #SheMeansBusiness Facebook menggelar workshop untuk UMKM wanita di kota-kota besar di Indonesia. Tahun ini saja mengikuti kondisi masyarakat yaitu workshop offline tersebut berpindah platform, dilakukan di ruang digital melalui Facebook Live di Facebook Page Wanita Wirausaha Femina.

Diharapkan melalui berbagai talkshow virtual yang diadakan dengan menghadirkan sejumlah pembicara inspiratif ini bisa memberikan pengetahuan, jaringan, keterampilan serta teknologi yang dibutuhkan oleh para wanita wirausaha untuk memuali dan mengembangkan bisnis mereka.

Anda juga bisa mendapatkan beberapa keistimewaan dengan bergabung di Facebook Group Wanwir Mahir Digital, dimana menjadi wadah bagi wanita wirausaha untuk berjejaring dan mendapatkan ilmu-ilmu digital marketing baru guna mengembangkan bisnis yang lebih besar lagi.

Ayo segera tergabung dalam FB Group Wanwir Mahir Digital melalui beberapa cara tersebut di bawah ini :

1/ Klik link https://www.facebook.com/groups/wanwirmahirdigital/.

2/ Klik permintaan join group.

3/ Lalu isi data usaha yang diminta (wajib diisi).

4/ Klik setuju / agree rules admin.

5/ Tunggu approval dari admin Femina.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Pentingnya Kontrol Kualitas Produk Saat Ekspansi Ke Pasar Internasional’ yang kami rangkum dari beberapa sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel