Pentingnya Desain Produk untuk Menarik Minat Calon Konsumen

13 Jul 2021 15:30 1918 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Pentingnya Desain Produk Untuk Menarik Minat Calon Konsumen

Di masa kekinian yang sangat kompetitif ini, sebuah bisnis tidak dapat hanya sekadar menjual produk-produk yang dibutuhkan oleh banyak orang saja atau yang menawarkan keunggulan kualitas yang dielu-elukan. Diperlukan kait yang lebih tajam guna mampu memancing emosi para calon konsumen agar menjadi lebih bisa bersaing di pasar yang sangat luas. Dan untuk memperoleh semua itu, desain produk bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan penjualan.

Desain produk yang menarik dan kekinian akan menjadi lebih mudah untuk menarik perhatian calon konsumen. Desain produk yang terbaik adalah desain produk yang tidak hanya mampu memenuhi keinginan para pelanggan, namun juga mampu menyampaikan pesan kepada para pelanggan dengan cara yang sederhana.

Era globalisasi seperti saat ini menyebabkan persaingan dalam pasar menjadi semakin tajam. Estetika menjadi sangat diperlukan yang memiliki fungsi sebagai suatu perangkap emosional yang sangat ampuh guna menarik perhatian para pembeli atau konsumen. Pertarungan produk tidak lagi terbatas pada keunggulan-keunggulan dari kualitas atau teknologi canggih saja, melainkan juga pada usaha guna mendapatkan nilai tambah untuk memberikan emotional benefit kepada para konsumen. Salah satu usaha yang dengan mudah bisa dilakukan untuk menghadapinya adalah melalui desain produk.

Dimana diketahui bahwa daya tarik terhadap sebuah produk tidak bisa terlepas dari kemasannya karena kemasan merupakan salah satu pemicu utama yang secara langsung akan berhadapan dengan konsumen. Maka dari itu, kemasan harus dapat mempengaruhi para konsumen guna memberikan respon yang sifatnya positif yaitu membeli produk. Desain kemasan produk memang memegang pengaruh yang cukup penting dalam upaya menarik minat pembeli dalam meningkatkan penjualan terhadap sebuah produk.

Itulah mengapa para pebisnis saat ini wajib mulai memperhatikan kemasan guna menambah nilai jual apalagi jika produk yang dipasarkan jumlahnya menjadi semakin banyak dalam hal jenis sehingga membutuhkan pembeda antara satu produk dengan produk yang lainnya. Salah satu pembeda yang dimaksud adalah kemasan dan desainnya.

Desain produk sebaiknya disesuaikan dengan target pasar yang akan dibidik. Masing-masing kelas konsumen mempunyai karakteristik tersendiri. Mulai dari bentuk, warna, grafis, merek, ilustrasi, huruf, serta tata letak desain akan berbeda-beda di masing-masing kelas konsumen. Itulah mengapa desain kemasan wajib disesuaikan. Desain kemasan yang bagus dari sebuah produk wajib tersampaikan dan bisa dimengerti konsumen hanya melalui visual desain tersebut.

Dalam proses membuat desain produk yang baik, ada beberapa hal yang wajib diberi perhatian secara terfokus antara lain sebagai berikut :

1/ Perhatikan desain yang sifatnya inovatif

Agar sifatnya lebih relatif dengan zaman kekinian, penting bagi sebuah produk untuk terus berkembang sesuai dengan eranya. Maka dari itu para pelaku usaha wajib terus melakukan inovasi desain yang sesuai dengan perkembangan zaman dan permintaan pelanggan.

2/ Perhatikan desain yang sifatnya menarik

Tak hanya kekinian, desain produk juga wajib mempunyai bentuk yang menarik dan estetik. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa produk yang mempunyai kemasan atau bentuk yang bagus akan lebih menarik minat calon konsumen dan tentunya bisa meningkatkan peluang untuk dibeli.

3/ Perhatikan desain yang sifatnya fungsional

Akan menjadi percuma saja jika sebuah produk mempunyai desain yang kekinian dan menarik, tapi ternyata tidak dapat digunakan oleh pelanggan. Jangan hanya karena pelaku usaha mempunyai desain produk tertentu dan sesuai dengan idealismenya namun melupakan faktor fungsional dari produk bersangkutan. Maka dari itu sangat penting untuk memikirkan apakah desain produk bersangkutan dapat memenuhi kebutuhan dari calon konsumen.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Pentingnya Desain Produk Untuk Menarik Minat Calon Konsumen’ yang dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca artikel ini.

Tags Internet

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel