Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh agar Anak Sehat

6 Jul 2021 17:20 1589 Hits 3 Comments Approved by Plimbi

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Anak Sehat

Tentunya menjadi harapan dan keinginan setiap orang tua agar si kecil bisa tumbuh menjadi anak sehat. Apabila si kecil dalam keadaan sehat maka proses tumbuh kembangnya tubuh dan organ-organ yang menyertai akan berjalan dengan optimal. Maka dari itu kesehatan si kecil dan anggota keluarga yang lainnya di dalam rumah perlu diperhatikan dengan lebih serius agar terhindar dari berbagai penyakit. Bisa dilakukan dengan melakukan berbagai kebiasaan baik yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sejak dini. Marilah lihat beberapa kebiasaan baik tersebut di bawah ini.

1/ Makan dengan asupan gizi yang seimbang.

Pastikan si kecil memperoleh asupan gizi yang seimbang dari bahan pangan yang bervariasi merupakan salah satu bagian penting untuk bisa memastikan tumbuh kembang si kecil berjalan maksimal dan mereka menjadi anak-anak sehat. Asupan gizi seimbang akan mendukung perkembangan fisik maupun mental si kecil yang juga berperan dalam membentuk sistem kekebalan tubuh anak sehingga si kecil tidak mudah sakit. Asupan gizi yang seimbang akan mendukung proses belajar dan perkembangan kognitif anak-anak.

2/ Ajari cuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah beraktivitas.

Mencuci tangan merupakan salah satu cara terbaik untuk dilakukan guna membersihkan kuman, virus, dan kotoran serta mencegahnya berpindah ke tempat yang lain. Karena itu, si kecil perlu dibiasakan untuk selalu mencuci tangan baik itu sebelum maupun sesudah melakukan sesuatu. Diantaranya adalah ketika tangan mereka memang terlihat kotor, sebelum makan, sesudah ke kamar mandi, setelah menyentuh hewan, setelah bermain dimana pun dan setelah melakukan aktivitas lainnya terutama di luar rumah.

Menurut anjuran dari UNICEF menjelaskan bahwa dengan membersihkan tangan tidaklah cukup hanya dengan gosokan dan bilasan singkat saja, perlu melakukan langkah-langkah mencuci tangan yang efektif antara lain sebagai berikut :

Langkah 1 : gunakan air bersih mengalir untuk membasahi tangan.

Langkah 2 : tuangkan sabun ke seluruh bagian tangan.

Langkah 3 : gosok sabun ke telapak tangan, punggung tangan dan sela-sela jari selama 20 detik.

Langkah 4 : bilas tangan dengan air bersih yang mengalir.

Langkah 5 : keringkan tangan dengan handuk yang bersih atau tisu.

3/ Lakukan istirahat yang cukup.

Dengan beristirahat atau tidur yang cukup sangat penting bagi menjaga kesehatan si kecil. Tahukah anda bahwa hormon pertumbuhan secara umum akan dilepaskan oleh tubuh ketika anak sedang tidur ? Di samping itu, si kecil yang cukup waktu tidurnya akan mempunyai kemungkinan lebih rendah mengalami obesitas. Hal lainnya yang juga patut untuk diketahui adalah saat si kecil sedang tidur maka tubuh akan memproduksi protein yang disebut dengan istilah cytokines yang dibutuhkan tubuh untuk memerangi infeksi, penyakit dan stres.

4/ Minum air putih yang cukup.

Si kecil membutuhkan minum air putih dalam jumlah yang mencukupi agar tubuhnya selalu terhidrasi. Mengingat di masa tumbuh kembang ini si kecil tentunya mempunyai banyak sekali aktivitas setiap harinya termasuk aktivitas fisik. Di samping itu sebagian besar bagian dari tubuh manusia terdiri dari air dan air dibutuhkan untuk mendukung kerja organ tubuh dan juga dalam proses penyerapan gizi.

5/ Jaga selalu kebersihan lingkungan

Lingkungan yang bersih tentunya akan mengurangi kemungkinan si kecil akan terpapar kotoran yang membawa virus dan bakteri sebagai penyebab si kecil terserang penyakit. Maka dari itu pastikan lingkungan rumah anda selalu dalam kondisi bersih, juga ada sirkulasi udara dan pencahayaan terutama di dalam rumah. Menjaga kebersihan lingkungan juga perlu dilakukan oleh si kecil melalui pembiasaan sejak berusia dini.

Agar si kecil menjadi anak sehat dan juga kesehatan anggota keluarga lainnya tetap terjaga, kebiasaan baik ini perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ajarkan kepada si kecil melalui pembiasaan sejak usia dini. Semakin mereka tumbuh besar maka anda selaku orang tua sudah dapat mengajaknya untuk berdiskusi mengenai manfaat dari setiap kebiasaan baik tersebut.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Anak Sehat’ yang dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga berguna bagi yang membaca artikel ini.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel